Malam Puncak dan Kenduri Sekampung Hari Jadi Desa Banglas ke 110 - TARGETRIAU

Rabu, 22 Desember 2021

Malam Puncak dan Kenduri Sekampung Hari Jadi Desa Banglas ke 110


MERANTI - Perayaan malam Puncak dan Kenduri Sekampung Hari Jadi Desa Banglas ke 110, Selasa (21/12/2021) malam berlangsung meriah. Dihadiri ratusan masyarakat dan tersedia berbagai juadah makanan juga disediakan oleh panitia.

Sebelumnya, Bupati Kepulauan Meranti, H. Muhamad Adil bersama Wakil Bupati, H. Asmar beserta Ketua DPRD, Ardiansyah dan rombongan Forkopimda diarak menuju lokasi acara di halaman Kantor Desa Banglas. 

Tabuhan kompang, pembawa bunga manggar dan pasukan Pramuka membawa obor dan bendera merah putih tampak mengiringi. Tak tinggal, siraman beras kunyit dan pencak silat ikut menyambut bupati dan rombongan.

Ketua Panitia Pelaksana, Trisna Riski dalam laporannya menyampaikan kegiatan tersebut merupakan ajang silaturahmi antara masyarakat Desa Banglas dengan pemerintah desa dan kabupaten.

"Bersamaan dengan hari jadi Desa Banglas ke 110 ini juga dilakukan serah terima jabatan antara Pj. Kepala Desa dengan Kepala Desa Terpilih. Sekaligus pembakuan sejarah pembentukan Desa Banglas yang telah dikaji oleh tim," ujarnya.

Tokoh masyarakat Desa Banglas yang juga Ketua Majelis Kerapatan Adat LAMR Kepulauan Meranti, Ridwan Hasan yang diminta petuah dan nasihatnya mengharapkan generasi muda terus berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi kemajuan Desa Banglas. 

"Sebagai orangtua di kampung, saya berharap anak kemanakan, cucu dan cicit untuk saling doa mendoakan dan saling menasehati. Dengarkan sungut (nasehat) orang-orang tua untuk kemajuan kampung kita ini," tuturnya.


Kepala Desa Banglas, Abd. Zaid menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada jajaran pemerintah kabupaten dan Forkopimda Kepulauan Meranti yang telah sudi meramaikan kegiatan itu. 

"Kami sangat mengharapkan dukungan dan perhatian dari Pemkab Kepulauan Meranti untuk kemajuan Desa Banglas kedepannya. Terimakasih juga kepada masyarakat yang antusias meramaikan kegiatan malam ini dan sumbangan juadah makanannya," kata Kades Banglas itu.

Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, H. Muhamad Adil mengharapkan kepala desa terpilih dan jajarannya untuk menyatukan persepsi bersama dalam mendukung program strategis pemerintah kabupaten mewujudkan Meranti maju, cerdas dan bermartabat.

"Dalam penyusunan program dan APBDesa harus mengacu kepada program strategis Pemkab Kepulauan Meranti. Jangan sampai kabupaten mau masyarakatnya cerdas, desa malah maunya lain," kata Bupati Adil.

Dia juga mengingatkan kepala desa terpilih untuk merangkul semua pihak dalam menjalankan program pemerintah desa. Begitu juga masyarakat diminta tidak lagi terkotak-kotak dikarenakan proses pemilihan kepala desa sudah berlalu.

"Lupakan perselisihan selama Pilkades. BPD sebagai pengawas, mari dukung program kepala desa bersama masyarakat. Jika ada yang salah silahkan tegur. Termasuk awasi kinerja kami, bupati dan wakil bupati," ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penandatanganan prasasti Hari Jadi Desa Banglas ke 110 oleh Bupati Adil dan pembacaan syair Hikayat Desa Banglas. Kegiatan ditutup dengan joget mak lodeh dan lagu-lagu lama khas 60-an yang diramaikan oleh Bupati Adil dan Wabup Asmar bersama seluruh pimpinan Forkopimda. 

Bagikan berita ini

Disqus comments