Polisi Terjunkan 126 Personel Amankan Pleno KPU Kepulauan Meranti - TARGET RIAU

Rabu, 16 Desember 2020

Polisi Terjunkan 126 Personel Amankan Pleno KPU Kepulauan Meranti




SELATPANJANG - Polres Kepulauan Meranti mengerahkan 126 personel untuk mengamankan rapat pleno terbuka rekapitulasi suara hasil Pilkada 9 Desember yang digelar Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat di Afifa Sport Center Selatpanjang, Rabu 16 Desember 2020.

Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIk, mengatakan, ratusan personel tersebut disebar di beberapa titik. Ada yang berjaga dalam ruangan rapat, di luar ruangan, area parkir, dan melakukan patroli.

"Sebanyak 126 personel, 96 dari Polres dan 30 dari Brimob BKO Polda Riau. Para personel ini diterjunkan untuk menjamin keamanan dan kelancaran rapat pleno rekapitulasi yang diselenggarakan KPU," kata Eko Wimpiyanto.

Sebelum rapat pleno dimulai, jelas Eko, pihaknya juga telah melakukan sterilisasi lokasi rekapitulasi. Sterilisasi ini merupakan bagian dari proses pengamanan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang telah ditetapkan.

"Kami ingin memastikan situasi Kepulauan Meranti tetap kodusif. Maka setiap tahapan, prosesnya kita kawal dengan menempatkan personel agar berjalan lancar," jelasnya.

Selain untuk menjaga situasi yang kondusif, personel juga bertugas mengawal penegakan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 selama berlangsungnya rapat pleno. Setiap orang yang masuk ruangan rekapitulasi wajib cuci tangan, di cek suhu tubuhnya, dan menggunakan masker.

"Jadi Insyaallah yang masuk sudah sangat steril. Dan di dalam ruangan juga wajib jaga jarak," beber Eko.

Diungkapkannya, pengamanan dilakukan dengan mengedepankan kegiatan preemtif, preventif dan penegakan hukum sehingga terwujud situasi kamtibmas yang kondusif.

"Kita harap semua pihak yang mengikuti rapat pleno terbuka ini dapat mengikuti tatib rapat secara baik," harapnya. (Humas Polres Meranti)

Bagikan berita ini

Disqus comments