Masalah Keselamatan di Jalan Araya Residence, Karimun - TARGET RIAU

Rabu, 01 November 2023

Masalah Keselamatan di Jalan Araya Residence, Karimun


Karimun - Jalan aspal yang berlokasi di depan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sungai Raya, tepatnya di depan pintu masuk perumahan Araya Residence, kelurahan Sungai Raya, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, menjadi perhatian serius masyarakat setempat.

Permukaan aspal jalan ini dikhawatirkan melekuk cekung akibat penurunan yang disebabkan oleh beban berat kendaraan selama aktifitas penimbunan tanah merah oleh pihak perumahan Araya Residence.

Pihak perumahan Araya Residence dengan tegas menepis tanggung jawab atas kondisi aspal yang melekuk cekung ini, mengklaim bahwa lalu lintas berat lainnya juga melewati jalan tersebut, bukan hanya lori tanah urug.

Pihak Badan Pengusahaan Kawasan Kabupaten Karimun memberikan saran agar masalah ini dikonfirmasi langsung ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kabupaten Karimun.

Namun, Dinas PUPR kabupaten Karimun menganggap bahwa jalan tersebut merupakan jalan nasional.

“Meskipun begitu, pihaknyq akan menyampaikan masalah ini ke pejabat yang mengawasi jalan nasional tersebut,” ungkap salah satu yang enggan disebutkan namanya, Rabu 1 November 2023.

Dalam tanggapannya, dari Dinas PUPR kabupaten Karimun menegaskan bahwa ini adalah masalah serius yang berkaitan dengan keselamatan publik sebagai pengguna jalan.

“Jalan nasional tersebut menjadi sorotan karena berpotensi mengancam keselamatan masyarakat,” terangnya.

An, sebut saja namanya, seorang tokoh dalam perkumpulan masyarakat pesisir Teluk Paku dan sekitarnya (PMPTPS) yang fokus pada isu lingkungan hidup, mendesak Dinas PUPR kabupaten Karimun untuk mengambil tindakan konkrit dalam penanganan masalah ini.

An,mengacu pada Peraturan Bupati Karimun No. 16 tahun 2008 yang menetapkan visi dan misi Dinas PUPR, yang salah satunya adalah meningkatkan kehandalan infrastruktur jalan dan jembatan serta kualitas prasarana dan sarana fasilitas umum dan pemukiman yang layak, nyaman, tertib, dan terpelihara.

“Ini harus menjadi prioritas untuk menjaga keselamatan masyarakat sebagai pengguna jalan dan mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas,” jelasnya.

Kondisi jalan ini memerlukan perhatian serius dari pihak berwenang untuk mencegah potensi bahaya bagi pengguna jalan.

Dinas PUPR diharapkan segera mengambil tindakan yang diperlukan untuk memperbaiki dan memastikan keselamatan lalu lintas di jalan Araya Residence. (Azman)

Bagikan berita ini

Disqus comments