Pengawasan Partisipatif Pemilu 2024, SEMA STAI Nurul Hidayah Selatpanjang Lakukan Kunjungan ke Bawaslu Meranti - TARGET RIAU

Senin, 03 Oktober 2022

Pengawasan Partisipatif Pemilu 2024, SEMA STAI Nurul Hidayah Selatpanjang Lakukan Kunjungan ke Bawaslu Meranti


MERANTI - Senat Mahasiswa (SEMA) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nurul Hidayah Selatpanjang mengadakan silaturahmi ke pihak Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Kabupaten Kepulauan Meranti di kantor Bawaslu Jl. Pembangunan I, Senin (03/10/2022) pagi.

Turut hadir Ketua Bawaslu Kab. Kep. Meranti Syamsurizal, S.IP. M.IP., Anggota Romi Indra, SE., Anggota Moh. Zaki, S. Pd., Ketua Umum SEMA STAI NH Selatpanjang M. Amin Siregar, Wakil Ketua Umum Siti Fajar Jiresti serta Ketua Komisi II Pemilihan dan Pengawasan Samsul Duha.

Dalam pembukaan silaturahmi, M. Amin Siregar selaku Ketua Umum SEMA STAI NH Selatpanjang menyampaikan rasa terimakasih dan bahagia kepada pihak Bawaslu yang telah menanggapi surat permohonan silaturahmi dengan baik. 

"Saya mewakili SEMA STAI NH Selatpanjang mengucapkan terima kasih dan rasa bahagia atas respon cepat Bawaslu Meranti menanggapi surat permohonan silaturahmi yang kami masukkan pada tanggal 30 September 2022 waktu lalu," ucapnya.

"Adapun maksud dan tujuan kedatangan kami adalah menjalin hubungan kedekatan emosional, mengembangkan pengetahuan dan pemahaman seputar Bawaslu, melakukan koordinasi  pengawasan partisipatif, membahas bentuk MOU Bawaslu kepihak-pihak terkait, dan meminta membuat ruang khusus diskusi bersama mahasiswa dalam mengawasi dan mensukseskan Pemilu 2024 sesuai aturan yang berlaku," jelasnya. 

Ditanggapi oleh pihak Bawaslu melalui Romi Indra, SE. selaku anggota juga mengucapkan terima kasih dan apresisasi kepada SEMA STAI Nurul Hidayah Selatpanjang yang telah berkunjung untuk membahas pengawasan partisipatif dan hal lainnya mengenai Pemilu 2024.

"Terima kasih dan apresisasi kepada adik-adik mahasiswa dari kampus STAI Nurul Hidayah Selatpanjang melalui lembaga legislatif kemahasiswaannya ini yang telah datang berkunjung kekantor kami untuk membahas hal-hal urgen dan memberikan gagasan-gagasan yang bagus dalam mensukseskan Pemilu 2024 yang jujur dan adil (jurdil)," pungkasnya. 

Disampaikan Syamsurizal, S. IP., M. IP selaku Ketua Bawaslu Kab. Kep. Meranti mengatakan beberapa hal yang bisa dilakukan dan harapan bagi mahasiswa dalam mensukseskan Pemilu 2024.

"Adik-adik mahasiswa khususnya bisa saja membantu Bawaslu dengan memberikan edukasi kepada masyarakat, cepat melaporkan jika terjadinya pelanggaran dan hal lainnya dengan terus berkoordinasi, saling sharing untuk mensukseskan Pemilu 2024 nantinya," ucapnya.

"Jika SEMA STAI berkeinginan membuat kegiatan dalam mensukseskan Pemilu 2024, kami pihak Bawaslu siap untuk ikut andil sebagai narasumber guna menjelaskan seputar Bawaslu  dan hal-hal apa saja yang bisa dilakukan oleh mahasiswa khususnya dalam mensukseskan Pemilu 2024 yang akan datang," tambahnya.

"Kami berharap mahasiswa Meranti khususnya tetap semangat dan terus kawal dalam mensukseskan Pemilu 2024 agar terpilihnya pemimpin-pemimpin yang bertanggung jawab dan tidak menyesengsarakan rakyat," harapnya.

Dilanjutkan oleh Moh. Zaki, S. Pd. selaku anggota menjelaskan gambaran MOU dan penguatan pengawasan partisipatif menjelang Pemilu 2024.

"Pihak Bawaslu Meranti khususnya sudah mempersiapkan beberapa MOU atau kerja sama dengan pihak-pihak terkait termasuk juga kekampus-kampus yang ada di Meranti, karena peran mahasiswa juga penting dalam mengawal Pemilu 2024," jelasnya.

"Dalam pengawasan partisipatif itu sendiri akan diperkuat melalui sosialisasi, Open Recruitment Panwascam dan lain sebagainya, bahkan sampai terjalinnya MOU dengan pihak Bawaslu berdasarkan aturan yang telah ditetapkan," katanya.

Bagikan berita ini

Disqus comments