Bupati H. Muhammad Adil, S.H., M.M Bersama Rombongan Pemkab Safari Ramadhan di Kecamatan Pulau Merbau - TARGETRIAU

Senin, 25 April 2022

Bupati H. Muhammad Adil, S.H., M.M Bersama Rombongan Pemkab Safari Ramadhan di Kecamatan Pulau Merbau


MERANTI - Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, S.H., M.M Safari Ramadhan di Desa Pangkalan Balai Kecamatan Pulau Merbau Bersama Rombongan Pemkab Meranti Sekaligus Memberikan Santunan Anak Yatim dan  Berikan Sembako pada Pengurus Masjid.(24/04/2022).

Kemudian sambutan Camat Pulau Merbau Atan Ibrahim, mudah-mudahan acara ini berlangsung dengan lancar, kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan rombongan, semoga dengan hadirnya rombongan Pemkab bisa memberikan manfaat dan terima kasih telah memberikan santunan Anak Yatim, Sembako dan Sajadah bagi pengurus Masjid di tempat kami.
 
Selanjutnya acara dimulai dengan penyerahan santunan anak Yatim orang dan pemberian bantuan sembako pada pengurus Masjid, dengan raut wajah senyum H. Muhammad Adil, S.H., M.M juga mencium dahi anak-anak yang disantuninya. 

Acara tersebut dilanjutkan dengan ceramah oleh ustadz Mardio dalam ceramahnya dia mengatakan bahwa tetang makna Puasa (shaum) secara bahasa berarti menahan. Adapun maknanya secara istilah adalah, ibadah kepada Allah ta’ala yang disertai niat, dengan menahan diri dari makan, minum dan seluruh pembatal puasa, sejak terbit fajar kedua sampai terbenam matahari, yang dilakukan oleh orang yang tertentu dengan syarat-syarat yang tertentu.


Makna Puasa (shaum) secara bahasa berarti menahan. Adapun maknanya secara istilah adalah,"Ibadah kepada Allah ta’ala yang disertai niat, dengan menahan diri dari makan, minum dan seluruh pembatal puasa, sejak terbit fajar kedua sampai terbenam matahari, yang dilakukan oleh orang yang tertentu dengan syarat-syarat yang tertentu. Adapun hukum Puasa Ramadan adalah salah satu rukun Islam, hukumnya wajib berdasarkan dalil Al-Qur’an, As-Sunnah dan ijma’ (kesepakatan seluruh ulama). 

Allah SWT berfirman, Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, (yaitu) dalam beberapa hari yang telah ditentukan. Maka siapa di antara kamu yang sakit atau dalam perjalanan jauh (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain.

Setelah itu acara terakhir Bupati Meranti H. Muhammad Adil, S.H., M.M bersama rombongan langsung melaksanakan sholat tarawih bersama.

Bagikan berita ini

Disqus comments