Wujudkan Program Meranti Cerdas, Meranti Gandeng Polbeng dan STAIN Bengkalis - TARGETRIAU

Rabu, 15 Desember 2021

Wujudkan Program Meranti Cerdas, Meranti Gandeng Polbeng dan STAIN Bengkalis


BENGKALIS - Setelah melaksanakan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia, baik di Pulau Jawa dan Sumatera, Pemkab Kepulauan Meranti kembali melaksanakan kerjasama dengan Politeknik Negeri Bengkalis dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis.

Upaya untuk mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul bagi generasi daerah tersebut, dilakukan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Pemkab Kepulauan Meranti dengan dua perguruan tinggi negeri tersebut.

"Atas nama pemerintah kabupaten, kami mengucapkan terimakasih atas kesediaannya untuk bersinergi membangun SDM anak-anak Meranti sehingga bisa bermanfaat bagi orang banyak," kata Bupati Kepulauan Meranti, H.M Adil sebelum penandatanganan Nota Kesepahaman di Aula Politeknik Bengkalis, Selasa (14/12/2021).

Dia menerangkan, meski saat ini APBD Kepulauan Meranti dalam keadaan terbatas, namun pihaknya tetap komit memaksimalkan anggaran di sektor pendidikan. Hal itu untuk mewujudkan Meranti cerdas sebagai program strategis pemerintahannya mengangkat Meranti dari ketertinggalan. 

"Harapan saya bisa memasukkan sebanyak mungkin anak-anak Meranti ke perguruan tinggi dengan target 5000 beasiswa hingga S3," ujarnya.

Dengan banyaknya anak Meranti yang lulus dari perguruan tinggi, bisa mengisi kekosongan banyak bidang pekerjaan yang dibutuhkan oleh daerah. Menurutnya, jika jabatan yang ada diisi oleh anak-anak setempat, diharapkan rasa memilikinya akan lebih tinggi dan adaptasinya pun lebih cepat.

"Ini tujuan utama dari visi kita. Saya berharap dari MoU ini, pihak kampus juga bisa memberikan pendampingan, penelitian dan pengembangan masyarakat di Meranti," harap orang nomor satu di Kepulauan Meranti itu.

Wakil Direktur I Bidang Akademik Politeknik Negeri Bengkalis, Armada, ST, MT menyambut baik upaya dari Pemkab Kepulauan Meranti menjadikan perguruan tinggi tersebut salah satu lembaga yang dipercaya untuk meningkatkan SDM unggul di Meranti.

"Ini kehormatan besar bagi kami bisa berkolaborasi dengan Pemkab Meranti untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya di bidang Pokasi," tuturnya.

Dijelaskannya, kampus yang menerima mahasiswa angkatan pertama di tahun 2001 itu telah menjadi perguruan tinggi negeri sejak tahun 2011. Saat ini di Politeknik Negeri Bengkalis tercatat sebanyak 2.600 mahasiwa dengan 126 dosen dan 18 jurusan D3 dan D4 atau sarjana terapan.

"Mahasiswa kami ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Kami juga telah menjalin kerjasama industri dengan berbagai perusahaan besar, seperti PT. Chevron, PT. Indah Kiat dan banyak perusahaan lainnya," sebut Armada.

Sementara itu, Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis, Wira Sugiarto, S.IP, M.Pdi mengatakan kehadiran kampusnya bukan hal baru di Kepulauan Meranti.
Dulunya bernama Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah yang berdiri di tahun 1998.

"Persentase mahasiswa Meranti di STAIN sendiri berada di peringkat kedua setelah Bengkalis," terangnya.

Bahkan menurutnya, banyak pejabat dan dosen STAIN Bengkalis berasal dari Kabupaten Kepulauan Meranti. Saat ini ada lebih kurang 3000 mahasiwa yang belajar di kampus tersebut.

"Untuk diketahui, Ketua BEM STAIN berasal dari Tanjung Samak dan Wakilnya dari Desa Mengkopot. Jadi dua-duanya ini anak Meranti," terangnya.

Hadir mendampingi Bupati H.M Adil dalam penandatangan nota kesepahaman itu sejumlah kepala OPD dan pejabat di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti.

Bagikan berita ini

Disqus comments