Bupati H. Muhammad Adil, S.H Bersama Wabup AKBP (Purn) H. Asmar Hadiri Acara Panen Raya Gapoktan Tunas Baru Desa Penyagun - TARGETRIAU

Kamis, 27 Januari 2022

Bupati H. Muhammad Adil, S.H Bersama Wabup AKBP (Purn) H. Asmar Hadiri Acara Panen Raya Gapoktan Tunas Baru Desa Penyagun


MERANTI - Bupati Meranti H. Muhammad Adil, S.H Bersama Wakil Bupati AKBP (Purn) H. Asmar hadiri acara panen raya Gapoktan Tunas Baru Desa Penyagun Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2022.(27/01/2022).

Pada kesempatan itu turut hadir dalam acara tersebut Danramil 02 Suratno, Danposal Selatpanjang Jery Hendra, Kapolsek Rangsang, PLT Kadis Ketahanan Pangan Ifwandi, PLT Dinkes M Fahri, PLT Kadis Perhubungan Piksot Ginting, Kepala Desa Penyagun Saipul, Camat Rangsang, Kepala Dinas Perikanan, Kadis Desprindag Eko.

Kemudian acara dimulai dengan pelaporan dari wakil gakpotan petani Desa Penyagun bahwa, Alhamdulillah ladang yang bertahan sejak tahun 2012 hanya tinggal ini, yang lain sudah tutup makanya kami sampaikan kronologisnya adalah karna masalah alam alias banjir, kemudian sungai piring itu masalah tanah tidak cocok, dibelakang kantor desa dan juga masalah alam alias air masin.

"Atas laporan inilah kami mengadu mudah mudahan kedepannya lebih maju dan memberikan solusi, usia ladang ini sekitar 9 tahun dan untuk panen 1 hektar hanya satu ton. Kami ucapkan terimakasih kepada pemerintah kabupaten telah memberikan bantuan, menurut kami hari mesinnya belum bisa digunakan dengan maksimal karna belum paham mengunakan. Kami mintaklah dari kabupaten yang PPL nya profesional yang bisa menerangkan bagaimana cara mengunakan alat tersebut", ungkapnya Bacok.

Selanjutnya PLT Kadis Ketahanan Pangan Ifwandi mengatakan bahwa, Desa Penyagun ini masih olah tanah maka dari itu hasil kita masih rendah kebawah. Kita berharap tingkat produksinya meningkatk, kita juga ada pupuk subsidi jadi masyarakat bisa mintak dengan kita.

"Saya perkirakan ada 180 Beras pertahun terjual yang ada di Desa Penyagun ini, harapan kita kedepannya dari masyarakat petani dan pemerintah akan berkolaborasi dan kita minta komitmen mau bertanam 2x dalam setahun otomatis akan meningkat produksi. Saya ingatkan bahwa kalau bisa panenya jangan sampai bulan 12 pastikan sebelum itu sudah panen, artinya seblum banjir lahan suda kosong", akhirnya PLT Ketahanan Pangan Ifwandi.


Pada kesempatan itu Bupati Meranti H. Muhammad Adil, S.H memberikan beberapa pengarahan bawa, dia menginformasikan bahwa masyarakat berobat cukup gunakan KTP saja, kedepannya 2022 mudah-mudahan tidak ada stanting lagi pokonya kesehatanya di jamin.

"Kepada kepala desa agar bisa memberikan sosialisasi terkait masalah kesehatan agar masyarakat tidak bingung lagi pergi berobat. Kemudian terkait masalah panen ini saya akan memberikan saran agar juga memelihara ikan juga jadi dalam setahun dua kali panen", katanya H. Muhammad Adil, S.H.

"Saat ini kita sedang meminjam 200M untuk melaksanakan pembangunan (Jalan Bes) yang ada di Kecamatan insyaallah do'akan agar usaha kita tidak sia-sia. Kemudian untuk masalah pembuatan KTP itu gratis siap dalam satu hari, jadi untuk pelayanan administrasi tidak ada biayaya sama sekali alias gratis jika ada main mata, dengan tegas akan saya ganti", ungkapnya H. Muhammad Adil, S.H.

"Kepada camat saya ingat besok agar membawa orang perusahaan ke kantor Bupati agar kita melakukan hearing terkait permasalahan banjir yang terjadi di ladang padi ini", katanya H. Muhammad Adil, S.H.

"Kemudian kalau disini memang mau panen dua kali   dalam setahun harus mengikuti perogram dinas ketahanan panganya, saya ingatkan kepada perusahaan agar bisa membantu alat berat pada masyarakat petani agar cepat kerjanya. Hal tersebut dilakukan harus dengan kompak harus sama-sama kalau minyaknya kurang harus patungan", katanya H. Muhammad Adil, S.H.

"Kemudian untuk bibit ikan bisa mintak sama orang perikanan, Dan lahan yang ada di belakang kantor Desa itu dihidupkan kembali, nantik dinas PU agar memperbaiki tanggul tersebut", ungkapnya H Muhammad Adil SH.

Kemudian kalau ada warga sini anak-anaknya yang mau ikut kuliah Pertanian silakan karna pemerintah Kabupaten Meranti akan membiayai sampai selesai, karna kita sudah menyediakan fasilitas sesuai program 7 strategis jadi bapak/ibu jangan menyalahkan saya karna smua sudah ada.

Bagikan berita ini

Disqus comments