Mencari Generasi Penerus Persyarikatan, ‘Aisyiyah Meranti Laksanakan Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah - TARGETRIAU

Selasa, 01 Februari 2022

Mencari Generasi Penerus Persyarikatan, ‘Aisyiyah Meranti Laksanakan Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah


MERANTI - Pimpinan Cabang 'Aisyiyah Selatpanjang dan Pimpinan Daerah 'Aisyiyah Kepulauan Meranti mengadakan pelatihan penyelenggaraan Jenazah di Masjid Taqwa Kampung Baru Selatpanjang yang di ikuti oleh warga Aisyiyah dan masyarakat serta Ortom Muhammadiyah yaitu NA, IMM, IPM dan anak-anak Panti Asuhan Aisyiyah Kabupaten Kepulauan Meranti, pada hari Selasa, 1 Februari 2022.

Pelatihan ini di adakan dengan tujuan untuk memberikan pembinaan, penguatan pengetahuan keagamaan dan pemahaman tentang penyelenggaraan jenazah yang benar sesuai syariat Islam terutama di kalangan ibu-ibu Aisyiyah dan juga jamaah sekitarnya. Selain itu, mencari generasi penerus sebagai orang yang bisa menjadi penyelenggara jenazah serta agar pengurus dan anggota Aisyiyah bisa terjun langsung ke masyarakat untuk ikut serta dalam proses tersebut apabila mereka dibutuhkan.

Sanra Marawira selaku Sekretaris Umum PDA ‘Aisyiyah Kepulauan Meranri menyampaikan bahwa pelatihan penyelenggaraan jenazah penting karena banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara mengurusi jenazah yang sudah meninggal. 

“seluruh umat Islam wajib memahami, mengetahui, dan melaksanakan tata cara penyelenggaraan jenazah dengan benar agar bisa ikut serta dalam proses penyelenggaraan jenazah di lingkungan sekitar dan bisa melahirkan generasi-generasi baru yang memahami penyelenggaraan jenazah sesuai syariat islam." Ujar Sanra 


Pelatihan tersebut di bimbing oleh Ustadz Muslim, S.Ag secara teori dan praktek tentang bagaimana cara mengurus jenazah sesuai dengan syariat islam, mulai dari memandikan jenazah, mengkafani, mensholatkan, dan menguburkan jenazah. 

"dengan praktik tata cara pengurusan jenazah secara langsung, kita akan mudah mengingat sekaligus sebagai pembekalan dalam melaksanakan kewajiban terhadap jenazah dilingkungan sekitar." Tutur Ustadz Muslim. 

Sehubungan dengan itu, Dra. Suryati selaku Ketua Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kepulauam Meranti menyampaikan bahwa Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Kepulauan Meranti bersama Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) dan Pimpinan Ranting Aisyiyah (PRA) telah melaksanakan 4x Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah di 4 tempat yg berbeda, dan Alhamdulillah kegiatan tersebut diikuti dengan sangat antusias oleh ibu-ibu ‘Aisyiyah.

"Pada tanggal 20/9/2021 dilaksanakan di Mesjid Taqwa Perjuangan Alah Air yang diikuti oleh 60 orang jamaah yaitu PDA, PCA, PRA, Jamaah mesjid Taqwa dan Guru TK/KB Aisyiyah yang di bimbing oleh Ustadz Asep Datutahkik, S.HI.
Tanggal 27/10/2021 di Mesjid Al-Muwahhidin Selatpanjang Timur, diikuti oleh 70 orang di bimbing oleh Ustadz Asep Datutahkik, S.HI.
Tanggal 25/11/2021 dilaksanakan di Desa Kundur Kecamatan Tebing Tinggi Barat yang diikuti oleh 100 orang yang di bimbing oleh Ustadz Muslim, S.Ag.
Tanggal 1/2/2022 di Mesjid Taqwa Kampung Baru diikuti oleh 120 orang dan di kegiatan ini juga di libatkan Ortom yaitu NA, IMM, IPM dan anak-anak Panti Asuhan Aisyiyah yang di bimbing oleh Ustadz Muslim, S.Ag." Sambung Suryati. (Red)

Bagikan berita ini

Disqus comments