Bupati H. M Adil Ajak OPD Keroyokan Manfaatkan Lahan Tidur Berdayakan Warga Tempatan Tingkatkan Eknomi Masyarakat - TARGET RIAU

Senin, 26 Juli 2021

Bupati H. M Adil Ajak OPD Keroyokan Manfaatkan Lahan Tidur Berdayakan Warga Tempatan Tingkatkan Eknomi Masyarakat


MERANTI - Bupati Kep. Meranti H. Muhammad Adil SH, menginginkan semua potensi yang dimiliki oleh daerah tidak dibiarkan begitu saja tanpa tapi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, dengan cara memberdayakan masyarakat tempatan untuk mengolah potensi alam yang ada didukung oleh seluruh OPD sesuai dengan Tupoksi masing-masing.

Salah satu yang menjadi fokus Bupati H.M Adil adalah semua lahan tidur yang dimiliki Pemda dibeberapa titik sala satunya disekitar GOR jalan Pramuka Selatpanjang yang kini terbiarkan tanpa memberikan manfaat. Melalui gerakan pemanfaatan potensi alam yang dipelopori oleh Pemda Meranti.

"Kita menginginkan bagaimana lahan tidur ini dapat dimanfaatkan untuk mengangkat eokonomi masyarakat dengan memberdayakan masyarakat tempatan," ujar Bupati H.M Adil, saat memimpin Rapat Koordinasi bersama OPD terkait, diruang rapat Melati Kantor Bupati, Senin (26/7/2021).

Bupati berharap warga yang menganggur dapat diberdayakan untuk memanfaatkan lahan tidur misal Dinas Perkebunan dan Hortikultura dengan mengajak masyarakat untuk bercocok tanam, caranya dengan menyediakan bibit dan memberikan pengetahuan kepada warga terkait pengolahan bibit tanaman yang akan dikembangkan sehingga dapat berhasil.

Untuk mesukseskanya selain menyediakan bibit dan memberi pengetahuan kepada masyarakat Pemkab. Meranti juga akan memberikan bantuan pupuk yang telah terbukti efektif meningkatkan produks perkebunan.

"Kita mencoba memberdayakan masyarakat dengan memanfaatkan lahan tidur untuk bercocok tanam misal manggis, jeruk sunkis, hingga tanaman Hydroponik yang dikelola dengan baik sehingga bisa menghasilkan," jelasnya.

Selanjutnya Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, dapat memanfaatkan lahan untuk membuat destinasi wisata alam Mangrove, selain itu juga dapat memanfaatkan lahan kosong dengan membangun berbagai fasilitas olahraga yang dapat meminculkan minat warga untuk berolahraga dan melakukan kegiatan positif lainnya.

"Sehingga muncul minat masyarakat khususnya generasi juga untuk melakukan berbagai kegiatan positif yang otomatis dapat menghidarkan mereka dari penyalahgunaan Narkoba yang kini cukup marak di Meranti," jelas Bupati lagi.

Lebih jauh disampaikan Bupati Adil, gerakan ini sekaligus sebagai bentuk edukasi oleh Pemda kepada masyarakat dalam rangka merubah mainset masyatakat yang seolah menyerah kepada nasip untuk berusaha lebih giat untuk mengolah potensi alam yang ada.

"Disini sekaligus kita memberikan edukasi kepada masyarakat untuk merubah Mainset agar mau memanfaatkan lahan dan alam yang ada untuk meningkatkan taraf ekonominya,"ucap Bupati Adil.

Dan jika gerakan ini berjalan sukses Bupati memprediksi akan memunculkan usaha-usaha lain yang juga prospek dalam mendorong peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.(Jamal)

Bagikan berita ini

Disqus comments