Bupati H. Muhammad Adil Buka Secara Resmi MTQ ke-13 Kabupaten Kepulauan Meranti - TARGET RIAU

Minggu, 03 Juli 2022

Bupati H. Muhammad Adil Buka Secara Resmi MTQ ke-13 Kabupaten Kepulauan Meranti


MERANTI - Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil S.H., M.M dan Wakil Bupati AKBP (Purn) H. Asmar buka secara resmi MTQ ke-13 tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti, bertempat di Desa Alai, Kecamatan Tebing Tinggi Barat,di halaman Astaka Utama Kantor Camat Tebing Tinggi Barat, Sabtu (02/07/2022).

Turut hadir, Wabup H. Asmar, Ketua PKK Hj. Rinarni, Ketua DPRD Kepulauan Meranti Ardiansyah, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul LTG, Kajari Kepulauan Meranti Waluyo, Danramil Kapten Tarman S, Danposal Selatpanjang Letda laut Justine,  Ketua MUI KH Dr. Imam ghozali,  Sekda Kepulauan Meranti Bambang Suprianto, Ketua LAMR, Ketua LPTQ Kepulauan Meranti, Kepala Baznas, Kalapas, Ka. Imigrasi, Kacab Bank Riau Kepri, Pimpinan OPD, Para Camat serta Masyarakat yang berkesempatan hadir.

Acara dimulai dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an dan laporan pelaksanaan kegiatan MTQ ke-13 oleh Asisten I Irmansyah. Dia mengatakan bahwa mengenai persiapan sudah dilakukan beberapa waktu yang lalu, untuk desain Astaka diambil dari Masjid Nabawi dan sementara yang lainnya mempunyai makna tersendiri. Sementara tema MTQ adalah wujudkan generasi yang maju, cerdas dan bermartabat. Sementara untuk yang mengikuti lomba tersebut berjumlah 287 baik itu dari Kepulauan Meranti maupun dari luar yang ikut serta.


"Kami ucapkan terima kasih atas kerja sama serta partisipasi dari semua pihak sehingga MTQ ke-13 bisa terlaksana dengan baik hingga akhir acara, kami mohon maaf jika terdapat kekurangan semoga acara ini mendapat Rhido Allah S.W.T," ungkap Irmansyah.

Selanjutnya sambutan dari Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil sekaligus membuka secara resmi acara MTQ ke-13.

"Atas nama Pemkab Kepulauan Meranti, apresiasi yang setinggi-tingginya diberikan kepada LPTQ Kabupaten Kepulauan Meranti dan panitia pelaksana atas terselenggaranya MTQ ke-13 tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti tahun 2022 ini," ucap Bupati.

"Kami juga mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya MTQ ini sebagai salah satu bagian dari upaya peningkatan pembinaan sumber daya manusia yang telah menjadi agenda pokok program pemerintah. Kepada pihak atas semua peserta MTQ, hadirin dan undangan yang berbahagia. Pengembangan termasuk salah satu dari tujuh program strategis pemerintah daerah. Kita yakin, masyarakat yang mengaji, menghafal, dan mengamalkan ajaran ajaran Al-Qur'an akan mampu meningkatkan kemajuan dan martabat daerah," tutur Bupati.


"Pendidikan keagamaan sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa acara MTQ ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan mulai tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten, Nasional bahkan Internasional. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas mutu bacaan, pemahaman, serta pengamalan isi kandungan Al-Qur'an di kalangan umat Islam," tambahnya.

"Sesuai dengan tema MTQ tahun ini, yaitu 'Mewujudkan Generasi Qur'ani Yang Maju, Cerdas dan Bermartabat'. Kami juga mengharapkan MTQ tahun ini akan melahirkan para Qori terbaik ditengah arus globalisasi dan geseran sistem norma dan perilaku masyarakat maka nilai-nilai Islami dan spirit Qur'ani haruslah kita jadikan rujukan utama, baik di lingkungan keluarga, lingkungan sosial, maupun dalam tataran kehidupan Bangsa dan Negara," tambahnya lagi.

"Oleh karena itu, melalui Musabaqah Tilawatil Qur'an, marilah kita bersama-sama untuk mendekatkan jiwa umat Islam kepada kitab suci dan meningkatkan semangat membaca, mempelajari, serta mengamalkan Al-Qur'an melalui perlombaan yang memadukan antara suara keharmonisan lagu/ irama tanpa melanggar kaidah tajwid dan diiringi dengan adab membaca Al-Qur'an yang merdu," tutup Bupati.

Kemudian acara diakhiri dengan Do'a bersama dan pembagian undian kupon berhadiah untuk masyarakat yang hadir di acara tersebut. (Adv).

Bagikan berita ini

Disqus comments