Berlangsung Sederhana, Sekcam Merbau Tutup MTQ Ke - XII Tingkat Kecamatan Merbau Tahun 2021 - TARGETRIAU

Rabu, 27 Januari 2021

Berlangsung Sederhana, Sekcam Merbau Tutup MTQ Ke - XII Tingkat Kecamatan Merbau Tahun 2021


MERANTI - Pemerintah Kecamatan Merbau melalui Sekcam Merbau, Amuniruddin SE MM menutup secara resmi pelaksanaan Mushabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kecamatan Merbau ke XII (dua belas) yang dilaksanakan di dalam Masjid Al Ihsan Teluk Belitung, Kecamatan Merbau pada Selasa (26/01/2021) malam.

Pantauan dilapangan MTQ kali ini berlangsung selama dua hari tiga malam sejak Ahad, 21 Januari 2021 kemarin sampai malam ini, dan terlihat kegiatannya berlangsung sederhana. Namun dalam kegiatan itu, tidak terdengar adanya laporan berapa jumlah anggaran yang masuk maupun keluar dalam pelaksanaan MTQ tersebut.

Dimana dalam ajang MTQ tahun ini Pemerintah Kecamatan Merbau mengangkat tema “Melalui MTQ ke-XII tingkat Kecamatan Merbau tahun 2021 kita jadikan Al-Qur’an sebagai petunjuk untuk memperkuat silaturrahmi antar umat beragama dan Ukhuwah Islamiah menuju masyarakat madani”.

Camat Merbau, Abdul Hamid SThI MM yang diwakili Sekcamnya, Amuniruddin SE MM dalam sambutannya mengatakan, MTQ ini digelar tidak lain tidak bukan bertujuan untuk mencari bibit terbaik Qori dan Qoriah Kecamatan Merbau guna mewakili MTQ pada tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti kedepan.

Diakuinya, pelaksanaan Mushabaqoh tahun ini sangat berbeda dari tahun sesudahnya, ini semua disebabkan Pandemi Covid-19, kita tidak bisa berkumpul dalam jumlah yang banyak. Selain itu juga, maklum terbatasnya anggaran dana kita, jadi kami mohon maaf kepada seluruh masyarakat, ucap pria yang akrab disapa Munir itu.

Sekalipun demikian, lanjut Sekcam yang juga selaku Ketua Umum MTQ, bahwa mau tidak mau kita tetap harus melaksanakan kegiatan ini. Dikesempatan itu juga pihaknya berharap agar dewan hakim dapat memberi nilai terbaik.

“Walaupun dengan kondisi demikian mau tak mau kita tetap melaksanakan MTQ ini dan alhamdulillah berkat kerjasama semua pihak dapat terlaksana dengan baik. Semoga seluruh Dewan Juri dapat memberikan penilaian terbaik bagi Qori dan Qoriah kita agar yang terpilih untuk mewakili Kecamatan Merbau di ajang MTQ tingkat Kabupaten kedepan dapat mengharumkan nama baik Kecamatan Merbau sebagaimana yang diharapkan bersama,” pungkas Sekcam Munir.

Ketua LPTQ Kecamatan Merbau, Mohd Maksum MA mengatakan, dalam ajang MTQ tahun ini Cabang yang diperlombakan hanya sebanyak empat cabang, seperti cabang Tartil Qur’an tingkat anak-anak, remaja, dan dewasa. Selain itu yang lainnya hanya di TC. Dari sebanyak satu Kelurahan dan sembilan Desa se Kecamatan Merbau, Maksum mengakui hanya dua Desa yang tidak mengirimkan peserta, ungkapnya.

Penutupan MTQ kali ini selain dihadiri Sekcam Merbau, juga hadir Kepala KUA Merbau, Kapolsek Merbau, IPTU Sahrudin Pangaribuan SH, KSOP Wilker Teluk Belitung, Ijon Tanamal, Korwil Pendidikan Merbau, Lurah Teluk Belitung Indat AMa Pd didampingi Seklur, Hj Wan Jumiati SE, Kades Mekar Sari, Erman SPd, Kades Mayang Sari, Ibrahim, Ketua MUI Merbau, Ustadz H Kamarudin, sejumlah pengurus Masjid dan Mushalla Kecamatan Merbau, alim ulama, tokoh masyarakat dan komponen lainnya.

Untuk diketahui, dalam pengumuman MTQ tersebut yang meraih juara umum 1 adalah Desa Mayang Sari, selanjutnya yang meraih juara umum 2 adalah Desa Mekar Sari, dan untuk juara umum 3 diraih oleh Desa Bagan Melibur.(***)




Sumber : pesisirnasional.com

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments