Perihal Protes DBH Migas, Firdaus: Jangan Biarkan Bupati Adil Berjuang Sendiri - TARGET RIAU

Senin, 19 Desember 2022

Perihal Protes DBH Migas, Firdaus: Jangan Biarkan Bupati Adil Berjuang Sendiri


Ketua Meranti Center Jakarta yang juga salah seorang pejuang pemekaran, Firdaus Mukhtar Jamil, meminta anggota DPR RI Dapil Riau membantu Bupati Adil memperjuangkan dana bagi hasil minyak dan gas (DBH Migas). Dia tak ingin, Adil dibiarkan berjuang sendiri.

Pernyataan itu disampaikan Firdaus ketika diwawancara usai menghadiri Paripurna Istimewa Peringatan Hari Jadi ke-14 Kepulauan Meranti di Selatpanjang, Senin (19/12/2022) siang. Kepada media, Firdaus mengaku sangat setuju dengan upaya Bupati Kepulauan Meranti, H Muhammad Adil SH MM, memperjuangkan DBH Migas yang sempat viral beberapa waktu belakangan.

"Saya sebagai pejuang, itu saya sangat setuju. Dia seorang bupati, mau berkorban demi rakyat. Beda sama yang lain, ya kan, demi dirinya, rela mengorbankan rakyat. Itu yang terjadi di kabupaten-kabupaten lain," kata Firdaus.

Diakui lelaki bertubuh kekar ini lagi, dia bangga mempunyai seorang bupati yang mau bekorban untuk masyarakat dan negerinya. Katanya, pemimpin seperti ini lah yang menjadi harapan dari pejuang pemekaran Kepulauan Meranti.

Disi lain, Firdaus juga meminta anggota DPR RI Dapil Riau untuk sama-sama memperjuangkan DBH Migas. Dia tak ingin, Bupati Adil terkesan dibiarkan berjuang sendiri tanpa bantuan dari pihak legislatif. Padahal, apa yang diperbuat Adil, akan menguntungkan bagi daerah, andai permintaanya dikabulkan pemerintah pusat.

"Anggota DPR RI Dapil Riau saya lihat tidak ada suara. Mereka diantarkan oleh masyarakat Riau untuk duduk di Senayan, tapi tidak pernah memikirkan penderitaan-penderitaan masyarakat Riau," kata Firdaus.

Harusnya, tambah Firdaus, ketika sudah diantarkan masyarakat hingga duduk di kursi empuk Senayan, anggota DPR RI Dapil Riau ikut bersama-sama memperjuangkan keadilan DBH Migas. Apalagi, di daerah Riau masih perlu perhatian maksimal karena minim pembangunan. Seperti hal nya Kepulauan Meranti, banyak warga masuk dalam kategori miskin ekstrem.

"DPR RI dari Riau harus ikut membela bupati, jangan dibiarkan berjuang sendiri, dia kan mewakili masyarakat. Ini yang kita sayangkan," ujarnya.

"Kalau bahasa Jakarta itu, anggota DPR RI Dapil Riau jangan seperti ayam sayur. Tunjukkan jati diri kamu, jangan cuma mau enak sendiri. Datang, duduk, diam dengar, duit. Kalian punya harga diri duduk di Senayan," tambahnya.

Bupati Adil, beberapa pekan belakangan menjadi viral di Indonesia paska melayangkan protes DBH Migas. Besaran yang diterima daerah penghasil sesuai aturan berlaku dinilai tak adil, terlebih bagi Meranti. Bagaimana tidak, produksi minyak meningkat, sementara masyarakat di daerah Meranti banyak yang masih miskin dengan kategori miskin ekstrem. (***)


Sumber : cakaplah.com

Bagikan berita ini

Disqus comments