AMIK Selatpanjang Resmi Lantik Wisudawan dan Wisudawati Tahun Akademik 2020-2021 - TARGETRIAU

Kamis, 03 Februari 2022

AMIK Selatpanjang Resmi Lantik Wisudawan dan Wisudawati Tahun Akademik 2020-2021


SELATPANJANG - Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Selatpanjang resmi melantik wisudawan wisudawati. Wisuda tahun Akademik 2020-2021 ini digelar di Ballroom Grand Meranti Hotel, Rabu (2/2/2022) pagi.

Ditengah pandemi Covid-19, pelantikan para wisudawan ini tetap menerapkan protokol kesehatan, dimana para peserta dan tamu undangan duduk dengan berjarak dan menggunakan masker.

Sidang senat terbuka AMIK Selatpanjang Wisuda Ahli Madya ke XIII ini sebanyak 47 mahasiswa resmi dilantik sebagai Ahli Madya Komputer Diploma III (D3) yang terdiri dari 42 mahasiswa jurusan Manajemen Informatika dan 5 mahasiswa jurusan Teknik Komputer.

Sidang Senat Terbuka AMIK Selatpanjang ini dihadiri Plt Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti, Bambang Suprianto, Waka Polres Kepulauan Meranti, Kompol Robert, Camat Tebingtinggi, Husni Mubarak. Selain itu juga dihadiri Kepala Sub Bidang Koordinator, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah (LLDIKTI) wilayah X, Taufik SSos.

Direktur AMIK Selatpanjang, Zulfikri S.Kom M.Kom dalam sambutannya berpesan kepada para wisudawan untuk dapat mengamalkan ilmu yang didapat dan berani bersaing keluar daerah. Dia mengatakan saat ini lulusan AMIK Selatpanjang sudah menempati sejumlah instansi pemerintah dan swasta.

Dia mengatakan wisuda AMIK yang dilaksanakan setiap tahun ini merupakan wisuda yang legal, buktinya dihadiri oleh pihak LLLDIKTI.

Lebih lanjut Zulfikri mengatakan sejak AMIK berdiri 18 tahun lalu sudah mewisuda sebanyak 1.031 orang dan sudah banyak terserap di lapangan kerja dan memberikan kontribusi kepada masyarakat.

"Alhamdulillah, disaat kita susah mencari SDM yang handal dan siap kerja, sejumlah lulusan AMIK sudah memberikan sumbangsih dan bekerja di sejumlah instansi pemerintah swasta dan sektor lainnya. Diploma III ini tentunya berbeda dengan Strata satu. Jika DIII siap terjun ke dunia kerja secara teknis, S1 itu secara teoritis dan analisis. Tentunya untuk mendapatkan hal ini tentunya tidak mudah mendapatkan ilmu tersebut dan memakan waktu serta perjuangan yang cukup lama," kata Zulfikri.

Direktur AMIK Selatpanjang itu juga mengucapkan terimakasih kepada orang tua yang sudah berhasil mengantarkan anak-anaknya selesai kuliah hingga meraih gelar Diploma III.
 
"Kami dari civitas akademika AMIK Selatpanjang juga mengucapkan terimakasih kepada orang tua yang telah berhasil mengantarkan anak-anaknya ke jenjang Diploma III yang mudah-mudahan dengan harapan dapat memperbaiki kehidupan yang lebih layak lagi dan bekerja di tempat yang sesuai dengan apa yang diinginkan," ucapnya.

Zulfikri berpesan kepada para wisudawan dan wisudawati agar bisa menempatkan diri sesuai dengan ilmu yang dimiliki. Disampaikan juga, selain ilmu yang dimiliki ada faktor penting dalam menentukan keberhasilan.

"Keberhasilan itu tidak hanya ditentukan oleh nilai-nilai akademis.  Selain kemampuan soft skill yang dimiliki, kemampuan komunikasi dengan relasi itu adalah hal yang sangat menentukan. Selain itu juga  ada doa yang mustajab dan karomah dari kedua orang tua itulah yang paling menentukan keberhasilan anda di dunia kerja," ujarnya. 

Kepala Sub Bidang Koordinator, LLDIKTI wilayah X, Taufik SSos dalam sambutannya berharap para wisudawan dan wisudawati untuk dapat berkarya dan mengembangkan ilmu yang telah didapatkan dari Kampus AMIK Selatpanjang.

"Mungkin banyak suka dan duka saat menjalani kuliah di AMIK Selatpanjang. Untuk itu hari ini, dengan gelar yang telah didapatkan agar bisa dipertanggungjawabkan pada diri sendiri, orang tua dan almamater. Saya berharap ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat bagi masyarakat, selain itu juga harus bisa menempatkan diri dan harus cerdas intelektual, emosional, dan spiritual," kata Taufik.

Dikatakan saat ini Indonesia sudah memasuki revolusi industri 4.0. Untuk itu para lulusan AMIK Selatpanjang juga diharapkan bisa menghadapi era tersebut dengan menyelesaikan pekerjaan dalam lingkup digitalisasi.

"Kompetisi yang akan kita hadapi hendaknya dibangun dengan rasa kepercayaan diri yang tinggi. Saat ini
tenaga kerja lokal bersaing dengan tenaga kerja luar, untuk itu perguruan tinggi hendaknya meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas pembelajaran. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada pimpinan AMIK dalam memajukan perguruan tinggi di daerah ini, peningkatan terus menerus jangan pernah bosan dilakukan, begitu juga dengan dosen yang harus melakukan penelitian dan dimuat dalam jurnal ilmiah," ujarnya.

"Saya mengharapkan yayasan bekerjasama dalam mengembangkan perguruan tinggi lebih baik lagi serta menumbuh kembangkan serta optimis, berkompeten dan berdaya saing dan itu menjadi inspirasi bagi mahasiswa untuk terus berkompetisi," ungkapnya lagi.

Sementara itu Plt Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti, Bambang Suprianto dalam sambutannya mewakili Bupati Kepulauan Meranti mengucapkan selamat kepada wisudawan dan wisudawati AMIK Selatpanjang. 

"Apa yang kalian peroleh sekarang adalah bagian terbesar dari cita-cita kemajuan bangsa di masa mendatang. Sebab, maju dan mundurnya sebuah bangsa tergantung di tangan anak-anakku semuanya, para generasi muda sekarang ini," ungkapnya. 

Bambang juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan AMIK Selatpanjang yang merupakan ujung tombak pendidikan dan pengajaran yang telah mencurahkan tenaga dan upaya dalam melaksanakan tugas mulia, mendidik dan mengajar para mahasiswa secara profesional sehingga menghasilkan lulusan yang baik dan berkualitas.

"Selanjutnya, kami berpesan bahwa sesungguhnya, kesuksesan, kewibawaan dan ketenaran seseorang bukan ditentukan oleh kekayaan, rupa yang tampan atau karena silsilah keturunan. Tapi yang paling dominan, kesuksesan seseorang sangatlah ditentukan oleh sejauh mana ia bisa mengkreasikan dirinya untuk menjadi sukses," ingatnya. 

Dijelaskan Bambang, bahwa kesuksesan di lembaga pendidikan sangat ditentukan sejauh mana bisa memanfaatkan waktu dengan baik untuk menuju kesuksesan. Apa yang diperoleh pada hari ini merupakan hasil kerja keras dengan banyak pengorbanan, baik biaya, waktu maupun pikiran. Namun, dengan gelar akademik yang telah diraih artinya telah memiliki kesempatan lebih luas untuk berkiprah, meniti karir dan menata masa depan yang lebih baik. 

"Kami berharap agar ilmu yang telah didapat berguna dan bermanfaat untuk diri sendiri, keluarga, agama serta bangsa dan negara. Sebagai generasi muda yang menyandang predikat sarjana merupakan generasi penerus dan kader serta calon pemimpin untuk masa yang akan datang," harapnya. 

Kemudian, lanjut Bambang, lulusan AMIK Selatpanjang juga diharapkan bisa berkiprah lebih luas dan lebih kreatif terutama menghadapi dampak ekonomi dan sosial akibat Covid-19. 

"Semoga keberhasilan ini akan menjadi awal yang hebat dan semangat yang luar biasa sehingga mampu meningkatkan prestasi saudara, dan pada akhirnya mampu menjadikan saudara sebagai bagian dari masyarakat Indonesia yang berkepribadian, inovatif, dan mandiri dan mampu berperan secara aktif dalam pembangunan di Indonesia," pungkas Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kepulauan Meranti itu.

Bagikan berita ini

Disqus comments