BWA Sudah Distribusikan Al Qur'an Untuk Riau Sebanyak 60.000 Eksemplar, Terbanyak di Kepulauan Meranti - TARGETRIAU

Jumat, 17 Juni 2022

BWA Sudah Distribusikan Al Qur'an Untuk Riau Sebanyak 60.000 Eksemplar, Terbanyak di Kepulauan Meranti


SELATPANJANG - Sebanyak 10.000 Al-Qur’an wakaf telah tiba Kepulauan Meranti dan Bengkalis. Ini merupakan ketiga kalinya Badan Waqaf Al Qur'an (BWA) mendistribusikan Al-Qur’an di Riau.

Melalui program Wakaf Alquran dan Pembinaan (WAP), sudah 60.000 BWA mendistribusikan Al-Qur’an amanah dari para wakif sekalian untuk kaum muslim di bumi Lancang Kuning itu. 

Proses distribusi Alqur’an wakaf yang dimulai sejak tanggal 10 Juni 2022 dan masih berlangsung hingga saat ini.

Awal distribusi, Al Qur'an waqaf sebanyak 10.000 itu tiba dari Rengat, Indragiri Hulu ke Selatpanjang, ibukota Kabupaten Kepulauan Meranti. 

Selanjutnya Partner Lapangan BWA di Kepulauan Meranti, Ustadz Fefen bersama 13 orang lainnya langsung berangkat ke Pelabuhan Camat Selatpanjang untuk meloading Al-Quran. 

Sesuai rencana, setelah Al-Quran sudah dimuat ke kapal maka seluruh tim berangkat ke Bengkalis tak terkecuali tim BWA Jakarta yang langsung berangkat melalui Batam. 

"Senang rasanya kami bisa memenuhi permintaan Al-Quran dari saudara muslim di Pulau Bengkalis karena selama distribusi Al-Quran tahap 1 dan 2 tahun 2021 memang belum pernah kebagian Bengkalis ini. Apalagi jaraknya sangat jauh jika dari Selat Panjang dan tentu biayanya cukup mahal," kata Fefen.

Fefen juga menyebutkan jika kuota Al Qur'an waqaf yang telah dibagikan di Kepulauan Meranti sudah mencapai sebanyak 30.000 eksemplar, jumlah itu paling banyak jika dibandingkan dengan daerah lain. 

Dimana sebelumnya distribusi tahap 1 sebanyak 20.000 eksemplar Al-Quran sudah disebarkan pada September 2020 lalu. 

Dikatakan, kenapa Kepulauan Meranti lebih banyak, karena kabupaten termuda di Provinsi Riau ini sudah memiliki Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2016 yang isinya tentang Pendidikan Khusus Bebas Buta Aksara Al-Quran, hal ini pula sejalan dengan agenda BWA yang ingin membumikan Al-Quran ditengah masyarakat. 
 
Diceritakan, perjalanan ke Pulau Bengkalis menggunakan kapal kempang dengan bobot 6 Gross ton yang hanya bisa membawa 3.700 Al-Quran. Kuota tersebut diperuntukkan 3.000 untuk Bengkalis, 300 Al Qur'an masing-masing untuk Kecamatan Tasik Putripuyu, Merbau dan 100 untuk Pulau Merbau. 

Sisanya sebanyak 9.300 Al Qur'an di Kepulauan Meranti akan didistribusikan Minggu depan untuk beberapa kecamatan, diantaranya Tebingtinggi, Tebingtinggi Barat, Rangsang, Rangsang Barat dan Rangsang Pesisir. 

Adalah Komarudin, dia kapten kapal yang membawa 3.700 Al Qur'an dari Selatpanjang menuju Bengkalis yang melalui perairan Selat Malaka. Di usianya yang sudah menginjak 62 tahun baru kali ini ia melihat pemuda yang membagikan Al Qur'an ke daerah-daerah pelosok dan ia menyatakan termotivasi terhadap kegiatan tersebut. 

"Di usia yang sudah memasuki 62 tahun ini saya termotivasi dan semangat melihat anak anak muda membagikan Al Qur'an. Sudah lama tidak pernah melihat ada kegiatan seperti ini, alsemoga terus berlanjut berbagi Al Qur'an ke pulau pulau ya," ujarnya. 

Setelah menempuh selama 6 jam perjalanan laut, akhirnya tim tiba di Pulau Bengkalis yang disambut oleh Ustadz Adi, Aswan, Wiwin dan Ustadz Sandi. Mereka juga merupakan para relawan yang membantu menyebarkan Al Qur'an ke daerah-daerah pelosok. 

Menurut Ustadz Adi, ini adalah bantuan Al Qur'an terbanyak yang pernah ada di pulau Bengkalis. 

"Kami sangat bahagia ada saudara-saudara jauh kami yang sangat peduli, semoga dengan adanya bantuan Al Qur'an ini bisa kami salurkan kembali ke saudara kami yang membutuhkan," ucapnya. 

Adapun distribusi ketiga kalinya ini merupakan target penyebaran sebanyak 100.000 Al Qur'an waqaf untuk beberapa wilayah di Provinsi Riau yang akan disalurkan dan ditargetkan selesai pada akhir tahun 2022.

Untuk menyelesaikan distribusi Al Qur'an tersebut, tim BWA dibagi dua. Mereka yang berangkat dari Jakarta membawa sebanyak 10.000 Al Qur'an ke Kepulauan Meranti hingga Bengkalis yang dipimpin langsung oleh Direktur Program BWA, H Hazairin yang ditemani relawan Weli, Muhaimin dan Tegar. 

Sementara tim lainnya juga membawakan 10.000 Al Qur'an yang membagikan untuk wilayah Riau daratan, dipimpin oleh Nabil, Kiagus Yudi Yahya dan Hartandi. 

"Jazakumullah khoiron katsir kepada semua pihak yang telah banyak memberi kemudahan dalam kegiatan pengadaan dan distribusi Al-Quran wakaf ini terutama kepada para wakif BWA yang sampai saat ini Al-Quran untuk Kepulauan Meranti dan Riau sekitarnya terkumpul dan terdistribusi sebanyak 60.000 Al-Quran. Berarti masih ada sisa 40.000 Al Qur'an yang akan kita distribusikan lagi jelang akhir tahun nanti," kata Direktur Program BWA, H Hazairin. 

Rasa terimakasih juga diucapkan kepada semua pihak yang telah membantu dalam hal pendistribusian Al Qur'an hingga sampai kepada tangan penerima. 

"Terimakasih juga kepada komunitas UKM yang banyak mensupport kegiatan ini, terimakasih juga kepada ekspedisi Galena logistik yang telah membantu membawa Al-Quran dari Jakarta sampai ke lokasi drop poin di Riau dan tak lupa terimakasih kepada para partner lapangan BWA yang membantu menyebarkan Al Qur'an wakaf hingga ke daerah pelosok dan pulau terpencil. Semoga semua ini menjadi amal pahala jariyah yang tiada terputus hingga akhir zaman," pungkasnya.

Bagikan berita ini

Disqus comments