Sriwijaya Air Jatuh di Laut,Pengamat Ingatkan Faktor 3M dalam Penerbangan:Cuaca Jakarta Lagi Ekstrem - TARGETRIAU

Sabtu, 09 Januari 2021

Sriwijaya Air Jatuh di Laut,Pengamat Ingatkan Faktor 3M dalam Penerbangan:Cuaca Jakarta Lagi Ekstrem


MAKASSAR - Pesawat sriwijaya air rute Jakarta-Pontianak diperkirakan jatuh di laut. Sriwijaya Air SJ-182 ini kehilangan konttak sekitar pukul 14.30 WIB, Sabtu (9/1/2021).

Pengamat penerbangan Andi Isdar Yusuf mengatakan, dugaan Sriwijaya Air SJ-182 jatuh di laut karena kejadian disebutkan terjadi beberapa saat setelah pesawat ini takeoff dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Meski diduga jatuh di laut, Andi Isdar Yusuf menegaskan, penyebab jatuhnya Sriwijaya Air SJ-182 belum saatnya dibahas. Alumnus Universitas Hasanuddin Makassar ini yakin pihak berwenang pun masih akan fokus pada upaya penemuan pesawat dan evakuasi.

“Setelah itu dicari kotak hitam. Nah, setelah semuanya itu, barulah dilakukan pengkajian penyebab jatuhnya. Jadi terlalu dini kalau sekarang sudah dikaji penyebab jatuhnya,” kata Andi Isdar Yusuf.

Hanya saja, sehubungan dengan kehilangan kontak sriwijaya air rute Jakarta-Pontianak

di perkirakan terjadi di sekitar pukul 14,45 WIB, Andi Isdar Yusuf mengingatkan faktor 3M yang sudah sangat lazim dalam dunia penerbangan.

“Dalam dunia penerbangan dikenal 3M, Man, machine, dan media. Faktor 3M ini sangat menentukan dalam penerbangan,” kata Andi Isdar Yusuf via telepon, Sabtu (9/1/2021) petang

“Man adalah terkait manusia, skill dan jam terbang pilot dan kopilot. Machine terkait pesawat saat diproduksi dan digunakan oleh airline. Dan media terkait cuaca. Tiga hal inilah yang menentukan keselamatan kita dalam penerbangan,” jelas Andi Isdar Yusuf.

Tidak bermaksud menduga penyebab jatuhnya sriwijaya air rute Jakarta-Pontianak tersebut, Andi Isdar Yusuf mengatakan, bahwa cuaca Jakarta Sabtu (9/1/2021) siang-sore ini memang tergolong ekstren untuk penerbangan.

“Tapi saya yakin, kapten sudah konsultasi dengan petugas menara. Sebelum terbang, kapten berhak meminta penjelasan cuaca di rute yang akan diterbangi dari menara,” kata Andi Isdar Yusuf.

Pesawat udara Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ-182 dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta menuju Bandara Internasional Supadio Pontianak, Kalimantan Barat, dilaporkan hilang kontak, Sabtu (9/1/2020) siang.

Pesawat itu take-off pada pukul 14:36 WIB, namun hilang beberapa menit setelah mengudara.

Data dari situs Flightradar24.com, PK-CLC sepertinya kehilangan kontak di atas Laut Jawa.

Sriwijaya Air juga return to base di Bandara Makassar

Pesawat udara dari maskapai Sriwijaya Air bernomor penerbangan SJ-591 kembali mendarat return to base di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, di Maros, Sulawesi Selatan, Jumat (8/1/2021).

Penerbangan bernomor SJ-591 tujuan Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta di Cengkareng, Tangerang, Banten.

Informasi Sriwijaya Air SJ-591 return to base disampaikan salah seorang penumpang.

Situs monitor penerbangan sipil Flightradar24.com memang menunjukkan jika penerbangan bernomor SJ-591 bermasalah.(***)




Sumber : makassar.tribunnews.com

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments