Pj. Sekdakab Kepulauan Meranti, Bambang Suprianto Ajak Seluruh Alumni Universitas Riau Yang Ada di Kabupaten Kepulauan Meranti Untuk Berkolaborasi Dalam Upaya Pembagunan Daerah - TARGETRIAU

Minggu, 13 Februari 2022

Pj. Sekdakab Kepulauan Meranti, Bambang Suprianto Ajak Seluruh Alumni Universitas Riau Yang Ada di Kabupaten Kepulauan Meranti Untuk Berkolaborasi Dalam Upaya Pembagunan Daerah


MERANTI - Pj. Sekda Kabupaten Kepulauan Meranti Bambang Suprianto mengajak seluruh alumni Universitas Riau yang berada di Kabupaten Kepulauan Meranti, untuk bersama-sama dengan pemerintah kabupaten bersinergi dan berkolaborasi dalam upaya pembangunan daerah.

Hal itu disampaikan Bambang saat membuka Musyawarah Daerah I Ikatan Keluarga Alumni Universitas Riau (IKA UNRI) Kabupaten Kepulauan Meranti di Aula Afifa Sport Center, Minggu (13/2/2022).

"Sebagai kaum intelektual, kita semua memiliki beban terhadap berbagai usaha memajukan daerah yang bermuara pada peningkatan kualitas masyarakat," ujarnya.

Dijelaskannya, saat ini Pemkab Kepulauan Meranti memiliki program-program strategis yang dapat dikolaborasikan menjadi program kerja IKA UNRI. Diantaranya program pengembangan usahawan.

"Ini bisa dikolaborasikan. Karena program bupati untuk menumbuhkembangkan 9.500 UMKM di Kepulauan Meranti," ungkap Sekda.

Tidak hanya itu, program mencetak 5000 sarjana, 500 master dan 200 doktor sebagai upaya Pemkab meningkatkan sumber daya manusia di Meranti juga bisa dimanfaatkan oleh para alumni. 

"Pemkab Meranti sudah mengalokasikan anggaran bantuan pendidikan dari S1 hingga S3. Ini bisa dimanfaatkan para alumni untuk melanjutkan pendidikan tinggi," kata Bambang.

Pj. Sekda Meranti itu juga bercerita bahwa dirinya merupakan alumni Unri angkatan 1985. Hanya saja saat itu dia merupakan angkatan persiapan untuk Fakultas Teknik, tepatnya D3 Teknik Kimia.


"Dengan dasar satu keluarga yang berasal dari lembaga pendidikan yang sama, mari bersama kita menjaga kekompakan sesama alumni. Dan ayo bahu membahu bersama pemerintah kabupaten untuk membangun daerah ini," ajaknya.

Ketua Panitia Mubesda I IKA UNRI Kepulauan Meranti, yang juga salah seorang pemegang mandat,  Sopandi menilai keberadaan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) dinilai sangat penting sebagai wadah silaturahmi, bertukar pikiran dan berbagi informasi. Alumni Fisip 1997 itu juga mengatakan sebagai tempat berkumpulnya para alumni sebuah perguruan tinggi, tentunya IKA UNRI ini diisi oleh kaum intelektual yang sumbangsihnya sangat dibutuhkan dalam upaya pembangunan.

"Kedepan kita berharap pendataan alumni UNRI di Meranti dapat terus berjalan. Mari kita saling membantu dan bersama Pemkab berkontribusi bagi masyarakat dan daerah," ajak Sopandi yang juga anggota DPRD Meranti itu.

Sekretaris Umum IKA UNRI, Aiden Justi menerangkan bahwa pihaknya saat ini terus melakukan jejaring alumni ke seluruh daerah. Sejauh ini telah terbentuk kepengurusan IKA UNRI di beberapa kabupaten dan kota yang ada di Riau.

"Untuk IKA UNRI Meranti menjadi yang keempat. Sebelumnya Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, dan Indragiri Hilir. Insyallah akan menyusul yang sudah kita beri mandat itu Pelalawan dan Siak," katanya.

Dia juga menjelaskan tiga program prioritas IKA UNRI Pusat, yakni mendorong alumni untuk melakukan kewirausahaan dengan modal awal dibantu lewat ketua umum.

"Kita akan memberikan dana hibah produktif. Nanti kalau sudah stabil akan dijual sahamnya ke sesama alumni," jelasnya.

Kemudian Aiden menambahkan, IKA UNRI akan memberikan pelatihan secara berkelanjutan di bidang kewirausahaan. "Gratis bagi alumni yang terdaftar," sebut Aiden.

Bagi seluruh alumni IKA UNRI, dia mengajak untuk mendaftarkan diri lewat website www.ikaunri.org. saat ini terdata sekitar 110.000 alumni UNRI yang tersebar di berbagai daerah.(***)

Bagikan berita ini

Disqus comments