Sekda Kamsol Pantau Stabilitas Harga dan Stock Sembako Disejumlah Pasar - TARGETRIAU

Minggu, 20 Desember 2020

Sekda Kamsol Pantau Stabilitas Harga dan Stock Sembako Disejumlah Pasar

*Stock Sembako Aman, Harga Masih Stabil



MERANTI - Memasuki akhir tahun menjelang hari besar Natal dan Tahun Baru 2021, biasanya terjadi kenaikan harga Sembilan Bahan Pokok (Sembako) yang diiringi dengan kelangkaan Stock disejumlah pasar di Kota Selatpanjang, untuk mengatasi hal itu Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti Dr. H. Kamsol bersama OPD terkait langsung melakukan pemantauan disejumlah pasar, Minggu pagi, (20/12/2020).

Turut mendampingi, Kepala Dinas Perkebunan dan Ketahanan Pangan Kepulauan Meranti Arief Rahman Hakim, Kadis Lingkungan Hidup Drs. H. Irmansyah M.Si, Kadis Perikanan Meranti Eldy Syahputra, Plt. Kadis PU Meranti H. Abu Hanifah, Sekretaris Penanaman Modal Meranti Tunjiarto, Kabid Trantib Pol PP Meranti Mardiana, Kabid Perdagangan Ade Suhartian, Bagian Humas dan Protokol Meranti serta pejabat lainnya.

Pasar pertama yang dikunjungi Sekda Kamsol dan rombongan adalah, Pasar Modern Pelabuhan I Selatpanjang, dilokasi ini Sekda melihat secara langsung aktifitas jual beli yang cukup menggeliat ditengah tekanan ekonomi dan Pandemi Covid-19 di Kepulauan Meranti. Sekda juga melakukan dialog dengan sejumlah pedagang Sembako yang mengaku harga masih tergolong stabil begitu juga ketersediaan stock. 

Begitu juga dengan harga Sembako yang dijual pedagang dan ketersediaan stock di Pasar Sungai Juling Selatpanjang, sejauh ini belum ada kelangkaan stock dan kenaikan yang signifikan.

Namun yang pasti harga Sembako di Kota Selatpanjang masih tergolong tinggi dibandingkan Kabupaten Kota lainnya, hal itu disebabkan karena Cost tambahan yakni transportasi menuju daerah Kepulauan Meranti dimana sebagian besar item Sembako masih dipasok dari Sumatera dan Jawa.

Sekedar informasi daei data yang dihimpun Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, harga Sembako dipasaran Selatpanjang masih stabil meski terjadi sedikit fluktuasi namun masih dalam batas kewajaran. Kenaikan terjadi kisaran 1000-5000 rupiah untuk Beras, 1 papan Telur, Cabai Merah, dan Daging Sapi.

Secara rinci sebagai berikut, 1. Beras Premium/Kg Rp. 13.000-14.000, Bawang Merah Rp. 35.000-36.000, Cabe Merah Rp. 50.000-52.000, Telur I Papan Rp. 22.000-24.000, Daging Sapi Rp. 130.000-135000, Sementara Gula Pasir, Minyak Goreng dan Tepung Terigu belum ada kenaikan.

Dalam kegiatan itu selain melakukan peninjauan harga dan stock Sembako disejumlah pasar, Sekda Meranti dan rombongan juga berkesempatan melihat gedung baru Pasar Modern yang telah selesai namun belum difungsikan, direncanakan nanti seluruh pedagang yang masih berjualan diluar pasar modern atau diruas jalan akan ditertibkan dan diminta masuk kedalam karena dinilai merusak keindahan kota serta biang kemacetan.

Kemudian Sekda juga mengecek gorong-gorong yang berada disepanjang jalan Iman Bonjol Selatpanjang, dalam pantauannya masih banyak masyarakat yang tidak tertip dengan membuang sampah sembarangan sehingga menyebabkan tersumbatnya parit. Untuk mengatasi hal ini Sekda meminta dinas terkait dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup Meranti untuk memperbanyak Tong Sampah dan lebih menggencarkan sosialisasi ditengah masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan serta keindahan kota. 

Terakhir Sekda dan rombongan juga berkesempatan melihat usaha UMKM pembuatan kue Semprong, disitu Sekda cukup takjub dengan kekuatan UKM yang tak terlalu terpengaruh dengan kondisi Pandemi Covid-19, dimana produksi dan penjualan tetap berjalan seperti biasa. (Humas Pemkab. Meranti).

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments