Bupati H. Muhammad Adil, S.H Hadiri Acara Tasyakuran Pelayaran Perdana KMP Tirus Meranti - TARGETRIAU

Rabu, 02 Februari 2022

Bupati H. Muhammad Adil, S.H Hadiri Acara Tasyakuran Pelayaran Perdana KMP Tirus Meranti


MERANTI - Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, S.H hadiri acara Tasyakuran Pelayaran Perdana KMP Tirus Meranti Lintasan Alai-Insit di Pelabuhan Roro Insit.(02/02/2022)

Pihak ASDP Lutfi Pertama, PLT Dinas Perhubungan Piksot Ginting, Camat Tebing Tinggi Barat Safrizal, Kapolres Meranti di Wakili, PLT Dinsos Kadafi, Karantina Selatpanjang, Kepada Desa Insit, Pihak Jasa Raharja, Anggota DPRD Meranti, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Agama.

Jendral PT ASDP cabang Batam Kapten Lutfi Adi Pratama menyampaikan beberapa hal bahwa, transportasi sangat berbeperan di Indonesia dimana adalah urat nadi meningkat ekonomi. Dalam rangka meningkatkan pelayanan berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan sarana dan prasarana, karna hal ini sangat penting agar SDM berjalan dan industri barang meluas, hal ini merupakan perwujudan komitmen pemerintah untuk membangun seperti akses transportasi.

"Sehingga diharapkan dengan kapasitas angkut KMP Meranti dapat meningkatkan konektivitas dan perekonomian masyarakat, ini adalah wujud keseriusan pemerintah dalam meningkatkan ekonomi, kemudian mohon dijaga dan dirawat demi kenyamanan kita bersama, saya ucapkan terima kasih banyak kepada Bupati Meranti H. Muhammad Adil, S.H dan Forkompinda telah hadir dalam acara ini", ungkapnya Kapten Lutfi Adi Pratama.


Selanjutnya Kepala BPTD mengatakan bahwa dia sangat berbesar hati karna Meranti mendapatkan Kapal KPM Tirus Meranti, semoga hal ini menjawab masalah-masalah yang ada di laut khusus Kabupaten Kepulauan Meranti, penataan harus dilakukan sesuai dengan tingkat kebutuhan masyarakat dan output nya cepat dan aman agar tercapainya suatu tujuan.

"Kami berpesan, Kementerian perhubungan selalu mendukung untuk akses di laut apa lagi untuk membagun sektor pekonomian khususnya di pulau terluar, maka dari itu mari kita sama-sama mewujudkan untuk kemajuan daerah, sekali lagi saya ucapkan terima kasih banyak kepada pemerintah daerah serta elemen masyarakat dapat bekerja sama dengan baik", ungkapnya Kepala BPTD Wilayah 4 Provinsi Riau 

Atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, kami menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat yang telah hadir memberikan pelayanan transportasi kepada masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti yang merupakan daerah perbatasan Republik Indonesia melalui penyediaan Penyeberangan KMP Tirus Meranti.

Dalam rangka mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Kepulauan Meranti, aksesibilitas transportasi antar pulau memiliki peran penting sebagai urat nadi perekonomian. 

Transportasi merupakan sarana yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan pembangunan terutama dalam mendukung kegiatan perekonomian masyarakat tak terkecuali daerah perbatasan seperti Kabupaten Kepulauan Meranti.

Sistem transportasi yang baik harus didukung dengan ketersediaan sarana dan prasarana transportasi yang aman, nyaman dan berkeselamatan. Keterbatasan anggaran yang dimiliki oleh Pemerintah Daerah sehingga membutuhkan kerjasama dan dukungan antara Pemerintah Daerah, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan. 


Dukungan sarana dan prasarana transportasi yang memadai telah diberikan oleh Kementerian Perhubungan melalui penyediaan armada kapal penyeberangan KMP Tirus Meranti yang nantinya dapat digunakan untuk melayani kebutuhan masyarakat dalam melakukan aktifitas perpindahan orang dan juga barang antar pulau di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Berkenaan dengan pelayaran perdana KMP. Tirus Meranti lintasan Alai Insit - Pecah Buyung dan Alai Insit Dumai menjadikan kebangkitan - perekonomian melalui ketersediaan pelayanan transportasi yang aman, nyaman, dan berkeselamatan sebagai penunjang kegiatan masyarakat sehari-hari sehingga visi misi Bupati dapat terwujud dalam menciptakan masyarakat Kepulauan Meranti yang maju, cerdas dan bermartabat.

Dengan kehadiran KMP. Tirus Meranti hendaknya dapat melayani penyeberangan antara pulau Tebing Tinggi di Pelabuhan Penyeberangan Desa Insit menuju Pulau Rangsang di Pelabuhan Penyeberangan Pecah Buyung yang biaya operasional nya juga disubsidi oleh Kementerian penyeberangan perintis.

Alhamdulillah dengan beroperasinya KMP. Tirus Meranti dapat membuka akses dari Kabupaten Kepulauan Meranti ke Kota Dumai. Kedepan kami berharap dapat terbuka akses penyeberangan dari Kepulauan Meranti menuju Tanjung Balai Karimun dan Batam Provinsi Kepri juga melalui skema angkutan perintis sehingga dapat membuka keterisoliran Kabupaten Kepulauan Meranti dari daerah lain.


Mengakhiri sambutan ini, dengan kehadiran kapal KMP. Tirus Meranti kami berharap pelayaran perdana KMP. Tirus Meranti lintasan Alai Insit Pecah Buyung dan Alai Insit - Dumai, Kabupaten Kepulauan Meranti ini dapat berjalan dengan lancar dan selamat sehingga kapal ini dapat beroperasi melayani masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti. Serta mampu mendorong terciptanya lapangan kerja yang dapat menyerap SDM lokal yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti.Dengan kehadiran kapal KMP Tirus Meranti kami berharap pelayaran perdana KMP Tirus Meranti lintasan Alai Insit ke Pecah Buyung dan Alai Insit - Dumai, Kabupaten Kepulauan Meranti ini dapat berjalan dengan lancar dan selamat sehingga kapal ini dapat beroperasi melayani masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti Serta mampu mendorong terciptanya lapangan kerja yang dapat menyerap SDM lokal yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Kemudian acara diakhiri dengan pemotongan tali pita oleh Bupati Meranti H. Muhammad Adil, S.H dan Melakukan operasi perdana dari pelabuhan Alai Insit menuju ke penyebrangan Desa Pecah Buyung.

Tanah jantan tempat berdagang, Banyak orang datang dan pergi, Sekali layar terkembang surut kita berpantang, Takkan pernah hilang semangat membangun negeri.

Pergi menjala eloklah bersama, Bersatu hati pangkal bersepakat, Mari kita bekerja dan berdoa; Wujudkan Meranti Maju, Cerdas dan Bermartabat.



Penulis : Nurhadi

Bagikan berita ini

Disqus comments