4 Hektare Lahan Gambut di Riau Terbakar, Pemadaman Terkendala Angin Kencang - TARGET RIAU

Sabtu, 05 Februari 2022

4 Hektare Lahan Gambut di Riau Terbakar, Pemadaman Terkendala Angin Kencang


BENGKALIS - Lahan gambut seluas 4 hektare milik masyarakat di daerah Bengkalis, Riau, terbakar. Hingga saat ini kebakaran belum bisa dipadamkan.

Kepala BPBD Riau Edy Afrizal mengatakan kebakaran lahan gambut terjadi kemarin di jalan poros Desa Sungai Alam, Bengkalis. Api diketahui membara sejak Jumat (4/2) pukul 17.18 WIB.

"Kemarin pukul 17.18 WIB diterima laporan terjadi kebakaran lahan di semak belukar. Lokasinya lahan gambut," terang Edy kepada detikcom, Sabtu (5/2/2022).

Edy menyebut lahan terbakar itu milik masyarakat. Ada sekitar 4 hektare lahan yang terbakar saat kondisi angin kencang sore kemarin.

Tim pemadam sempat terkendala angin kencang. Namun tim pemadam sedikit bisa bernapas lega karena lokasi kebakaran diguyur hujan dengan intensitas sedang malam tadi.

Hingga pagi ini, masih terlihat kepulan asap sisa kebakaran. Bahkan kondisi itu masih berpotensi meluas karena bahan bakar masih banyak.

"Lahan gambut milik masyarakat. Masih berpotensi terbakar jika angin kencang, bahan bakar berupa semak-semak kering banyak di lokasi," katanya.

Untuk mencegah kebakaran meluas, BPBD telah berkoordinasi dengan tim di lokasi. Salah satunya tim Manggala Agni dan TNI, yang pagi ini kembali turun ke lokasi.

"Saya udah koordinasi dengan Manggala Agni Daops Siak untuk bantu pemadaman di sana. Mereka lagi persiapan menuju ke lokasi," katanya.(***)



Sumber : news.detik.com

Bagikan berita ini

Disqus comments