Apel dan Paripurna Hari Jadi Kabupaten Kepulauan Meranti Ke -13, Bupati : Akan Saya Perjuangkan Meranti, Tegur Jika Salah - TARGETRIAU

Minggu, 19 Desember 2021

Apel dan Paripurna Hari Jadi Kabupaten Kepulauan Meranti Ke -13, Bupati : Akan Saya Perjuangkan Meranti, Tegur Jika Salah


MERANTI - Suasana haru dan bahagia bercampur padu dalam peringatan Hari Jadi Kabupaten Kepulauan Meranti yang ke-13, 19 Desember 2021. Berbagai kegiatan dan perlombaan juga diadakan. 

Para tokoh pejuang pemekaran juga turut ambil bagian. Hari jadi ini ibarat hari raya, jadi ajang silaturahmi dan reuni mengenang perjuangan waktu lampau memekarkan Kepulauan Meranti dari kabupaten induk, Bengkalis. Lantunan doa dan mengheningkan cipta juga dihaturkan kepada para pejuang pemekaran yang telah lebih dahulu dipanggil Yang Maha Kuasa.

Sejak pagi, halaman kantor bupati di Jalan Dorak Selatpanjang telah ramai dipenuhi para tamu undangan berpakaian melayu. Lengkap dengan tanjak dan songket.


Berbagai rangkaian kegiatan pun dilaksanakan. Mulai dari apel hari jadi yang disisip kegiatan pelantikan 29 kepala desa di Kepulauan Meranti. Kemudian dilanjutkan dengan Rapat Paripurna Hari Jadi di Balai Sidang DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti, diikuti Bupati H. Muhammad Adil, Wakil Bupati H. Asmar dan Ketua DPRD Ardiansyah serta seluruh anggota dewan.

Bupati Kepulauan Meranti, H. Muhammad Adil yang sempat berbincang dengan para pejuang pemekaran berjanji siap melanjutkan perjuangan dan cita-cita pemekaran. Dia juga meminta kinerjanya diawasi sehingga apa yang menjadi mimpi para pejuang dapat diwujudkan.

"Tolong tegur jika salah, dipukul pun saya terima. Awasi pemerintahan kami, akan saya perjuangkan cita-cita dan mimpi para pejuang pemekaran untuk menjadikan Kepulauan Meranti yang lebih baik kedepannya," kata Bupati Adil.


Penetapan Kepulauan Meranti sebagai daerah otonomi baru, kata Adil, merupakan berkah dan nikmat yang tak terhingga dari Allah. Berbagai aspek pembangunan yang merupakan implementasi dari pemekaran telah dapat dinikmati.

"Putra-putri terbaik Meranti juga mengisi berbagai jabatan di pemerintahan daerah. Suatu kenyataan yang sangat minim sebelum kabupaten ini terbentuk," ujarnya. 

Atas dasar itu, sudah seyogyanya ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pendahulu serta para pejuang pemekaran selaku founding fathers pembentukan Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Kita hari ini dapat menikmati berbagai peluang jabatan, pekerjaan dan fasilitas pembangunan berkat jasa dan pengorbanan mereka dalam mewujudkan ide-ide terbentuknya daerah yang kita cintai dan banggakan ini," ajak Bupati.


Lebih lanjut ia mengatakan, bila merefleksikan kembali masa perjuangan pemekaran dulu, begitu banyak kenangan yang tak mungkin dilupakan. Tetesan keringat, waktu, pikiran, dan materi telah dikorbankan dalam perjuangan membentuk pemerintahan daerah yang berdiri sendiri. 

"Begitu banyak tokoh yang berjasa atas perjuangan besar ini bahkan diantaranya sudah tidak lagi bersama kita karena sudah dipanggil Yang Maha Kuasa," ungkapnya 

Dia juga mengajak para hadirin untuk bersama mengheningkan cipta sejenak mendoakan para pejuang yang sudah mendahului. "Semoga mereka husnul khotimah dan ditempatkan pada tempat yang layak di sisi Allah," tuturnya.

Bupati kedua Meranti itu juga mengajak seluruh masyarakat untuk memaknai momentum hari jadi ini untuk bermuhasabah dan introspeksi. Menggunakan cara berfikir konstruktif, kreatif dan memiliki solusi atas permasalahan-permasalahan yang dihadapi sehingga jadi modal besar bagi kemajuan daerah. 


"Kita harus meninggalkan cara berfikir destruktif, saling mencari kesalahan dan saling menghujat. Mindset seperti ini justru akan membawa daerah ini pada kemunduran yang merugikan kita semua. Ingat, kabupaten ini dibentuk agar kita secara perlahan-lahan dapat maju bersama, saling membantu, dan sejahtera bersama," harapnya.

Dalam sidang paripurna itu, Bupati Adil juga menyampaikan berbagai program pembangunannya dalam mewujudkan Meranti maju, cerdas dan bermartabat. Untuk itu dia berharap dukungan segenap elemen masyarakat untuk mendukung pemerintahan yang dinakhodainya bersama Wakil Bupati, H. Asmar.

"Terimakasih para pejuang, takkan padam semangat kami membangun Meranti menuju kabupaten yang maju, cerdas dan bermartabat. Selamat hari jadi Kepulauan Meranti," tutupnya.


Senada dengan Bupati, Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti, Ardiansyah juga menyampaikan terimakasih atas nama lembaganya kepada para pendahulu dan pejuang pemekaran. 

"Dengan hormat kami menyampaikan terima kasih atas jasa dan pengabdian terbaik kepada daerah Kabupaten Kepulauan Meranti yang sama-sama 
kita cintai dan banggakan," tuturnya.

Dia pun mengajak semua pihak untuk menumbuhkan rasa cinta dan rasa memiliki terhadap Kabupaten 
Kepulauan Meranti sehingga terpatri dalam dada, tercermin dalam sikap dan terwujud dalam laku setiap diri pribadi masyarakat.

"Rasa cinta dan bangga terhadap daerah ini harus termanifestasi dalam kerja 
keras, kerja ikhlas dan kerja cerdas sesuai dengan potensi dan profesi kita masing masing, sehingga tema HUT Meranti Maju, Cerdas dan Bermartabat tersebut, tidak hanya indah dalam tataran kognisi dan retorika, tapi menjelma dalam implementasi dan karya nyata," ujar laki-laki yang akrab disapa Jack itu.


Salah seorang tokoh pejuang pemekaran sekaligus Ketua Pemuda Pancasila Meranti, Asnan Mahadar, mengaku siap mendukung program pemerintah kabupaten dalam upaya pembangunan daerah.

"Lanjutkan semua program kesehatan, pendidikan dan lainnya. Jangan sampai putus di tengah jalan. Pesan kami tolong tetap perhatikan yayasan pejuang, Ormas dan OKP di Meranti ini. Mohon diakomodir agar tertib dan bersatu membantu pemerintah membangun daerah," sebut lelaki yang akrab disapa Ayah Nan itu.

Hadir dalam kegiatan tersebut, para tokoh pejuang pemekaran, Forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, kepala OPD, ketua Ormas dan OKP serta perwakilan elemen masyarakat lainnya.(Adv)

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments