Sekda Kamsol Bersama Danlanal Dumai Resmikan Renovasi Posal Selatpanjang, Dukung TugasTNI AL Jaga Wilayah Laut dan Penegakan Hukum di Kepulauan Meranti - TARGET RIAU

Selasa, 16 Februari 2021

Sekda Kamsol Bersama Danlanal Dumai Resmikan Renovasi Posal Selatpanjang, Dukung TugasTNI AL Jaga Wilayah Laut dan Penegakan Hukum di Kepulauan Meranti


MERANTI - Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti Dr. H. Kamsol mendampingi Komandan Angkatan Laut (Danlanal) Dumai Kolonel Laut (P) Himawan MMSMC, melakukan peresmian Renovasi Pos Angkatan Laut Selatpanjang, peresmian Pos AL yang akan menjadi mata dan telinga TNI AL dalam menjaga keamanan laut dan penegakan hukum diwilayah laut Kep. Meranti, dipusatkan dijalan Jawi-Jawi, Selatpanjang, Selasa (16/2/2021).

Turut hadir dalam acara itu, Danposal Selatpanjang Letda Jery Hendra, Danramil Selatpanjang Mayor Inf. Bismi Tambunan, Kasat Binmas Polres Meranti AKP. Jufri, Ka. Imigrasi Selatpanjang, Perwakilan KSOP Selatpanjang, Kadis Perikanan Meranti Eldi Syahputra, Ka. Kemenag Meranti, Para Camat, Tokoh Masyarakat/Agama dan lainnya. 

Peresmian Renovasi Posal Sepatpanjang ditandai dengan Penyerahan Hibah Tanah oleh Camat Tasik Putri Puyu Sugiarti kepada Danlanal Dumai, Penyerahan Dana Renovasi Posal Selatpanjang dari Sekdakab. Meranti Dr. H. Kamsol kepada Danposal Selatpanjang Letda Jery Hendra, dilanjutkan dengan Penandatanganan Naskah Perjanjian Daerah oleh Sekda Meranti Dr. H. Kamsol dan Danlanal Dumal Kolonel Himawan, terakhir Penandatanganan Prasasti.


Dalam sambutannya Danlanal Dumai Kolonel Laut Himawan, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab. Meranti dan semua pihak yang telah mendukung renovasi Posal Selatpanjang, sehingga lebih representatif dalam mendukung tugas TNI AL dibidang Kemaritiman.

"Atas nama Pimpinan Angkatan Laut saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan Pemerintah Daerah dalam renovasi Posal Selatpanjang," ujar Danlanal Dumai.

Selanjutnya, Himawan menceritakan sekilas sejarah berdirinya Posal Sepanjang, diawali pada tahun 1996 Silam, ketika itu Posal Selatpanjang masih berupa Unit Tugas Keamanan Laut yang memiliki tugas utama untuk menegakan hukum dan menjaga kemananan laut didaerah yuridis Nasional. Seiring perkembangan zaman dan kompleksnya dinamika permasalahan diwilayah Laut Selatpanjang pada tahun 2007 Unit Tugas Keamanan Laut Selatpanjang ditingkatkan kapasitasnya menjadi Pos Angkatan Laut hingga saat ini.


Kedepan dikatakan Danlanal, tidak menutup kemungkinan Posal AL Selatpanjang akan ditingkatkan lagi menjadi Pangkalan Laut, pertimbangan itu melihat wilayah Kepulauan Meranti yang luas dan berada dikawasan strategis Nasional yakni berhadapan dengan Selat Malaka yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia dan Singapura.

Untuk itu Danlanal berharap, keberadaan Posal Selatpanjang ini dapat menjadi mitra pemerintah dan instansi terkait painnya dapam menciptakan situasi aman dan kondusif diwilayah Kep. Meranti.

Bukan saja menjaga keamanan laut Danlanal juga mengintruksikan Komandan Posal Selatpanjang juga turut berperan dalam pembinaan masyarakat yang berada diwilayah pesisir sehinga mampu mendorong peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya mendukung Pemerintah Daerah dalam mensukseskan Kampung Kakap Putih salah satu program Nasional yang dilaksanakan dinegeri Sagu.


"Keberadaan TNI AL bukan saja untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif diwilayah Laut Selatpanjang tapi juga harus mampu bekerja sama dengan Pemda, Babinsa Polri untuk bersama-sama membina masyarakat dalam upaya peningkatan ekonomi dan kesejahteraan melalui Kampung Bahari Nausantara," ujar Danlanal lagi.

Menyikapi hal itu kepada media Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti Dr. H. Kamsol, juga mengucapkan apresiasi kepada Posal Selatpanjang yang selalu hadir dan siap mendukung tugas-tugas Pemerintahan Kepulauan Meranti. Untuk itu Sekda berharap sinergitas yang telah baik itu dapat semakin solid dan mampu memberikan kontribusi positif bagi kemajuan Kepulauan Meranti.

Salah satu kerjasama yang diharapkan Sekda Kamsol adalah dukungan dalam mensukseskan Kampung Kakap Putih, dimana Kepulauan Meranti telah ditunjuk oleh Kementrian Perikanan RI sebagai sentral budidaya Kakap Putih Nasional.


"Kita juga berharap Posal Selatpanjang dapat bekerjasama dengan Pemda dan masyarakat dalam mensukseskan program Kampung Kakap Putih dimana Meranti telah ditunjuk oleh Kementrian Perikanan RI," pungkasnya.

Sekedar informasi kegiatan peresmian Renovasi Posal Selatpanjang juga dikemas dengan pemberian Bantuan Sosial kepada masyarakat membutuhkan berupa 100 Paket Sembako yang diserahkan secara simbolis oleh Danlanal Dumai, Kolonel Himawan kepada perwakilan masyarakat penerima bantuan. (Humas Pemkab Meranti).

Bagikan berita ini

Disqus comments