Menuju Meranti Smart City - TARGETRIAU

Kamis, 20 Januari 2022

Menuju Meranti Smart City


Smart city, ini program berbasis teknologi. Menghubungkan pulau demi pulau dengan portal langit, connecting people and island by satelit. Tentu ini sebuah gebrakan jauh kedepannya.

Membangun "land infrastructure" seperti jalan dan jembatan jelas memakan waktu, bengkak di biaya, belum lagi kendala di lapangan dan sebagainya.

Sementara untuk membangun jaringan internet, itu sudah difikirkan sama Telkomsel, mereka ahlinya, kita tinggal siapin lahannya, mudahkan perizinannya. 

Kehadiran telkomsel di plosok-plosok meranti itu seperti membuka portal isolasi, Karena belum semua Wilayah di meranti bisa online, masih banyak yang "less signal" dan bahkan "out of the line".

Saat portal ini dibuka nanti, maka tak ada lagi daerah yang terisolasi, koneksi antar pulau dan antar orang pun akan semakin mudah. 

Produk-produk lokal akan mudah dipasarkan, hasil alam, pertanian dan perikanan pun bisa punya market yang lebih luas.

UMKM akan jalan, Kerajinan tangan, hasil olahan rumahan, makanan khas, sagu dan sebagainya bisa dipasarkan ke pasar-pasar online, market pemasaran yang jangkauan "buyer nya" tidak terbatas alias "unlimited".

Dan ini sudah dipersiapkan oleh Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil. jalan menuju "smart city" itu sudah semakin terbuka lebar.



Penulis : Nurhadi

Bagikan berita ini

Disqus comments