Perayaan HUT Meranti Ikuti Protokol Kesehatan - TARGETRIAU

Jumat, 11 Desember 2020

Perayaan HUT Meranti Ikuti Protokol Kesehatan

*Mulai Senin Seluruh Pegawai dan Swasta Berbusana Melayu, Kantor dan Rumah Warga Pasang Umbul-Umbul





MERANTI - Pandemi Covid-19 jangan sampai menyebabkan peringatan Hari Jadi Kabupaten (HUT) Meranti Ke-12 Tahun 2020 yang jatuh pada tanggal 19 Desember 2020 kehilangan moment, Kepulauan Meranti harus terlihat bergelora menjelang dan saat perayaan hari paling bersejarah bagi Negeri Sagu tersebut, untuk itu Pemerintah Kabupaten menghimbau kepada seluruh Pegawai ASN dan Swasta untuk mengenakan busana melayu, selain itu memasang Umbul-Umbul disetiap rumah dan kantor, demikian hasil rapat Peringatan Hari Jadi Meranti Meranti yang dipimpin langsung oleh Sekdakab. Meranti Dr. Kamsol, bersama OPD terkait, bertempat di Ruang Rapat Melati Kantor Bupati.

Turut hadir dalam rakor tersebut, Asisten III Sekdakab. Meranti H. Rosdaner, Asisten I Sekdakab. Meranti Syamsuddin SH MH, Inspektor Meranti Suhendri, Sekwan DPRD Meranti Ery Suhairi, Plt. Ka. Bappeda Meranti Rizki Hidayat, Kadis Perikanan Meranti Heldi Saputra, Kasatpol PP Meranti Helfandi SE M.Si, Kepala BPBD Meranti Idris Sudin, Kabag Humas dan Protokol Meranti Rudi MH, Kabag Hukum Sudandri SH, Kabag Ortal Meranti Widodo, Direktur RSUD Meranti Dr. Ria, Sekretaris Disduk Capil, Kabid Perhubungan Meranti Azwan, Kasubag RT Bagian Umum Sekda Meranti,  dan sejumlah pejabat lainnya.

Dalam rapat tersebut diputuskan peringatan HUT Meranti Ke-12 Tahun 2020, ditengah Pandemi Covid-19, tetap dilaksanakan, namun tentu berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena dibatasi oleh protokol kesehatan yang salah satunya mengamanatkan hindari kerumunan.

Namun yang rutin dilaksanakan tiap tahun termasuk tahun ini adalah sosialisasi ditengah masyarakat menyangkut moment HUT Meranti ini agar terus bergelora adalah dengan meminta Pegawai ASN dan Swasta untuk berbusana Melayu yang dimulai pada Hari Senin (14/12/2020), mendatang hingga perayaan HUT Meranti yang jatuh pada tanggal 19 Desember 2020, dan memasang Umbul-Umbul serta hiasan lainnya dikantor-kantor Pemerintahan dan Swasta serta rumah warga.

Agar himbauan ini dapat diketahui oleh warga diminta kepada Pihak Kecamatan, Desa dan Kelurahan untuk melakkan sosialisasi diwilayahnya masing-masing. Dan yang tak kalah penting adalah menbuat lingkungan khususnya disekitar Perkantoran dan Pertokoan serta gorong-gorong terlihat bersih dan asri dengan melakukan Gotong Royong masal. Direncanakan untuk GoRo masal ini akan digelar satu hari sebelum HUT Meranti yakni  Jumat (18/12/2020).

"Terkait GoRo Masal dan pemasangan Umbul-Umbul ini, kita minta kepada Camat, Kades dan Lurah agar dapat menyampaikan ini kepada masyarakat yang ada diwilayahnya masing-masing," ujar Sekda Kamsol.

Dalam Rakor awal tersebut juga disinggung mengenai kegiatan perayaan HUT Meranti Ke-12 Tahun 2020. Yang biasanya dirayakan dengan menggelar Upacara Bendera, dilanjutkan dengan Rapat Paripurna Hari Jadi, pembukaan Pameran Ekspo, kemudian malam harinya pergelaran Hiburan Rakyat yang dikemas dengan acara Kenduri Sekampung. Untuk tahun ini sesuai kesepakatan bersama dengan pertimbangan kondisi Pandemi Covid-19 yang melarang terjadinya kerumunan maka beberapa kegiatan diatas terpaksa dibatalkan dan digelar sederhana namun tak menghilangkan semangat Hari Hari Jadi Meranti ini.

Adapun yang masih tetap dilaksanakan namun tetap mengacu pada Protokol Kesehatan adalah

1. Upacara Bendera HUT Meranti Ke-12 Tahun 2020 yang dipusatkan dihalaman Kantor Bupati Meranti, berbeda dari tahun lalu jumlah peserta akan dibatasi dan menerapkan Protokol Kesehatan secara ketat 3 M (Memakai Masker, Mencucui Tangan dan Menjaga Jarak).

2. Rapat Paripurna Peringatan HUT Meranti dikantor DPRD, jumlah tamu didalam ruangan juga akan dibatasi maksimal 100 orang, namun tetap menyediakan tenda diluar ruangan untuk tamundan warga masyarakat lainnya.

3. Meniadakan Pameran dan Ekspo karena berpotensi meninbulkan kerumunan masa.

4. Meniadakan Hiburan Rakyat dan Kenduri Sekampung, diganti dengan Zikir dan Doa bersama yang dipusatkan di Masjid Agung Darul Ulum Selatpanjang, pada Hari Kamis Ba'da Maghrib (17/12/2020). Diacara ini bagi jemaah yang hadir panitia menyediakan Takjil dan Nasi Kotak untuk dinikmati.

Sepena Peringatan Hari Jadi Meranti Ke-12 Tahun 2020 ini, dikatakan Sekda Kamsol, Pemkab. Meranti tetap berupaya melaksanakannya dengan meriah namun harus tetap aman dari penyebaran Covid-19 dengan mematuhi ketentuan Protokol Kesehatan.

"Meski pelaksanaan HUT Meranti kita gelar ditengak Pandemi Covid-19, namun diharapkan harus tetap bergelora, kita minta partisipasi masyarakat untuk bersama-sama menyemarakan moment ini, dengan tetap menjaga Protokol Kesehatan," pungkas Sekda Meranti. (Humas Pemkab. Meranti).

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments