Bupati H. Muhammad Adil, S.H Buka Secara Resmi Rancangan Awal RKPD Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2023 - TARGETRIAU

Senin, 31 Januari 2022

Bupati H. Muhammad Adil, S.H Buka Secara Resmi Rancangan Awal RKPD Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2023


MERANTI - Bupati Meranti H Muhammad Adil SH Buka Secara Resmi Buka Kegiatan Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2023 di Gedung Afifa Lantai II.(31/01/2022).

Turut hadir dalam acara tersebut Kapolres Meranti AKBP Andi Yul, Ketua DPRD Ardiansyah, Danramil 02 Suratno, Danposal Selatpanjang Jery Hendra, Sekda Meranti Bambang, Asisten I dan III, Pimpinan OPD, Ketua MUI, Ketua LAMR, Ketua Karang Taruna, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat dan Forkopimda.

Pada kesempatan itu selaku pihak BAPPEDA Wandi membacakan laporan sekilas terdengar tentang jangka pembangunan dan kerja pemerintah daerah, sesuai dengan surat keputusan Bupati Meranti, acara diselenggarakan dengan bertujuan untuk meminta saran dan masukan demi tercapainya visi-misi Kabupaten Kepulauan Meranti.

Selanjutnya Bupati Meranti H Muhammad Adil SH menyampaikan beberapa pengarahan dia mengatakan bahwa, Pertama sekali atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Para hadirin sekalian yang telah sudi hadir pada forum ini untuk memberikan sumbang pikiran terbaik dalam rangka pembangunan daerah yang kita cintai ini. 

Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD merupakan kegiatan rutin yang wajib dilaksanakan di awal tahapan perencanaan sesuai amanat Permendagri No 86 Tahun 2017 tentang Tatacara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah.

Forum konsultasi publik ini perlu dilaksanakan dalam rangka membahas Rancangan Awal RKPD bersama kepala Perangkat Daerah dan para pemangku kepentingan untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan terhadap rumusan permasalahan, arah kebijakan serta program prioritas pembangunan. 

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengakomodir kepentingan masyarakat untuk selanjutnya dituangkan ke dalam Rancangan Awal RKPD. RKPD Tahun 2023 ini adalah tahun kedua pelaksanaan RPJMD tahun 2021 2026, yang merupakan kelanjutan dari RKPD tahun 2022. Oleh karena itu saya mengharapkan program-program prioritas yang sudah ditetapkan di dalam RKPD Tahun 2022 agar dilanjutkan pada RKPD Tahun 2023. 

Pada kesempatan ini dapat kami sampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti melalui APBD Tahun Anggaran 2022 berupaya untuk mencapai target-target kinerja pembangunan sebagaimana yang itetapkan dalam RPJMD, yaitu menurunkan angka kemiskinan, meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia, menekan angka pengangguran, serta akselerasi pertumbuhan ekonomi, meskipun masih dalam kondisi pandemi. Berdasarkan kondisi yang ada saat ini serta mempertimbangkan target kinerja pembangunan yang ingin dicapai, maka pada tahun 2023 prioritas pembangunan Kabupaten Kepulauan Meranti secara.


umum adalah 1. Sumberdaya Manusia, 2. Infrastruktur Dasar 3. PDRB sektor Pertanian, Peternakan dan Perikanan, 4. Kewirausahaan dan Lapangan Kerja, 5. Perilindungan Sosial, dan pemberdayaan masyarakat, 6. Tata Kelola Pemerintahan. Prioritas pembangunan tersebut Dengan diharapkan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar berkolaborasi secara bersama-sama sehingga mampu menghasilkan pembangunan yang efektif, efesien dan memberikan mantaat yang lebih besar bagi masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Saya mengharapkan kepada hadirin sekalian untuk dapat memberikan saran dan masukan berdasarkan permasalahan-permasalahan yang mungkin pembangunan Kabupaten Kepulauan Meranti kedepan dapat lebih baik lagi. belum terselesaikan, sehingga Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta yang hadir pada acara ini, semoga kegiatan ini dapat memberikan mantaat bagi pembangunan Kabupaten Kepulauan Meranti dan bagi kita semua.", ujarnya H Muhammad Adil SH.

"Mudah-mudahan ini bisa berjalan dengan sukses, harapan saya kedepannya bisa membagun sektor ekonomi dan infrastruktur jadi ini coba diperhatikan betul-betul agar masyarakat bisa dapat bekerja. Kemudian kepada para pegawai agar bisa mengiput jangan serahkan semuanya kepada anak honorer, kalau bisa PNS baru dibantu honorer karna itu dokumen rahasia dan harus disimpan baik-baik jangan ditumpuk sana-sini harus disusun dengan rapi", sebutnya H Muhammad Adil SH.

"Kemudian kalau bisa pihak perikanan dapat memberikan bibit seperti ikan, udang kepada masyarakat agar dapat dikelola oleh masyarakat seperti saat kita touring kemaren peresmian kerambah kemaren. Lalu kepada pihak dinas perkebunan juga harus memberikan bantuan bibit kepada masyarakat yang punya lahan agar dapat menanam Kopi Liberika contohnya", tegasnya H Muhammad Adil SH.

Kemudian terakhir acara langsung dibuka secara resmi oleh Bupati Meranti H Muhammad Adil SH dan melakukan foto bersama.

Bagikan berita ini

Disqus comments