Wabup Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar Tutup Secara Resmi MTQ Ke-XIII Kecamatan Tebing Tinggi Barat - TARGETRIAU

Kamis, 17 Februari 2022

Wabup Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar Tutup Secara Resmi MTQ Ke-XIII Kecamatan Tebing Tinggi Barat


MERANTI - Wakil Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar tutup secara resmi MTQ Ke-XIII, tahun 1443 H/2022 M, Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti yang bertemakan "Dengan Pemahaman dan Pengamalan Nilai-nilai Al-Qur'an, Menjadikan Masyarakat Maju Cerdas dan Bermartabat Dalam Bingkai Keimanan dan Ketaqwaan", bertempat dihalaman Masjid Al-Hidayah, Desa Mekong, Rabu (16/02/2022).

Turut hadir, Wabup AKBP (Purn) H. Asmar bersama istrinya Hj. Ismiatun, Kepala Dinas, Kepala Kantor, Kepala Badan, Kepala Bagian di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti, Ketua LPTQ Kabupaten Kepulauan Meranti, Camat Tebing Tinggi Barat, Kepala Desa se-Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Ketua dan segenap Dewan Hakim, Para Kafilah beserta Official, Ketua MUI, Ketua LAMR, Tokoh Masyarakat, Pemuka Adat, Alim Ulama, Cerdik Pandai, Forkopimda Kabupaten Kepulauan Meranti dan para tamu undangan yang hadir.


Acara penutupan dimulai dengan pembacaan Surat Keputusan Dewan Hakim, Penetapan Qori dan Qori'ah terbaik, selanjutnya pembacaan ayat suci Al-Quran yang dibacakan oleh Qori dan Qori'ah terbaik.

Adapun keputusan oleh Ketua Dewan Hakim untuk Qori dan Qori'ah terbaik pada MTQ MTQ Ke-XIII Kecamatan Tebing Tinggi Barat adalah perwakilan dari Desa Banglas.

Camat Tebing Tinggi Barat, Syafrizal Ahmadi, Spd, Msi, mengucapkan selamat dan sukses kepada para peserta MTQ ke-XIII Kecamatan Tebing Tinggi Barat, dengan harapan dapat mengahasilkan output yang berkualitas dan layak ketingkat yang lebih tinggi lagi.

"Secara pribadi, saya selalu antusias kepada peserta, tetaplah bijak dan semangat untuk meningkatkan penampilan agar lebih baik lagi untuk sampai ketingkat Provinsi". Tutur Syafrizal Ahmadi, Spd, Msi.


Selanjutnya sambutan dari Wabup AKBP (Purn) H. Asmar mengatakan penyelenggaraan kegiatan MTQ ke-XIII Kecamatan Tebing Tinggi Barat telahpun berjalan lancar, aman, tertib dan sukses, baik sukses penyelenggaraannya maupun sukses menggali potensi Qori dan Qori'ah dari berbagai cabang dan tingkatan.

"Pada kesempatan ini, saya ingin mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat dan panitia penyelenggara atas suksesnya penyelenggaraan event religi tahunan ini. Sudah tentu semua ini merupakan hasil kerja keras dari seluruh masyarakat khususnya masyarakat Desa Mekong dan sekitarnya yang telah mengupayakan penyelenggaraan yang sangat baik. Semoga penyelenggaraan MTQ ini akan jauh lebih baik lagi dapat terlaksana di tahun tahun mendatang". Ucap Wabup.

"Dalam penyelenggaraan MTQ ini tentu ada yang mencapai prestasi terbaik ataupun yang belum mencapai prestasi yang diinginkan, namun saya yakin para dewan hakim telah melakukan tugasnya secara baik dan professional". Tambahnya.


"Pelaksanaan MTQ memiliki makna yang sangat penting dan sarat dengan nilai-nilai sakral yang perlu diambil dan direnungkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Karena dengan kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran spiritual tentang arti pentingnya ajaran Al-Qur'an yang harus kita jadikan sebagai motivasi dasar dalam membangun kepribadian mat islam dewasa ini. Pelaksanaan MTQ ini tidak hanya sekedar ajang untuk mengukir prestasi semata melainkan lebih dari pada itu, yaitu sebagai sarana perekat rasa kebersamaan serta membangun kekuatan berdasarkan nilai-nilai islami dalam rangka menyongsong pembangunan untuk mewujudkan masyarakat yang aman dan tentram. Saya berpesan agar kegiatan MTQ ini tidak hanya diukur dari suksesnya penyelenggaraan dan banyaknya prestasi yang diraih, tetapi hikmah dan nilai tambah dari Musabaqah Tilawatil Qur'an ini dapat dipetik oleh umatnya dalam upaya meningkatkan pemahaman penghayatan dan pengamalan nilai-nilai Al-Qur'an sebagai landasan kehidupan dalam membentuk manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT". Tambahnya lagi.


"Terakhir saya berharap, pelaksanaan MTQ ke-13 Tingkat Kecamatan Tebing Tinggi Barat ini hendaknya tidak dipahami sebagai bentuk kompetisi, namun sesunggunya merupakan salah satu Syi'ar Islam untuk lebih memasyarakatkan budaya baca, tulis dan pemahaman Al-Qur'an kepada masyarakat lainnya, agar kandungan nilai-nilainya dapat teraktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Apabila hal tersebut sungguh-sungguh kita upayakan, insyaallah suasana religious yang sangat terasa pada saat penyelenggaraan MTQ ini tidak berlalu ketika acara ini selesai, namum tetap menjiwai seluruh dinamika kehidupan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Meranti. Dalam kesempatan yang berbahagia ini, tidak lupa saya ucapkan selamat atas prestasi yang diraih oleh para juara, saya berharap jangan berpuas diri, tetapi lakukan langkah-langkah peningkatan kemampuan dan terus berlatih mempersiapkan diri untuk event MTQ tingkat Kabupaten nantinya dan kepada peserta yang belum berhasil agar terus mengasah kemampuan dengan berlatih agar di kemudian hari dapat memenangkan pertandingan Musabaqah Tilawatil Qur'an". Ujar Wabup.

"MTQ ke-13 Tingkat Kecamatan Tebing Tinggi Barat Kabupaten Kepulauan  Meranti Tahun 2022 secara resmi saya tutup..." Tutup Wabup.

Sambutan dari Wabup AKBP (Purn) H. Asmar diakhiri dengan pantun :

Kepulauan Meranti ibu kotanya Tebing Tinggi,
Kotanya indah masyarakatnya ramah,
Alhamdulillahirabbil'alamin wajib kita syukuri,
MTQ ke-13 Kecamatan Tebing Tinggi Barat membawa berkah.

Cantik berwarna si ikan koi,
Menjadi penghias dikolam ikan,
MTQ Kecamatan Tebing Tinggi Barat sudah pun usai,
Sampai jumpa MTQ di tahun depan.



Penulis : Nurhadi

Bagikan berita ini

Disqus comments