Bupati H. Muhammad Adil, S.H., M.M Respon Permintaan IWO Untuk Adakan UKW Gratis Bagi Wartawan Yang Bertugas di Kepulauan Meranti - TARGETRIAU

Rabu, 02 Maret 2022

Bupati H. Muhammad Adil, S.H., M.M Respon Permintaan IWO Untuk Adakan UKW Gratis Bagi Wartawan Yang Bertugas di Kepulauan Meranti


MERANTI - Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, S.H., M.M merespon permintaan dari Ikatan Wartawan Online (IWO) untuk mengadakan Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) gratis bagi wartawan yang bertugas di Kepulauan Meranti.

Hal itu disampaikan Bupati saat menghadiri Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online (PD IWO) Kepulauan Meranti 2020-2025 di Ballroom Afifa Selatpanjang, Rabu (2/3/2022).

"Nanti kita adakan UKW itu lewat Kominfo. Coba kordinasikan secara teknis," kata Bupati.

Dia mengaku senang dan bangga bisa berkumpul dengan para jurnalis di Kepulauan Meranti, maupun dari provinsi dan pusat. Hubungan baik bersama para kuli tinta itu sudah terjalin sejak lama, waktu dirinya masih menjadi anggota DPRD kabupaten maupun provinsi.


"Saya ingin IWO ambil bagian mendukung pemerintah kabupaten dalam membangun daerah menuju Meranti maju, cerdas dan bermartabat," ujarnya.

Lebih jauh dia meminta para wartawan di Meranti untuk ikut mencerdaskan kehidupan bermasyarakat dengan penyajian berita yang berimbang. Karena menurutnya, wartawan itu tidak hanya dalam posisi mengkritik saja tapi ikut menginformasikan program kerja pemerintah.

"Mari jaga nama baik profesi, jadilah wartawan yang tindak tanduknya sesuai dengan kode etik jurnalis dan undang-undang pers," ajak Bupati Adil.

Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat IWO Dwi Christianto berharap dengan pengukuhan dan pelantikan tersebut semakin meningkatkan semangat profesionalitas dan kompetensi diri.

"Sejak berdiri tahun 2012 lalu, kita selalu berpedoman kepada UU Pers. IWO mengajak teman-teman wartawan online di daerah untuk bergabung. Sehingga meningkatkan kepercayaan masyarakat," ajaknya.


Dijelaskannya, IWO mempunyai misi untuk memajukan peradaban manusia Indonesia. Dengan tidak menyebarkan berita hoax tetapi menyampaikan kebenaran.

"Mari sampaikan apa yang menjadi suara rakyat dan terus jalin hubungan baik dengan seluruh stake holder," sebut Sekjen IWO Pusat itu.

Sebelumnya, Sekretaris PW IWO Provinsi Riau Tamrin Ismail berharap Pemkab Kepulauan Meranti ikut membantu meningkatkan kualitas dan kompetensi wartawan di Meranti dengan melaksanakan UKW gratis.

"Dengan begitu tentunya kualitas wartawan di Meranti akan lebih baik lagi," sebutnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti, Ardiansyah dan unsur pimpinan Forkopimda, Asisten Setdakab dan Kepala OPD di lingkungan Pemkab Meranti. Juga hadir ketua organisasi pers, ormas dan OKP serta tamu undangan lainnya. (Prokopim)

Bagikan berita ini

Disqus comments