Jalin Kerjasama dan Silahturahmi, Direktur PCR dan Rombongan Kunjungi Pemkab. Meranti - TARGETRIAU

Rabu, 09 Juni 2021

Jalin Kerjasama dan Silahturahmi, Direktur PCR dan Rombongan Kunjungi Pemkab. Meranti

Siap Bantu Wujudkan Program Smart City H. Adil-H. Asmar


MERANTI - Direktur Politeknik Caltex Riau (PCR) Dr. Mohammad Yanuar Heriyawan beserta rombongan mengunjungi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, kunjungan itu untuk menjalin silahturahmi sekaligus kerjasama dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Kepulauan Meranti, bertempat di ruang Rapat Melati, Kantor Bupati, Rabu (9/6/2021).

Kedatangan Direktur PCR dan rombongan disambut langsung oleh Wakil Bupati AKBP (Purn) H. Asmar didampingi Sekretaris Daerah Dr. H. Kamsol MM, Kepala Dinas Pendidikan Meranti dan OPD terkait.

Dalam pertemuan itu, Direktur Politeknik Caltex Riau (PCR) Dr. Mohammad Yanuar Heriyawan, menjelaskan maksut kedatangannya kepada Wakil Bupati Meranti yakni untuk melakukan silahturahmi sekaligus menjalin kerjasama dengan Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kualitas SDM di Meranti khususnya dibidang teknologi.

Seperti dijelaskan M. Yanuar, Politeknik Caltex Riau merupakan Perguruan Tinggi Vokasi yang fokus menunjang penguasaan keahlian terapan terpadu, dimana kampus yang dipimpinnya hadir untuk menyiapkan SDM yang profesional dbidang IT, Bisnis dan Teknologi Tepat Guna.


Seiring perkembangannya kampus yang berdiri sejak tahun 2001 tersebut telah berhasil menjadi kampus swasta yang diperhitungkan di Riau dan Nasional. 

"Saat ini 64 persen program pendidikan kami sudah terakreditasi A, dan meski barusia muda namun sudah diakui sebagai Politeknik swasta terbaik 7 di Indonesia," jelas M. Yanuar.

Keberhasilan itu dikatakan Yanuar, didukung oleh pola belajar yang diterapkan oleh PCR Riau kepada para mahasiswa yang lebih mengedepankan pada praktek dibandingkan teory. 

"Pola yang kami terapkan dalam sistem pengajaran 70 persen praktek dan 30 persen teory, dan kedepan kami mencoba menjawab tantangan dengan menjadi PCR sebagai Kampus Merdeka dengan memasukan kegiatan diluar kampus dalam SKS," jelasnya lagi.

Selanjutnya sebagai Kampus yang fokus dalam pengambangan bidang IT,  seperti dikatakan Direktur PCR M. Yanuar siap bekerjasama untuk mewujudkan program Smart City yang menjadi salah satu program unggulan Bupati dan Wakil Bupati H.M Adil-H. Asmar.


Menyikapi hal itu, Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Asmar, menyambut baik maksut dan tujuan PCR tersebut karena selaras dengan Program Strategis yang sedang digesa oleh Pemkab. Meranti. Ia berharap dengan hadirnya PCR dalam mendukung peningkatan kualitas SDM di Meranti dapat mencetak generasi muda Meranti yang dapat menerapkan teknologi tepat guna dalam menggali semua potensi daerah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Karena daerah kita terdiri dari daratan dan lautan kita berharap penerapan teknologi tepat guna bukan saja dapat dilakukan didarat tapi juga dilaut sesuai kebutuhan masyarakat," ujar Wabup.

Senada dengan Wakil Bupati, Sekretaris Daerah H. Kamsol juga menilai Informasi dan Teknologi (IT) di Era Distrubsi saat ini merupakan suatu hal yang mutlak untuk dikuasai generasi muda Meranti, sebab tanpa menguasai Sain yang didukung oleh ahlak dan budi pekerti yang baik menurut Sekda anak-anak Meranti akan sulit bersaing.

Iapun berharap kepada pihak PCR kedepan dapat mengundang anak-anak Meranti untuk berkunjung ke PCR untuk melihat berbagai fasilitas pengajaran yang ada disana, dengan harapan mampu menumbuhkan minat mereka untuk mendalami ilmu IT yang nantinya dapat berguna untuk membangun daerah menuju Meranti Maju, Cerdas dan Bermartabat. (Prokopim Meranti).

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments