Asisten I Pimpin Upacara Peringatan HGN dan HUT PGRI 2022 - TARGETRIAU

Jumat, 25 November 2022

Asisten I Pimpin Upacara Peringatan HGN dan HUT PGRI 2022


MERANTI - Mewakili Bupati, Asisten bidang pemerintahan dan kesejahteraan rakyat Drs. Irmansyah, M.Si menjadi inspektur upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-77 tahun 2022 di halaman kantor Bupati, Jumat (25/11/2022).

Upacara HGN dan HUT PGRI kali ini mengambil tema Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar. Rangkaian upacara dimulai dengan laporan Perwira Upacara oleh Ketua PGRI Kabupaten Kepulauan Meranti kepada Inspektur Upacara, pengibaran bendera merah putih, dan pembacaan Teks Pancasila oleh pembina upacara diikuti seluruh peserta upacara.

Kemudian dilanjut dengan pembacaan UUD 1945, Ikrar Guru dan pembacaan sejarah singkat PGRI oleh Anggota PGRI Kabupaten Kepulauan Meranti sekaligus penyerahan piala pemenang pada rangkaian perlombaan sempena HUT PGRI.

Dalam amanatnya Irmansyah membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) RI, Nadiem Anwar Makarim.

"Platform Merdeka Mengajar yang kami luncurkan pada awal tahun ini, sepenuhnya dirancang untuk memenuhi kebutuhan guru akan ruang untuk belajar, berkarya, dan berkolaborasi," ungkap Mendikbudristek dalam pidatonya yang dibacakan Irmansyah.


Dalam Platform Merdeka Mengajar, guru bisa mengakses modul  pembelajaran dengan gratis, mengunggah dan membagikan konten-konten praktik baik pembelajaran, dan terkoneksi dengan rekan sesama guru dari daerah lain. Guru di Aceh sekarang bisa belajar dari guru di Papua. Guru di Kalimantan bisa menginspirasi guru-guru yang ada di Jawa.

"Saya berterimakasih kepada lebih dari 1,6 juta pengguna Paltform Merdeka Mengajar, yakni para guru yang mau mencoba hal-hal baru, yang tidak takut untuk berinovasi, yang sadar dan paham bahwa sudah tiba waktunya untuk bertransformasi. Kami juga terus membuka kesempatan bagi para guru untuk mengikuti program Guru Penggerak yang berbeda dengan program pendidikan yang ada selama ini," tambahnya.

Saat ini Kemendikbudristek juga terus memprioritaskan pengangkatan guru honorer sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui seleksi ASN Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (ASN PPPK). 

Acara ditutup dengan pemotongan tumpeng sekaligus merayakan hari lahir Ketua PGRI Kepulauan Meranti.

Hadir dalam upacara tersebut, Kapolres Kepulauan Meranti, perwakilan Kajari, Danposal, Danramil, Kakan Kemenag, para staf ahli Bupati, para asisten, kepala OPD, kepala bagian di Setda, Ketua PGRI beserta anggota, para guru, siswa dan undangan lainnya. (Prokopim)

Bagikan berita ini

Disqus comments