Nama Alfedri Menguat Jelang Muswil PAN Riau, Zulfi: Kami Sami'na wa Atho'na - TARGETRIAU

Selasa, 29 Desember 2020

Nama Alfedri Menguat Jelang Muswil PAN Riau, Zulfi: Kami Sami'na wa Atho'na


PEKANBARU - Ketua Fraksi PAN DPRD Riau, Zulfi Mursal mengaku sangat mendukung jika memang Dewan Pimpinan Pusat (DPP) menunjuk Bupati Siak, Alfedri sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Riau periode 2020-2025 ini.

Zulfi yang juga masuk dalam 13 Nama Calon Formatur dari DPP menjelaskan, berdasarkan mekanismenya DPP akan menunjuk Calon Ketua DPW PAN Riau dalam Musyawarah Wilayah (Muswil) besok, Senin (28/12/2020).

"Memang benar, banyak yang menyebut nama-nama beliau (Alfedri), dan kita sangat mendukung kalau begitu. Tapi semua tergantung kepada DPP," ujar Mantan Ketua DPRD Siak ini, Minggu (27/12/2020).

Disinggung apakah 13 nama Calon Formatur tersebut sudah pernah menggelar pertemuan, baik formal maupun non-formal, Zulfi menegaskan hal itu sama sekali tidak dilakukan, mengingat 13 nama itu sudah dinyatakan layak oleh DPP.

"Tidak ada, karena semua ini kader partai dan semua layak, memang nampaknya ke Alfedri. Tapi sekali lagi, kita sifatnya mendukung saja, kalau DPP sudah menetapkan, ya kita sami'na wa atho'na saja," pungkasnya.

Untuk diketahui, Alfedri sampai saat ini masih tercatat sebagai Bupati Siak. Di Pilkada 2015 lalu, dia berhasil menang Pilkada dan menjabat Wakil Bupati Siak. Naiknya Syamsuar menjadi Gubernur, menjadikan Alfedri sebagai Bupati Siak.

Di Pilkada 2020, Alfedri kembali maju di Pilkada bersama Husni Merza. Alfedri yang juga merupakan Ketua DPD PAN Siak ini menang telak atas dua lawannya, yakni Said Arif - Sujarwo dan Sayed Abubakar Assegaf - Reny Nurita.

Sebelumnya, Ketua Steering Commite (SC) Muswil PAN Riau, T Zulmizan Assegaf menjelaskan, wesuai tahapan, SC Muswil melalui DPW PAN Riau telah menyampaikan hasil verifikasi terhadap seluruh Bakal Calon Formatur ke DPP PAN. 

Dari 29 pendaftar, 13 orang dokumen persyaratannya dinyatakan lengkap, sedangkan 10 orang dokumen persyaratannya sinyatakan tidak lengkap, dan ada 6 orang pendaftar yang sama sekali tidak menyerahkan persyaratan. 

"Kami telah sampaikan apa adanya kepada DPP PAN, terserah bagaimana penilaian DPP. Dari nama-nama tersebut, menjadi kewenangan DPP untuk memutuskan siapa-siapa dan berapa jumlah nama yang akan ditetapkan sebagai calon formatur dan dibahas dalam forum Muswil," tuturnya.

Sesuai mekanisme, terang Zulmizan, Muswil akan menetapkan formatur sejumlah maksimal empat orang. Apabila nama calon yang diturunkan DPP lebih dari empat orang, maka forum Muswil akan memilih untuk dijadikan empat. 

Jika jumlah nama calon dari DPP adalah empat orang atau kurang, maka forum Muswil dapat langsung mengesahkannya sebagai Formatur. 

Lalu, Formatur inilah yang akan diberi mandat menyusun kepengurusan lengkap DPW PAN Riau periode 2020 - 2025. Ketua Formatur yang terpilih otomatis akan menjadi Ketua DPW, namanya bisa langsung diumumkan saat Muswil atau Formatur akan diberi waktu untuk bermusyawarah dan kemudian menyampaikan hasilnya kepada DPP.

Berikut daftar nama Bakal Calon Formatur yang dokumen persyaratannya dinyatakan lengkap adalah sebagai berikut (berdasarkan abjad) :

1. Aiden Yusti, S.Pd., M.Si. (Wakil Ketua DPW PAN Prov. Riau)

2. Alfedri, Drs., M.Si. (Ketua DPD PAN Kab. Siak/ Bupati Siak/ Bupati Siak Terpilih 2021 - 2026)

3. Erizal, ST (Bendahara DPW PAN Prov. Riau/ Calon Wakil Bupati Rokan Hulu)

4. Indra Yudi, SE (Wakil Sekretaris DPW PAN Prov. Riau)

5. Martius Busti, Drs., MM, MH (Wakil Ketua DPW PAN Prov. Riau)

6. Nofrizal, Ir., MM (Ketua DPD PAN Kota Pekanbaru/ Wakil Ketua DPRD Pekanbaru)

7. Peri Akri, SE, MM, CRBD (Wakil Ketua DPW PAN Prov. Riau)

8. Sahidin, Ir. (Ketua DPD PAN Kab. Kampar/ Anggota DPRD Prov. Riau)

9. Said Usman Abdullah (Kader PAN)

10. Samsuriya M. Hasyim, SIP, M.Si. (Wakil Ketua DPW PAN Prov. Riau)

11. Sunaryo, dr. (Wakil Ketua DPW PAN Prov. Riau/ Anggota DPRD. Prov. Riau)

12. T. Zulmizan F. Assagaff, SE, M.Si., Ak., CA (Sekretaris DPW PAN Prov. Riau)

13. Zulfi Mursal, SH (Wakil Ketua DPW PAN Prov. Riau/ Ketua Fraksi PAN DPRD Prov. Riau)
(***)




Sumber : www.goriau.com

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments