Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. M Adil - H. Asmar Ikuti Acara Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1442 H di Masjid Darul Ulum Selatpanjang - TARGETRIAU

Sabtu, 13 Maret 2021

Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. M Adil - H. Asmar Ikuti Acara Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1442 H di Masjid Darul Ulum Selatpanjang


MERANTIBupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil SH dan Wakil Bupati AKBP. (Purn) H. Asmar mengikuti acara Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1442 H, pada kesempatan itu Bupati berharap momentum itu dapat lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan masyarakat di Kepulauan Meranti sehingga Meranti menjadi negeri yang Baldatun, Toyibatun, Warobbun, Ghafur, bertempat di Masjid Darul Ulum, Selatpanjang, Jumat malam (12/3/2021).

Turut hadir, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti Dr. H. Kamsol, Al-Ustadz Safwan Muhajir, Ketua MUI H. Mustafa, Kepala Badan/Dinas Dilingkungan Pemkab. Meranti, Tokoh Masyarakat/Agama, Imam Masjid, Ustadz Fauzy, Ustadz Al-Jufri, serta para Jemaah Masjid Agung Darul Ulum.

Dalam sambutannya dihadapan para ulama dan jemaah Masjid Agung Darul Ulum, dikatakan Bupati H.M Adil, untuk mewujudkan Meranti Maju, Cerdas dan Bermartabat, bukan perkara mudah dibutuhkan kerjasama dan dukungan semua pihak, terutama para Ulama dan Imam Masjid yang selalu berdoa kepada Allah SWT agar negeri Sagu senantiasa diberikan keberkahan dan dijauhi dari segala mara bahaya.

Untuk itu agar para Imam Masjid dapat melaksanakan fungsinya dengan baik dalam upaya memakmurkan masjid melalui gerakan sholat berjamaah dan kembali menggaungkan magrib mengaji ditengah masyarakat, Bupati H.M Adil berjanji akan memberikan bantuan honor dan memberangkatkan Umroh kepada para Imam.

"Nanti kita akan memberangkatkan Umroh para Imam Masjid dananya akan kita siapkan," ujar Bupati.

"Mari kita jadikan Sholat sebagai kebiutuhan utama dalam mengatungi kehidupan didunia," ucapnya lagi.

Selanjutnya, Bupati H.M Adil juga menyampaikan beberapa program yang akan dilaksanakannya dimasa Kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati H.M Adil-H. Asmar.

Seperti pembangunan jalan penghubung dan lingkar Kecamatan hingga Kabupaten sepanjang 929 KM dengan total anggaran yang dibutuhkan 2.3 T.  


Mencetak 50 orang Sarjana S1, 5 Master (S2), Doktor (S3) dan 2 Dokter ditiap desa.

"Untuk ini kita sudah siapkan anggaran 12.5 Miliar/Tahun, nantinya anak anak Meranti yang cerdas akan kita sekolahkan sehingga untuk mengisi kebutuhan tenaga pegawai di Pemerintahan tidak perlu lagi dari luar cukup diisi oleh anak-anak Meranti," jelas Bupati.

Ketiga akan meningkatkan pelayanan kesehatan dengan membangun Gedung Baru RSUD Meranti dengan kapasitas 100 Kamar. Dan menaikan Type RSUD Meranti dari Type C ke Type B. Termasuk juga dengan melakukan penambahan 10 tenaga Dokter Spesialis, dan penerapan pelayanan "Ketuk Pintu Layani Dengan Hati".

"Sehingga masyarakat Meranti tidak perlu lagi berobat keluar daerah karena disini sudah tersedia, dan jangan sampai ada maayarakat Meranti yang tidak bisa berobat karena tidak punya uang, nanti petugas kita dengan konsep "Ketuk Pintu Layani Dengan Hati" akan mendatangi rumah masyarakat untuk mendengarkan segala bentuk keluhan warga," jelas Bupati lagi.

Selanjutnya meningkatkan kesejahteraan seluruh Guru Ngaji, Imam Masjid, Guru Agama akan mendapatkan honor. Dan Guru Komite akan diangkat menjadi honor daerah dengan gaji 2 Jt/Bulan.

Mengupayakan pemberangkatkan Umroh  374 orang Imam Masjid dan Pegawai berprestasi.

"Untuk Umroh gratis ini kita sudah siapkan anggaran 6 Miliar, semoga saat di Mekah nanti para Imam Masjid dapat mendoakan Meranti menjadi Kabupaten yang Baldatun, Toyibatun, Warobbun Ghofur," ucap Bupati Adil.

Keenam akan mencetak ribuan usahawan melalui pemberian Ternak Sapi, Kambing dan Ayam petelur untuk dikembangkan. Kemudian memberikan pelatihan di BLK agar anak-anak muda Meranti bisa mandiri dan mampu membuka peluang usaha dalam rangka menekan angka pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Akan menampung produksi Beras Ladang dan Sagu Petani Meranti untuk diserahkan kepada Para Pegawai ASN sebagai bantuan Sembako, Para Penerima PKH, serta UMKM.

"Kita membutuhkan 48 Ton Beras dan Sagu yang akan dikonsumsi oleh 41 Ribu KK, dengan begitu harga Beras dan Sagu Petani Meranti akan naik para petani semakin sejahtera," jelas Bupati Adil. 


Kemudian untuk pemenuhan kebutuhan dasar akan menyediakan fasilitas air bersih PDAM yang diupayakan menggunakan dana APBN.

Pelayanan prima dibidang administrasi kependudukan melalui pembuatan KTP dan KK sehari selesai dengan pemanfaatan teknologi IT.

Dan yang tak kalah penting mengupayakan semua masyarakat miskin mendapatkan bantuan PKH, BLT dan lainnya.

"Semua masyarakat miskin yang layak menerima PKH tapi belum masuk daftar akan kita masukan sebagai penerima PKH," ungkap Bupati.

Selanjutnya dalam dalam kegiatan Isra' Mi'raj tersebut juga digelar Tausiah Agama yang disampaikan oleh Al-Ustadz Safwan Muhajir, dalam pencerahannya Ustadz asal Pekanbaru tersebut mengajak kepada seluruh Jemaah untuk menjalankan 5 hal yang diyakini dapat melembutkan hati dan mampu membawa setiap muslim ke syurga Illahi.

Untuk melembutkan hati yang keras pertama perbanyak berbuat baik meskipun terkesan sepele seperti membersihkan kotoran yang ada di masjid, kedua perbanyak duduk dimajelis ilmu, ketiga jangan suka meremehkan orang.

"Jika amalan ini dijalankan hati manusia yang keras akan dilembutkan dan saat hisab di Padang Masyar akan dimudahkan," ujar Al-Ustadz Safwan Muhajid.

Kemudian Al-Ustadz yang juga menjabat Wakil Ketua Mubalig Riau dan pengurus LPTQ Riau itu juga memaparkan 5 hal yang dapat membawa kaum muslimin ke Syurga Illahi yakni, Menjaga waktu sholat, Membaca Al-Quran meskipun hanya beberapa ayat, Menjaga hubungan silahturahim, Menjaga apa yang dimakan, dan budayakan sedekah.

Usai penyampaikan Tausiahnya kegiatan Isra' Mi'raj tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti ditutup oleh Ustadz Safwan Muhajir dengan membaca doa agar Meranti senantiasa diberikan keberkahan dan kemakmuran oleh Allah SWT. (Humas Pemkab. Meranti).

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments