Pemdes Alah Air Laksanakan Kegiatan Fasilitasi Pengumpulan dan Updating Data Serta Pendamping Pelaksanaan Edukasi PKBR - TARGET RIAU

Jumat, 20 Oktober 2023

Pemdes Alah Air Laksanakan Kegiatan Fasilitasi Pengumpulan dan Updating Data Serta Pendamping Pelaksanaan Edukasi PKBR


MERANTI - Pemerintah Desa Alah Air laksanakan kegiatan Fasilitasi Pengumpulan dan Updating Data serta Pendamping Pelaksanaan Edukasi PKBR Kabupaten Kepulauan Meranti tahun 2023 bertempat di kantor Desa Alah Air, Jum'at (20/10/2023).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asisten 1 Sekretariat Daerah Provinsi Riau Drs. H. Masrul Kasmy, M.Si, Kepala BKKBN Provinsi Riau, Kepala Dinas Sosial yang diwakili Nurdin Srijaya, S.E., M.Si, Kepala Desa Alah Air, Kepala Desa Kundur dan para peserta yang hadir.

Dalam sambutan Amri Selamat selaku Kepala Desa Alah Air mengucapkan terima kasih kepada para peserta dan juga para tamu undangan yang berkesempatan hadir. Tak hanya itu, Amri Selamat juga berharap kepada Bapak Drs. H. Masrul Kasmy, M.Si yang merupakan sosok perwakilan dari Kabupaten Kepulauan Meranti yang saat bertugas di Provinsi Riau agar kedepan dapat lagi membuat program untuk Kabupaten Kepulauan Meranti, khusunya Desa Alah Air dan Alah Air Timur.


"Pertama kami ucapkan terima kasih kepada para peserta dan juga tamu undangan, tak hanya ini kami juga berharap kepada Bapak Drs. H. Masrul Kasmy, M.Si yang merupakan sosok perwakilan dari Kabupaten Kepulauan Meranti yang saat bertugas di Provinsi Riau agar kedepan dapat lagi membuat program untuk Kabupaten Kepulauan Meranti, khusunya Desa Alah Air dan Alah Air Timur," tutur Amri Selamat.

Tidak hanya itu, sebelum mengakhiri sambutannya Kepala Desa Alah Air juga meminta perbaikan pada Sungai yang berada di depan Pondok karena sudah miring.

"Kami juga berharap kepada Bapak adanya perbaikan sungai yang ada didepan pondok ini karena sudah miring," tambah Amri Selamat.

Selanjutnya, kata sambutan dari Kepala Dinas Sosial yang diwakilkan oleh Nurdin Srijaya, S.E., M.Si mengucapkan terima kasih karena telah diundang dalam kegiatan tersebut.

"Terima kasih kepada penyelenggara karena saya telah diundang di kegiatan ini dan juga kepada para Fasilitator yang telah berkomitmen dalam mempersiapkan segala sesuatunya. Untuk diketahui, bahwasa nya Desa Alah Air merupakan Desa yang pertama kali yang di canangkan sebagai Kampung Keluarga Berkualitas di Kabupaten Kepulauan Meranti pada tahun 2016 yang diusul oleh 25 desa lainnya termasuk Desa Kundur. September tahun 2023 ini, telah ditetapkan 75 desa/kelurahan lainnya sebagai Kampung Keluarga Berkualitas sehingga saat ini telah terbentuk, seluruh desa/keluarahan kampung sebanyak 101 sebagai keluarga berkualitas sesuai amanah Inpres No. 3 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas dan pada tahun 2023 ini, Alah Air dan Kundur merupakan lokasi proyekprioritas Nasional kependudukan RDK yang ada di kampung keluarga berkualitas. Sesuai dengan Undang - undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, di mana Desa mempunyai otoritas dalam melaksanakan perencanaan  dan intervensi pembangunan, maka sangat dibutuhkan data dan informasi penduduk di tingkat Desa yang memudahkan perangkat Desa dalam melakukan perencanaan dalam pelaksanaan maupun pembagunan. Untuk itu dengan adanya rumah data kependudukan RDK dan informasi keluarga sebagai kelompok kegiatan masyarakat yang berfungi sebagai pusat dan informasi kependudukan yang menyediakan data penduduk yang terbaru dan terpercaya sangat besar," ungkap Nurdin Srijaya, S.E., M.Si.


Ditempat yang salam. dilanjutkan Kepala BKKBN Provinsi Riau menyampaikan pentingnya pencegahan Stunting dan menjelaskan juga tentang pemahaman generasi kepada generasi menelial.

"Pentingnya pencegahan Stunting serta kita juga harus menjelaskan tentang pemahaman generasi kepada generasi menelial agar bisa menjadi generasi yang cerdas khususnya di Kabupaten Kepulauan Meranti," tuturnya.

Terkahir di sampaikan oleh Drs. H. Masrul Kasmy, M.Si menyampaikan tentang produk makan yang terbaik di kirimkan ke Negara lain yang tidak bagus malah di konsumsi sama kita.

"Catatan kita hari ini, gizi itu penting untuk kecerdasan anak remaja, supaya jangan lagi anak remaja tidak mengkonsumsi jenis makanan cepat saji, supaya generasi milenial mendapatkan protein yang lebih bagus lagi, untuk anak generasi kedepannya mendapatkan gizi yang cukup terutama karbohidrat, dan proten juga, sementara itu Kepulauan Meranti ini dengan khas Sagu, itu juga bisa untuk menambahkan gizi anak kita," sebut Drs. H. Masrul Kasmy, M.Si.

Diwaktu yang sama, terkait usulan dari Kades Alah Air tentang perbaikan Sungai, Drs. H. Masrul Kasmy, M.Si mengatakan bahwa untuk saat ini fokus ke pengerjaan jalan Kundur dan Kampung Balak.

"Saat ini kami fokus ke pengerjaan jalan Kundur dan Kampung Balak, akan tetapi usulan dari Pak Kades akan tetap kami sampaikan ke Pusat supaya dapat segera terealisasi," ungkap Drs. H. Masrul Kasmy, M.Si. (Zul Asbar)

Bagikan berita ini

Disqus comments