Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, S.H Buka Secara Resmi MTQ Ke-11 Kecamatan Rangsang Barat - TARGETRIAU

Sabtu, 05 Februari 2022

Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, S.H Buka Secara Resmi MTQ Ke-11 Kecamatan Rangsang Barat


MERANTI - Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, S.H buka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Kecamatan Rangsang Barat yang ke-11 di Desa Bantar, Kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, Jumat (04/02/2022).

Turut hadir, Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, S.H, Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti atau yang mewakili, Kepala Badan/ Kepala Dinas/ Kepala Kantor/ Kepala Bagian di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, Ketua LPTQ, Ketua MUI Kabupaten Kepulauan Meranti, Camat Rangsang Barat, Kepala Desa se Kecamatan Rangsang Barat, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Rangsang Barat atau yang mewakili, Para Dewan Hakim dan Ketua penyelenggara MTQ ke-11 tingkat Kecamatan beserta anggota, Para Official dan Kafilah MTQ se Kecamatan Rangsang Barat, Tokoh Masyarakat, Alim Ulama, Cerdik Pandai, Rekan Pers, dan para tamu undangan.

Dalam penyampaian Camat Rangsang Barat, mengatakan "Kecamatan Rangsang Barat sudah dua tahun berturut-turut tidak mengadakan MTQ, maka betapa semangatnya kami turut memeriahkan MTQ tahun ni, terimakasih kepada Pak Bupati H. Muhammad Adil, S.H atas responnya, mudah - mudahan Masjid besar Rangsang Barat direhab tahun 2022 ini". Ujar Camat Rangsang Barat.

"Jumlah masyarakat yang sudah vaksin di Rangsang Barat meningkat, akan datang melakukan vaksin ke-3, kemudian kami telah membuat laporan kepada Gubernur Riau agar dapat melakukan normalisasi sungai-sungai di 6 desa, lahan petani kita masuk air asin jadi gagal tanam, Kepala Desa pun juga sudah mendatangi Pak Gubenur dan sudah ada respon juga". Tambahnya.


Selanjutnya penyampaian Bupati H. Muhammad Adil, S.H, mengatakan Selain meminta untuk membumikan Al-Qur'an ditengah-tengah masyarakat, H. Muhammad Adil, S.H juga mengingatkan untuk melakukan vaksinasi Covid-19 yang telah disediakan oleh Pemerintah di berbagai fasilitas kesehatan.

"Mari aktif dan berpartisipasi untuk Vaksin dosis 1, 2 dan 3. Tidak usah takut divaksin, sudah dijamin oleh Negara, vaksin itu sehat, contoh saya divaksin, Alhamdulillah tidak ada apa-apa". Ajak Bupati H. Muhammad Adil, S.H.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti saya sangat mengapresiasi pelaksanaan MTQ ke-11 tingkat Kecamatan yang dilaksanakan dengan sangat meriah penyelenggaraan MTQ yang telah membudaya di tengah masyarakat kita tidak hanya bertujuan untuk mendapatkan juara atau prestasi, tetapi yang lebih utama adalah syiar dan dakwah tentang bagaimana membumikan Al-Qur'an, kita harus menjadikan Al-Qur'an sebagai nafas kita, sebagai pegangan hidup kita yang hakiki serta sebagai cerminan kepribadian kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Sekarang ini masih banyak orang-orang yang mudah mencela, mudah mengumpat, mudah merendahkan orang lain, mudah mengejek, mudah menjelek-jelekkan orang lain, diabaikan. Ungkapan-ungkapan pedas, ujaran kebencian yang asal bunyi bertebaran luar biasa, khususnya di media sosial.


Oleh karena itu saya berharap agar hakikat, makna dan tujuan MTQ yang kita laksanakan pada malam mini kita pegang teguh sehingga Al-Qur'an benar-benar kita resapi, benar-benar kita hayati, benar-benar kita amalkan dalam kehidupan sehari hari. 

Ketika kita mengagungkan Al-Qur'an, maka sebenarnya kita sedang mengagungkan nilai-nilai kemanusiaan, nilai-nilai yang mengutamakan pembelaan kepada yang lemah, mengutamakan pembelaan kepada yang fakir, mengutamakan pembelaan kepada yang miskin, bukan nilai-nilai keserakahan seperti mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya.

Apalagi di masa pendemi seperti sekarang ini. Kita harus ikhlas saling membantu tanpa harus melihat perbedaan suku, agama, maupun kelompok, berbagi untuk meringankan beban saudara-saudara yang sedang menghadapi kesulitan.

Dalam penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur'an ini akan tampil Qori-Qori'ah, Hafiz-hafizah terbaik dari berbagai Desa yang berasal dari Kecamatan Rangsang Barat. Generasi muda yang siap berkompetisi secara sehat berlomba meraih prestasi, berkontribusi dalam membangun kualitas sumber daya ummat yang unggul, yang kompetitif dan yang berkarakter islami sebagaimana akhlak Rasulullah. Dengan demikian penyelenggaran MTQ tidak semata-mata wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Al-Quran tetapi MTQ ini.


Saya yakin, dengan pemahaman keislaman yang semakin baik, bukan hanya akan memperkuat jati diri seorang muslim dan muslimah tapi juga akan memperkokoh semangat ukhuwah seperti diajarkan oleh Rasulullah, baik ukhuwah islamiah. wethaniah maupun ukhuwan insaniah. 

Pada kesempatan yang baik ini, saya sampaikan selamat dan terimakasih kepada seluruh masyarakat Kecamatan Rangsang Barat atas antusias nya dalam menyambut penyelenggaraan MTQ ke-11 tingkat Kecamatan Rangsang Barat Tahun 2022.

Selamat mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur'an kepada semua peserta, semoga keikutsertaan saudara-saudara memberi manfaat dan maslahat dalam upaya kita mengaktualisasikan ajaran islam secara damai ditanah air. 

Bagi Qori' dan Qori'ah yang akan berlomba untuk dapat mencurahkan semua kemampuan yang dimiliki, karena para juara yang dihasilkan dari pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Rangsang Barat ini, selanjutnya akan dikirim untuk mewaki pada pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti kami mengucapkan terimaksih kepada dewan juri yang sudah diberi kepercayaan untuk menjadi tim penilai perlombaan ini,  dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Musabaqah Tilawatil Qur'an Tingkat Kecamatan Rangsang Barat ke-11 Tahun 2022, dengan RESMI SAYA NYATAKAN DIBUKA.

Lumba-Lumba di Selat Melaka, Riaknya sampai ke Meranti, Qori qori'ah silahkan berlomba, Raih prestasi yang paling tinggi.

Kutanam Cempedak Ketanah Merah, Cempedak Kubelah Buah Berbiji, Kalaulah ada silap dan salah, Kepada Allah Kita Berserah Diri.



Penulis : Nurhadi

Bagikan berita ini

Disqus comments