Bupati H. M Adil Gelar Pertemuan Dengan Kepala Sekolah SD, Himpun Masukan dari Guru Majukan Dunia Pendidian Meranti - TARGET RIAU

Kamis, 18 Maret 2021

Bupati H. M Adil Gelar Pertemuan Dengan Kepala Sekolah SD, Himpun Masukan dari Guru Majukan Dunia Pendidian Meranti


MERANTI - Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil SH, menggelar pertemuan dengan para Kepala Sekolah SD Se-Kabupaten Kep. Meranti, kegiatan silahturahmi sekaligus menghimpun masukan dari para guru dalam rangka meningkatkan kualitas SDM melalui peningkatan kualitas dunia pendidikan Meranti, dipusatkan di Aula SMAN 2 Selatpanjang, Kamis (18/3/2021).

Hadir dalam acara itu, Kadis Pendidikan Meranti Triyono, Sekretaris Dinas Pendidikan Meranti Hj. Syarifah Zuma, Kabid Pembinaan SD Dinas Pendidikan Meranti Syafrizal, dan Kepala Sekolah SD Se-Kabupaten Meranti.

Dalam pengarahannya, Bupati Kepulauan Meranti H.M Adil, menegaskan komitmennya untuk meningkatkan Kualiatas Sumber Daya Manusia (SDM), sesuai dengan Program dan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Meranti H.M Adil-H. Asmar, melalui peningkatan kualitas pendidikan di Meranti.

Untuk itu ia berharap kepada para guru khususnya Kepala Sekolah SD Se-Meranti untuk dapat bekerja serius tulus dan ihklas dalam memajukan dunia pendidikan Meranti. 

"Saya minta kepada guru cukup memikirkan bagaimana upaya mencerdaskan anak-anak Meranti, dengan tulus dan ikhlas jangan berfikir yang lain," ujar Bupati.

Agar para guru dapat bekerja fokus dan konsen mengawal suksesknya dunia pendidikan Meranti, Bupati H.M Adil juga menyampaikan komitmennya untuk mensejahterakan para guru. Salah satunya dengan mengangkat seluruh guru komite menjadi guru honor Kabupaten dengan gaji 2 Juta perbulan. 

Dan bagi guru ASN, Mantan Legislator DPRD Riau 2 Periode itu juga mengintruksikan OPD terkait, untuk membayarkan Insentif dan sertifikasi guru yang sebelumnya dengan sistem rapel/semester menjadi tiap bulan.


"Saya telah meminta kepada BPKAD untuk membayarkan semua hak guru setiap bulan, jangan ditunda-tunda," ucapnya.

Selanjutnya dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pengajar, Bupati H.M Adil, menegaskan setiap guru harus memiliki kompetensi dan profesionalitas sehingga kualitas belajar mengajar kepada peserta didik dapat meningkat. Untuk meningkatkan kualitas guru tersebut, Bupati H.M Adil akan memperbanyak pemberian pelatihan kepada para guru di Meranti. 

Dan yang luar biasa adalah akan memberikan Bea Siswa gratis S2 dan S3 kepada para guru dan Kepala sekolah yang ingin melanjutkan pendidikan.

"Bagi guru dan Kepala Sekolah yang ingin melanjutkan pendidikan S2 dan S3 kita sekolahkan gratis. Pemkab. Meranti telah menggarkan dana 12.5 Miliar untuk biaya pendidikan S1 sampai Program Doktor,  termasuk juga Dokter Umum," jelas Bupati yang langsung disambut tepuk tangan oleh para guru.

Kemudian dalam upaya membantu mobilitas peserta didik berangkat sekolah dan mengaji di Masjid, sesuai dengan program Bupati H.M Adil, akan memberikan sepeda gratis kepada siswa Kelas 4 SD hingga Kelas 2 SMP. 

"Kita telah menganggarkan dana dalam APBD-P untuk pengadaan sepeda bagi anak-anak Meranti, Insha Allah tahun ini juga akan direalisasikan," ucapnya.

Kemudian dalam upaya memajukan dunia pendidian Meranti Bupati H.M Adil juga menyampaikan beberapa penegasan diantaranya adalah :

1. Akan meroling guru-guru yang berprestasi yang sudah lama bertugas di Kota untuk ditugaskan membenahi sekolah-sekolah yang ada di Desa. 
2. Meminta kepada para Kepala Sekolah baik negeri maupun swasta mulai saat ini tidak lagi melakukan pengangkatan guru honor secara sepihak jika ditemukan akan dikenakan sanksi berat.

Selanjutnya, Bupati H.M Adil, juga membuka ruang dialog untuk menghimpun masukan dari para guru dalam upaya memajukan dunia pendidikan Meranti, termasuk juga menyangkut peningkatan kesejahteraan guru. 

Ada beberapa hal yang disampaikan oleh para Kepala Sekolah, diantaranya penambahan ruang kelas, pengadaan jaringan internet untuk penunjang proses belajar mengajar, pembayaran dana sertifikasi, hingga penambahan tenaga pengajar disekolah yang menerapkan kelas jauh, serta dana BOS Daerah.

Menyikapi usulan tersebut, Bupati H.M. Adil akan mengkaji sesuai skala prioritas dengan Dinas Pendidikan Meranti. Jika dinilai urgen dan harus diadakan segera akan dilaksanakan seperti pengadaan ruang kelas untuk sekolah jauh di Nerlang Tebing Tinggi Timur. Untuk menunjang proses belajar mengajar disana Bupati berjanji akan menangun 4 ruang kelas baru.

"Untuk di Nerlang kita akan bangun 4 ruang kelas baru," ujar Bupati.

Selanjutnya juga, Bupati H.M Adil, juga membuka kesempatan kepada para guru untuk menyampaikan berbagai keluhan dan permasalahan yang dihadapi dalam proses belajar mengajar disekolah. Dengan memberikan nomor kontak pribadi Bupati.

"Jika ada permasalahan dalam proses belajar mengajar silahkan hubungi saya dinomor 08127569509," ucap Bupati.

Kedepan Bupati H.M. Adil juga berencana akan menerapkan konsep Smart City yang didukung dengan teknologi IT, sehingga para guru dan Kepala Sekolah yang ingin berkomunikasi dengan Bupati dapat memanfaatkan teknologi tersebut. (Humas Pemkab. Meranti).

Bagikan berita ini

Disqus comments