Bupati HM Adil Hadiri Bimbingan Manasik Haji Tahun 2022 di Kabupaten Kepulauan Meranti - TARGETRIAU

Senin, 23 Mei 2022

Bupati HM Adil Hadiri Bimbingan Manasik Haji Tahun 2022 di Kabupaten Kepulauan Meranti


MERANTI - Bupati Meranti H Muhammad Adil SH MM Selenggarakan Agenda Bimbingan Manasik Haji Pada Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun Anggaran 2022 Dengan Tema "Haji Sebagai Momentum Perbaikan Diri Menuju Maju, Cerdas dan Bermartabat.(23/05/2022).

Turut hadir dalam acara tersebut Kapolres Meranti di Wakili, Dansposal Selatpanjang, Danramil 02, Ketua MUI KH Dr Imam Ghozali, Kakan Kemenag H Sulman, KH Mustofa, Para Asisten Setdakab dan Seluruh Kepala OPD Dilingkungan Pemkab Meranti.

Acara dimulai dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an oleh Qori Provinsi Riau dan diteruskan dengan laporan manasik H tahun 2022 oleh ketua pelaksana kegiatan bagian kesra dalam hal tersebut Khaidir dia mengatakan bahwa tujuan manasik H adalah mampu memahami proses dan tujuan H tersebut, sementara untuk jumlah calon jamaah haji ada 69 orang tahun tahun 2022 dan pelatihan manasik H ini akan dilaksanakan selama 3 hari. Sementara untuk biaya kegiatan ini bersumber dari APBD Kabupaten Kepulauan Meranti tahun 2022.

Selanjutnya Kakan Kemenag H Sulman selaku kepala kantor dia mengatakan bahwa, perlu saya sampaikan ada beberapa hal terkait keberangkatan H ada yang mundur karna ade sebab tertentu. Selanjutnya untuk administrasi sudah ada yang lunas pada tahun 2021 dengan nominal sekitar 30JT dan untuk tahun 2022 jika adapun penambahan biaya itu sudah disubsidi pemerintah.

"Perlu diketahui kepada bapak/ibu pahami untuk masalah isu yang beredar terkait uang H yang digunakan kemenag untuk pembagunan kota lain  itu tidak benar, karna kemenag tidak sepeserpun memegang uang tersebut karna langsung di stor ke Bank", ungkapnya H Sulman.

Selanjutnya arahan Bupati Meranti H Muhammad Adil SH MM mengatakan bahwa Sebagaimana yang telah kita ketahui dan kita yakini bahwa ibadah haji merupakan rukun islam kelima yang wajip dilaksanakan oleh semua umat islam yang mempunyai kemampuan untuk melaksanakannya sekall seumur hidup, hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Ali-Imran ayat 97, yang artnya Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia termadap Allah bagi orang-orang yang sanggup mengadakan perjalanan untuk mengerjakannya".

Oleh karenanya, sebelum kita berangkat melaksanakan/mengerjakan ibadah haji ke tanah Suci Makkah A-Mukarramah, kita harus lebih dahulu mempersiapkan diri dengan bermacam-macam persiapan secara matang dan teratur, baik dalam bentuk material maupun ilmu pengetahuan, sehingga dalam melaksanakan ibadah haji nantinya kita akan memperoleh hasil yang baik dan memuaskan yaitu: "Haji Yang Mabrur dan Maqbul" yang diridhai Allah SWT. Karena haji yang mabrur itulah yang menjadi dambaan dan harapan kita semua. Dimana kemabruran haji tersebut kita akan memperoleh balasan dari Allah SWT adalah syurga. seperti Kita Ketanui banwa tahun-tahun


sebelumnya calon jammah haji belum bisa berangkat dikarenakan pandemi Covid-19, tetapi pada musim haji tahun ini bapak-bapak dan ibu-ibu calon haji bisa melaksanakan ibadah haji, untuk itu demi kelancaran bapak ibu calon jamaah haji sekalian dalam melaksanakan ibadah haji, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti melalui Kantor Kementerian Agama membantu bapak-bapak dan ibu-ibu dalam menunaikan ibadah haj melalu kegiatan pelatihan atau manasik haji yang akan kita laksanakan pada hari ini.

Adapun manasik haji yang kita buka pada hari ini adalah merupakan suatu kesempatan baik yang diadakan khusus untuk calon jamaah haji Kab. Kepulauan Meranti dalam rangka menambah dan memperdalam ilmu pengetanuannya tentang seluk beluk melaksanakan ibadah haji sehingga apa yang dilaksanakan nantinya sampai ditempat pelaksanaan haji tidak akan sia-sia. Oleh karenanya manasik yang akan dikuti adalah sangat penting bagi calon-calon jamaah.

Perlu kita ingat bahwa melaksanakan ibadah haji ke tanah suci Makkah tentunya tidak sama dengan berdarmawisata keluar negeri, karena untuk melaksanakan ibadah haji kita dituntut untuk menguasai semua petunjuk dan ketentuan yang berhubungan dengan keabsahan haji itu sendiri, sebab kalau tidak mengikuti ketentuan-ketentuan tersebut tentunya ibadah haji itu tidak sah dan semua pengorbanan kita akan sia-sia.

Para Calon Jamaah Haji yang Kami Muliakan, Bagi bapak-bapak dan ibu-ibu yang mengikuti manasik haji ini diharapkan dengan sungguh-sungguh ikhlas dan teratur supaya lebih sukses dilapangan nantinya, dan yang akan memberikan pelajaran, bimbingan serta petunjuk-petunjuk sengaja dipilih bapak-bapak/ibu-ibu yang sudah berpengalaman langsung dalam melaksanakan ibadah haji. Dengan demikian, pengarahan/bimbingan yang akan diberikan tentunya akan lebih terarah, mantap dan tepat sasaran.

Kepada semua pihak yang telah membantu teriaksananya kegiatan ini kami haturkan terima kasih. Kepada para pemateri kami sangat mengharapkan bantuan yang maksimal kepada calon jamaah haji Kab. Kepulauan Meranti baik dalam bentuk pengetahuan maupun dalam bentuk bantuan lainnya, seningga para jamaan akan sukses dalam melaksanakan ibadah hajinya.

"Saya harapkan kepada bapak/ibu yang mau naik H agar dapat mengikuti arahan panitia apa lagi sudah sampai disana jangan sampai lalai atau sombong, harus ikhlas dan sucikan hati agar benar-benar mabrur, saya ceritakan dulu waktu saya naik H itu jangka waktu 1 tahun,  pergi tanun 2005 pulang 2006 lama kan, kalau sekarang orang saat ini cuman 40 H lamanya", sebutnya H Muhammad Adil SH MM.

"Kemudian jaga ucapan kita disana jangan sembarang ngomong jadi harus hati-hati karna sesuai dengan pengalaman saya saat saya naik H, Saya do'akan agar bapak/ibu selamat sampai tujuan dan kembali membawa berkah", akhirnya H Muhammad Adil SH MM.

Bagikan berita ini

Disqus comments