Kapolres Kuansing Minta Masyarakat Sudah 70% di Vaksin Sampai Akhir Tahun - TARGETRIAU

Rabu, 15 September 2021

Kapolres Kuansing Minta Masyarakat Sudah 70% di Vaksin Sampai Akhir Tahun


TELUK KUANTAN - Kapolres Kuansing AKBP Rendra Oktha Dinata SIK MSi bersama Pabung Dim 0302 Inhu-Kuansing Mayor Inf Soaduon Nababan SH mengikuti rapat Zoom Meeting di Ruang Rupatama Polres Kuansing, Selasa (14/09/2021) terkait kendala dan pemecahan masalah pelaksanaan Vaksinasi di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

Dimana kegiatan ini juga diikuti oleh Kepala Dinas Kesehatan Riau Dra Hj Mimi Yuliani Nazir Apt MM, Waka Polres Kuansing Kompol Antoni Lumban Gaol SH MH, Kabag Ops Kompol Erde Dianto SH, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kuansing Jafrinaldi AP MIP, para Kapolsek Jajaran Polres Kuansing, Danramil Jajaran Kabupaten Kuansing, serta Kepala UPTD Kesehatan Puskesmas se-Kabupaten Kuansing.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolres Kuansing AKBP Rendra Oktha Dinata SIK MSi menyampaikan, bahwa ia berharap sampai akhir tahun 2021 ini, masyarakat Kabupaten Kuansing sudah 70% di vaksin.

"Di harapkan pada akhir tahun (Desember .red) 2021 ini, Kabupaten Kuansing sudah mencapai 70% masyarakat yang telah mendapatkan Vaksinasi," ucap Kapolres.

Dimana saat ini, sambung Kapolres AKBP Rendra Oktha Dinata, Kabupaten Kuansing baru melaksanakan 17% Vaksinasi Tahap 1 dan 12% Tahap 2, dimana hal ini sangat jauh dari target capaian realisasi vaksinasi tersebut.

"Saat ini Kabupaten Kuansing baru melaksanakan 17% Vaksinasi Tahap 1 dan 12% Vaksinasi Tahap 2 sehingga masih jauh dari Target Vaksinasi," tegas AKBP Rendra.

Untuk itu, Kapolres Kuansing menegaskan, sesuai arahan Kapolda Riau, Kabupaten Kuansing harus bisa melakukan Vaksinasi minimal 800 orang per harinya, sehingga dapat mewujudkan masyarakat Kuansing yang Herd Immunity.

"Kapolda Riau menargetkan untuk Kabupaten Kuansing agar bisa melakukan Vaksinasi minimal 800 orang per hari sehingga pada akhir Tahun 2021, Provinsi Riau mencapai 70% masyarakat yang telah di Vaksin sehingga mencapai Herd Immunity," pinta AKBP Rendra Oktha Dinata.

Sementara itu, Plt Kadis Kesehatan Kuansing Jafrinaldi AP MIP menyampaikan, ke depan kita akan membuat Inovasi Slogan Kuansing menuju Herd Immunity, ujarnya.


"Kita akan melakukan sosialisasi 3T (Testing (tes), Tracing (pelacakan), dan Treatment (penanganan)) dan edukasi kepada masyarakat untuk meningkatkan animo masyarakat agar tetap menjalankan Prokes serta mengikuti vaksinasi Covid 19," tegasnya.

Selain itu, sambung Jafrinaldi AP MIP yang juga merupakan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kuansing mengatakan, perlunya di lakukan pendataan terhadap lokasi atau tempat yang akan dijadikan tempat Vaksinasi sehingga terjadwal dan mendapatkan hasil yang maksimal, ulasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pabung Dim 0302 Inhu-Kuansing Mayor Inf Soaduon Nababan SH juga menegaskan bahwa pihaknya selalu siap untuk bersinergi dalam menekan angka penyebaran Covid-19, bahkan sampai tuntas dan masyarakat bisa kembali beraktifitas seperti dulu lagi.

