Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, S.H., M.M Dilantik Sebagai Ketua Bidang Budaya Bahari Aspeksindo - TARGETRIAU

Jumat, 25 Februari 2022

Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, S.H., M.M Dilantik Sebagai Ketua Bidang Budaya Bahari Aspeksindo


JAKARTA - Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) melaksanakan pelantikan sekaligus Rapat Kerja Nasional di Discovery Hotel Ancol Jakarta, Kamis (24/2/2022).

Turut mendampingi Bupati H. Muhammad Adil, S.H., M.M, Plt. Kepala Bappeda Meranti M. Sakinul Wadi, Plt. Kepala Dinas Perhubungan Meranti Piskot Ginting, Plt. Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Meranti Fitria Negsih, Kepala Bagian Prokopim Setdakab Meranti Afrinal Yusran.

Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, S.H., M.M ikut dilantik sebagai Ketua Bidang Budaya Bahari Aspeksindo dalam kegiatan yang dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono.

Menteri Wahyu Trenggono mengatakan pembangunan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil memiliki permasalahan yang komplek. Untuk itu dibutuhkan komitmen pemerintah daerah dalam perencanaan dan pelaksanaannya secara terpadu, holistik dan berkelanjutan.


"Kementerian Kelautan dan Perikanan saat ini fokus pada program prioritas yang akan menggeser perekonomian kita dari java sentris menjadi Indonesia sentris. Dengan begitu pemerintah daerah pesisir akan menjadi tuan rumah," kata Wahyu Trenggono.

Sebagai negara bahari, tambahnya, sudah selayaknya laut menjadi halaman depan Indonesia bukan malah sebaliknya. Oleh karenanya, ia meminta kepada seluruh pimpinan daerah kepulauan dan pesisir tersebut menyadari pentingnya pelaksanaan Rakernas Aspeksindo tahun 2022.

"Selamat melaksanakan rapat kerja, satu laut sejuta manfaat," ucapnya.

Ketua Umum Aspeksindo Dr. Andi Harun menyampaikan terimakasihnya kepada kepala daerah yang sudah memenuhi undangan pelantikan dan Rakernas tersebut.

Dia menekankan saat ini isu paling penting bagi dunia maritim di Indonesia yakni permukaan tanah di wilayah pesisir yang terus mengalami penurunan. Ditambah tinggi gelombang pasang yang terus naik setiap tahunnya dan mengancam beberapa daerah.

"Perkiraan para ahli beberapa daerah akan tenggelam, dan itu mengancam seluruh daerah pesisir di Indonesia. Ini pertanda dan kode sangat kuat untuk memaksa negara saatnya untuk adil kepada daerah kepulauan dan pesisir," ujarnya.


Disebutkannya lagi, Aspeksindo dengan jumlah anggota 333 daerah kepulauan dan pesisir akan sangat mempengaruhi arah pembangunan nasional di masa depan. 

"Dan tidak terlalu berlebihan jika hari ini kita tegaskan bahwa Aspeksindo adalah masa depan yang sangat strategis bagi indonesia," tutur Walikota Samarinda itu.

Andi Harun berharap, dengan hadirnya program strategis Aspeksindo akan membawa manfaat bagi Indonesia kedepan. "Sehingga kesejahteraan daerah kepulauan dan pesisir bisa terwujud secara merata," harap Ketua Umum Aspeksindo itu.

Bupati H. Muhammad Adil, S.H., M.M usai pelantikan mengatakan dirinya siap menjalankan amanah yang diberikan oleh para kepala daerah kepulauan dan pesisir seluruh Indonesia itu. Menurutnya, ini waktu yang tepat bersatu padu dan saling memikirkan serta memberikan perhatian sesama anggota Aspeksindo.

"Ini saatnya memajukan Indonesia dari wilayah pinggiran, dari daerah kepulauan dan pesisir," katanya.


Lebih lanjut menurut H. Muhammad Adil, S.H., M.M, wilayah NKRI yang sebagian besarnya adalah laut memiliki potensi yang sangat besar. 

"Hanya saja belum dikelola dengan baik layaknya sebuah negara maritim," ucapnya.

Terkait amanah yang dipercayakan kepada dirinya sebagai Ketua Bidang Budaya Bahari, Bupati Kepulauan Meranti itu mengaku akan segera menyusun program kerja sesuai dengan Rakernas Aspeksindo 2022.

"Yang jelas laut tidak terpisahkan dengan bangsa Indonesia. Oleh karena itu mengenal budaya bahari berkaitan dengan upaya mengenal jati diri bangsa," jelasnya.

Menurutnya, sebagai bagian dari wilayah kepulauan dan pesisir di Indonesia, Meranti juga memiliki ragam budaya bahari dengan melestarikan kearifan lokal. Dengan modal itu, dia akan menyesuaikan program kerja bidangnya bersama budaya bahari dari daerah lain.


"Perlu disadari bahwa kearifan lokal yang diturunkan dari nenek moyang kita dulu memainkan peranan penting dalam menjaga kelestarian laut yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat kepulauan dan pesisir," ungkap Bupati H. Muhammad Adil, S.H., M.M.

Adapun sebagai Wakil Ketua Bidang Budaya Bahari Aspeksindo, yakni Bupati Seluma, Bupati Banggai Laut, Bupati Selayar dan Bupati Timor Tengah Selatan. Kemudian, Bupati Anambas, Bupati Tanah Laut dan Bupati Timor Tengah Utara.

Sedangkan sebagai Sekretaris Bidang Budaya Bahari dijabat Bupati Maluku Tenggara. Untuk wakil sekretaris dipegang oleh Bupati Halmahera Timur, Bupati Kulonprogo, Bupati Konawe dan Bupati Flores Timur, Bupati Kapuas Hulu serta Bupati Boalemo.

Hadir dalam pelantikan dan Rakernas Aspeksindo Duta Besar Seychelles Nico Barito, jajaran pengurus, dewan pakar dan tenaga ahli Aspeksindo. Turut hadir sejumlah gubernur dan tamu undangan lainnya. (Prokopim)

Bagikan berita ini

Disqus comments