Ekspose Capaian Kerja dan Situasi Kamtibmas, Kapolres Meranti Ajak Insan Pers Coffe Morning - TARGET RIAU

Minggu, 01 Januari 2023

Ekspose Capaian Kerja dan Situasi Kamtibmas, Kapolres Meranti Ajak Insan Pers Coffe Morning


MERANTI - Kapolres AKBP Andi Yul LTG SH SIK MH, Sabtu (31/12/2022) pagi, melakukan ekspose capaian kerja dan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti.

Kegiatan tersebut dibungkus dalam acara Coffe Morning bersama insan pers tersebut berlangsung di Rumah Kopi, Jln Ahmad Yani Selatpanjang, Kecamatan Tebingtinggi.

Dalam sambutannya, Kapolres menyampaikan bahwa situasi Kamtibmas pada tahun 2022 di Kepulauan Meranti relatif terkendali dan dalam keadaan aman serta kondusif.

"Terkait dengan pengungkapan kasus, didominasi oleh penangkapan pelaku penyalahgunaan narkoba. Pada tahun 2022 ini, kasus tersebut mengalami kenaikan 5 kasus dibanding tahun 2021 lalu. Diikuti juga pengungkapan kasus lainnya yang bisa kita ungkap," ujar AKBP Andi Yul didampingi sejumlah Pju Polres.

Lanjutnya, mengenai tertib lalu lintas, pihaknya pada tahun 2022 lebih banyak melakukan teguran kepada pengendara yang melanggar peraturan. Baik itu teguran tertulis maupun lisan.

"Namun pada tahun 2022 terjadi 6 kasus lakalantas dan menyebabkan 3 orang meninggal dunia. Seluruh korban itu tidak menggunakan helm. Oleh karena itu, kami tidak bosan menghimbau kepada masyarakat untuk mematuhi aturan berlalulintas terutama menggunakan helm," pesannya.

Disamping itu, sebut Kapolres, Polres Kepulauan Meranti juga melaksanakan kegiatan rutin kepolisian lainnya dan memberikan bantuan sosial hingga oleh Polsek jajaran.

"Kami juga telah melaksanakan kegiatan bantuan sosial dari pemerintah yang di percayakan kepada Polri untuk menyalurkanya seperti Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima, Warung dan Nelayan (BTPKLWN) dan BTP Minyak Goreng," bebernya.

Polres juga, tambahnya, telah melaksanakan penanganan Covid-19 dengan menggencarkan himbauan ptotokol kesehatan (prokes) dan vaksinasi.

"Berbagai kerjasama dengan TNI dan pemerintah daerah, baik dalam bentuk apel bersama ataupun kegiatan operasional lainnya juga kita lakukan," tutur AKBP Andi Yul.

Tidak hanya itu, ia juga membeberkan progam Polres dan Polsek jajaran, antara lain Duduk Besile Bersama Kapolres Kepulauan Meranti, Bersama (Bersepeda Sapa Masyarakat), Suling Emas (Subuh Keliling ke Masjid Masjid) Simpaz (Polisi Meranti Peduli Amal Zakat), Rumah Tahfiz Alquran, Kopi Liberika (Komunikasi Inspiratif Polisi Bersama Komunitas Masyarakat), Kamis Berkah, Jumat Berkah.

"Program bapak Kapolri, yakni Jumat Curhat dengan tujuan mendengarkan masukan dari masyarakat kepada Polri juga kita lakukan. Begitu pula beberapa operasi kepolisian, seperti operasi Lilin," imbuhnya.

Kemudian, sebut Kapolres lagi, kondusifnya situasi kamtibmas secara keseluruhan tidak lepas dari bantuan seluruh elemen masyarakat, termasuk peran dari insan pers.

"Sinergitas kemitraan dan kolaborasi antara Polres Kep Meranti dan rekan rekan media kita lanjutkan dan tingkatkan serta harapan untuk pada tahun 2023 lebih baik lagi," harapnya.

Untuk diketahui, kegiatan Coffe Morning Kapolres bersama Insan Pers juga bertujuan untuk mempererat silaturahmi serta menjadi wadah bertukar informasi dan koordinasi dengan jajaran Polres dalam meningkatkan sinergitas kemitraan untuk membangun Kabupaten Kepulauan Meranti melalui pemberitaan yang positif dan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk memberikan informasi.

Acara Coffee Morning kali ini ditutup dengan pemotongan tumpeng sebagai simbol keakraban Polres dan insan pers pada tahun 2023. Dengan harapan kemitraan semakin erat dan kamtibas juga kondusif. (Humas Polres Meranti)

Bagikan berita ini

Disqus comments