Distribusikan Peralatan Kepolisian, Kapolda Riau Irjen Iqbal : Jaga, Rawat dan Latihkan - TARGET RIAU

Selasa, 06 September 2022

Distribusikan Peralatan Kepolisian, Kapolda Riau Irjen Iqbal : Jaga, Rawat dan Latihkan


PEKANBARU - Kepolisian Daerah (Polda) Riau menerima pendistribusian barang perlengkapan pendukung tugas dari Mabes Polri.

Barang berupa kendaraan bermotor roda dua pelayanan masyarakat (Yanmas), pelengkapan personel SAR, tali Dalmas, dan alat penembak tapi pengikat otomatis, langsung disalurkan Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal kepada satker terkait, Senin (5/9/2022).

Disebutkan Irjen Iqbal, Biro Logistik Polda Riau pada bulan Juli dan Agustus 2022, telah menerima pendistribusian barang pengadaan dari Slog Polri program APBN Tahun Anggaran 2022.

Pengadaan tersebut terdiri dari 26 unit kendaraan bermotor roda dua patroli Yanmas beserta kelengkapannya, 25 unit perlengkapan personel SAR beserta kelengkapannya, 75 unit tali Dalmas, 75 unit Alat Pemamadam Api Ringan (APAR) Dalmas, dan 25 unit alat penembak tali pengikat otomatis.

"Bahwa untuk perlengkapan personel SAR, telah dilaksanakan pelatihan penggunaannya oleh Slog Polri pada tanggal 9 dan 10 Agustus 2022 yang diikuti oleh personel Biro Logistik Polda Riau dan Ditsamapta Polda Riau," kata Irjen Iqbal.

Kemudian disebutkan Jenderal polisi bintang dua itu, peralatan lainnya berupa tali Dalmas, APAR Dalmas dan alat penembak tali pengikat otomatis juga sangat diperlukan khususnya oleh personel Sabhara dalam menunjang kelancaran tugas, baik di operasional maupun di lapangan.

Sementara untuk sepeda motor patroli Yanmas, akan didistribusikan kepada para Bhabinkamtibmas yang di satuan kewilayahan Polda Riau yang belum memiliki kendaraan patroli sebagai upaya meningkatkan kualitas kinerja, untuk menjadi lebih baik, demi terwujudnya Polda Riau yang profesional, modern dan terpercaya.

"Saya berharap pada Tahun Anggaran 2022 seluruh Kepala Satker mampu memanfaatkan anggaran tepat waktu sesuai kegiatan yang dilaksanakan, secara transparan dan akuntabel sehingga dapat dimanfaatkan dengan benar sesuai kebutuhan," ungkap Kapolda Riau.

Irjen Iqbal menerangkan, peralatan yang sudah diterima hendaknya dijaga dan dirawat dengan baik. Ia meminta agar pelatihan penggunaan secara rutin dilakukan.

"Semua peralatan yang ada, baik peralatan mesin perkantoran, peralatan transportasi operasional berupa kendaraan bermotor, peralatan persenjataan, peralatan penginderaan, peralatan forensik, peralatan telekomunikasi dan teknologi informasi serta peralatan kepolisian lainnya, juga harus dioptimalkan penggunaanya secara efektif dan efisien guna memperpanjang usia pakai dalam rangka mendukung kelancaran tugas polri di Polda Riau," rinci mantan Kadiv Humas Polri ini.

Kapolda Riau berharap, seluruh personel Polda Riau selalu meningkatkan kualitas kinerja yang lebih baik ke depan.

Tentunya dengan memanfaatkan segala sumber daya kesatuan yang dimiliki, baik peralatan materiil dan ketersediaan bangunan fasilitas serta kemampuan anggaran.

"Disisi lain Polda Riau harus memiliki kemampuan untuk bersinergi dengan masyarakat dan pemerintah daerah bersama-sama stakeholder lainnya dalam rangka menjaga serta memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Provinsi Riau," tandas Irjen Iqbal.

Usai menyampaikan pengarahan, Kapolda Riau berkesempatan melakukan pengecekan langsung dan melihat peragaan penggunaan peralatan.

Selain Kapolda Riau, turut hadir Wakapolda Riau Brigjen Pol Tabana Bangun, Irwasda Polda Riau Kombes Pol Hermansyah, dan para pejabat utama Polda Riau lainnya.

Bagikan berita ini

Disqus comments