Ridwan Kamil Pamer Mobil Listrik Pertama di Indonesia Untuk Patwal - TARGET RIAU

Senin, 08 Februari 2021

Ridwan Kamil Pamer Mobil Listrik Pertama di Indonesia Untuk Patwal


BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memperlihatkan mobil listrik pertama di Indonesia yang bakal digunakan sebagai mobil patwal (patroli dan pengawalan).

Dikutip dari postingan instagramnya, gubernur akrab disama Kang Emil ini menuturkan, mobil listrik itu dijadikan alat mobilisasi kepolisian, dan menjadi mobil Patwal yang bertugas di kantor Gubernur Jawa Barat.

"Ini mobil polisi pertama di Indonesia yang menggunakan mobil listrik. Mobil patwal yang bertugas di kantor Gubernur Jawa Barat," kata Kang Emil di akun Instagram pribadinya, dikutip Minggu (7/2).

Emil mengatakan, penggunaan mobil tanpa emisi bakal patroli dapat menekan anggaran operasional sampai 70 persen.

"Selain tidak merilis polusi dan kebisingan ke udara, Alhamdulillah banyak sekali menghemat biaya dan anggaran bulanan sampai 70 persen dibandingkan dgn anggaran rutin kendaraan bensin," ucapnya.

Tampak di foto yang diunggah Emil, mobil listrik yang digunakan sebagai patwal merupakan Hyundai Kona Electric. Mobil ini dirilis di Indonesia pada November 2020 berbarengan dengan peluncuran unit lain Hyundai, yakni Ioniq.

Kedua produk ini merupakan mobil listrik termurah di Indonesia, sebab harganya Rp600 jutaan atau berada jauh di bawah kompetitor yang sudah meluncur lebih dahulu atau di atas Rp1 miliar antaranya BMW i3S dan Tesla.

Mobil listrik yang diunggah Emil ini terlihat telah disesuaikan dengan kebutuhan kepolisian seperti pemasangan lampu strobo pada bagian atap, serta striping biru-merah yang lengkap dengan logo kepolisian pada bagian pintu.

Di postingan itu, Emil juga mengajak masyarakat menerapkan gaya hidup sehat dengan ramah lingkungan.

"Mari perlahan menuju gaya hidup ramah lingkungan dan ramah terhadap penghasilan,". Imbaunya.(***)




Sumber : m.otonominews.co.id

Bagikan berita ini

Disqus comments