Melalui Kapolres Kepulauan Meranti, Bupati H. Muhammad Adil, S.H., M.M Terima Buku Dari Kapolri Yang Berjudul "Setapak Perubahan" - TARGET RIAU

Selasa, 08 Maret 2022

Melalui Kapolres Kepulauan Meranti, Bupati H. Muhammad Adil, S.H., M.M Terima Buku Dari Kapolri Yang Berjudul "Setapak Perubahan"


MERANTI - Melalui Kapolres Kepulauan Meranti, Bupati H. Muhammad Adil, S.H., M.M terima buku dari Kapolri yang berjudul 'Setapak Perubahan', tepat satu tahun Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjabat sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri). Kapolri Sigit dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada 27 Januari 2021 lalu.(08/03/2022).

Selama kepemimpinannya, Sigit mengusung semangat transformasi Polri yang Presisi (Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan). Hal itu dituangkan dalam empat transformasi dengan 16 program prioritas, 51 kegiatan 177 aksi, dan delapan komitmen. Gagasan Listyo tersebut dituangkan melalui  buku berjudul 'Setapak Perubahan' Catatan Pencapaian Satu Tahun Polri yang Presisi.

Buku tersebut memiliki ketebalan sebanyak 240 halaman yang terdiri dari 5 bab mulai dari sejarah lahirnya konsep Presisi hingga apa saja yang sudah dicapai. "Polri membekal niat baik untuk berubah, dan saya memohon dengan segala kerendahan hati paling dalam kepada semua pihak untuk membantu mewujudkan keinginan kami bertransformasi," kata Sigit dalam akun Instagram @kepalakepolisian_ri dikutip Jumat (28/1).

Dalam buku tersebut, Kapolri mengulas awal mula gagasan Polri Presisi muncul. Semangat transformasi itu berawal dari hasil perenungan akan tantangan dan kondisi yang dihadapi Polri pada zaman modern ini, terutama pesatnya perkembangan media sosial, yang di mana hal tersebut baru dihadapi oleh Korps Bhayangkara.

Hasil perenungannya itu, kata Sigit, didiskusikan dengan berbagai pihak. Ia mendapat banyak masukan untuk semakin memantapkan gagasannya tersebut. Misalnya, tentang layanan publik dan harapan mengenai Polri.

Sigit pun mulai menyusun visi, misi dan apa saja yang dibutuhkan untuk mencapai transformasi Polri Presisi. Hingga akhirnya, konsep itu disosialisasikan ketika dirinya resmi dipilih oleh Presiden Jokowi sebagai calon Kapolri, kala itu.

Mantan Kapolda Banten itu menyadari banyak masyarakat yang berpikiran negatif, pesimistis, dan mempertanyakan tekad bulat untuk mewujudkan Polri yang baik dalam rangka pelayanan publik yang terintegrasi, modern, murah, dan cepat. Pemeliharaan kamtibmas, penegakan hukum yang prediktif, bertanggung jawab, transparan, dan menjamin rasa keadilan masyarakat.

Dalam hal tersebut Bupati Meranti H. Muhammad Adil, S.H., M.M mengatakan bahwa terima kasih banyak telah memberikan buku ini kepadanya semoga buku ini bisa bermanfaat dan bisa dipelajari maksud dan tujuan tersebut.

"Semoga dengan terbitnya buku yang berjudul 'Setapak Perubahan' Kapolri semakin maju dengan gagasanya dan sepenuh hati dalam rangka pelayanan publik yang terintegrasi, modern, murah, dan cepat. Pemeliharaan kamtibmas, penegakan hukum yang prediktif, bertanggung jawab, transparan, dan menjamin rasa keadilan bagi masyarakat", akhirnya H. Muhammad Adil, S.H., M.M.

Bagikan berita ini

Disqus comments