"Kami dari TNI akan selalu siap bersinergi dengan Polri, Dinas Kesehatan dan UPTD Kesehatan Puskesmas untuk mensukseskan program Pemerintah terkait Vaksinasi agar terlaksana secara maksimal," tegas Mayor Inf Soaduon Nababan.

Terkait jadwal pelaksanaan Vaksinasi, Kabag Ops Polres Kuansing Kompol Erde Dianto SH mengutarakan, bahwa pihaknya sudah menetapkan sejumlah lokasi dan tempat pelaksanaan vaksinasi yang akan dilakukan nantinya, di wilayah Kabupaten Kuansing.

"UPTD Kesehatan Puskesmas Cerenti tanggal 16 September 2021 sebanyak 240 Dosis Vaksin Ke-2, UPTD Kesehatan Puskesmas Muara Lembu tanggal 15 September 2021 sebanyak 200 Dosis Vaksin Ke-2, UPTD Kesehatan Puskesmas Teluk Kuantan Tanggal 17 September 2021 sebanyak 300 Dosis Vaksin Tahap 1, UPTD Kesehatan Puskesmas Hulu Kuantan tanggal 17 September 2021 sebanyak 200 Dosis Vaksin Tahap 1, UPTD Kesehatan Puskesmas Hulu Kuantan Tanggal 18 September 2021 sebanyak 200 Dosis Vaksin Tahap 2, UPTD Kesehatan Puskesmas Perhentian Luas tanggal 18 September 2021 sebanyak 210 Dosis Vaksin Tahap 2, UPTD Kesehatan Puskesmas Sentajo tanggal 19 September 2021 sebanyak 300 Dosis tahap 1, UPTD Kesehatan Puskesmas Benai tanggal 16 September 2021 sebanyak 300 Dosis Vaksin tahap 1," papar Kabag Ops Polres Kuansing.

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan Riau, Dra Hj Mimi Yuliani Nazir Apt MM menyampaikan bahwa kondisi di Provinsi Riau saat ini sudah menjadi lebih baik dari minggu-minggu sebelumnya.

"Semoga menjadi lebih baik ke depan nya dan kita juga tidak boleh lengah dan mengabaikan Prokes," harapnya.

Saat ini, sambung Kadis Kesehatan Riau, distribusi vaksin sudah semakin lancar, namun masih terkendala ketika telah sampai di Kabupaten/Kota karena dalam pelaksaannya harus di masukan ke Data/Aplikasi yang di keluarkan oleh Kemenkes, kata Mimi.

"Apabila dalam pelaksanaan Vaksinasi Kabupaten Kuansing melakukan secara rutin, cepat dan tepat sasaran maka distribusi Vaksin dari Provinsi ke Kabupaten Kuansing akan lebih cepat di Distribusikan," tegas Mimi Yuliani Nazir.

Waka Polres Kuansing Kompol Antoni Lumban Gaol SH MH dalam kesempatan itu juga menyampaikan bagaimana cara kita menjaring Animo masyarakat, agar masyarakat mau pergi berbondong-bondong melakukan Vaksinasi sehingga target yang telah di tetapkan dapat tercapai, kata Waka Polres Kuansing.

"Terpenting, ke depan kan bagaimana caranya kita agar dapat meningkatkan animo masyarakat dalam mengikuti vaksinasi Covid 19 di masing masing lokasi dan tempat pelaksanaan nantinya, sehingga target vaksin masyarakat Kabupaten Kuansing bisa di capai sesuai targetnya," pintanya.

Kegiatan Zoom Meeting yang dilaksanakan sejak pukul 15.20 WIB tersebut, akhirnya selesai pada pukul 17.00 WIB, dan selama giat berlangsung situasi aman dan kondusif, tutup Kasubag Humas Polres Kuansing AKP Tapip Usman SH.(Humas Polres Kuansing)



Reporter : Tina Ambela

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments