Prestasi Gemilang, Anak Meranti Ini Wakili Bekasi Pada Ajang Kejurprov Jawa Barat - TARGETRIAU

Jumat, 08 Juli 2022

Prestasi Gemilang, Anak Meranti Ini Wakili Bekasi Pada Ajang Kejurprov Jawa Barat


Pesilat asal Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau utusan dari Keluarga Silat Nasional (Kelatnas) Perisai Diri, Syah Alam Barreeq Samudra kembali berhasil meraih prestasi yang membanggakan dan menorehkan prestasi gemilang.

Kali ini ia mewakili sekolahnya SMA Presiden Bording School, Kabupaten Bekasi dan mengikuti Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Jawa Barat sekaligus untuk seleksi Pekan Olahraga Pelajar Wilayah Nasional (Popwilnas) 2023 mendatang. Pasalnya tahun ini daerah Tatar Sunda itu tidak melaksanakan Popda tingkat provinsi.

Barreeq pun dinobatkan menjadi pemenang Pencak Silat Laga Kelas E Putra Kejurprov Pelajar mewakili Kabupaten Bekasi.

Kejuaraan yang berlangsung selama tiga hari itu diikuti oleh pesilat-pesilat terbaik  Tanah Pasundan utusan dari berbagai perguruan.

Dibawah asuhan pelatih Rony Samudera yang juga ayahnya itu, Barreq berhasil menampilkan penampilan terbaiknya dan berhasil menumbangkan lawannya di setiap sesi pertandingan.

Barreq yang merupakan siswa kelas X MIPA SMA Presiden angkatan 18 merupakan atlet beladiri yang berpotensi. Hal itu terbukti, semakin seringnya pesilat muda tersebut memperoleh medali dalam setiap ajang pertandingan bergengsi.

Barreq yang awalnya mengikuti Kejuaraan Daerah (Kejurda) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) tingkat Kabupaten Bekasi Road to Kejurprov Jawa Barat itu dinyatakan lulus seleksi berdasarkan track record prestasi.

Pada babak penyisihan, Barreq berhasil meraih medali emas setelah menumbangkan lawannya dari Perguruan Pencak Silat Satria Muda Indonesia (SMI).

Tak sulit baginya menumbangkan lawan. Alhasil di babak semifinal ia kembali berhasil menumbangkan pesilat dari Perguruan Silat Nasional Maung Lugay.

Pada partai final, Barreq berhasil menghempas lawannya pesilat dari Perguruan Persaudaraan Setia Hati Teratai.

Dengan begitu, Barreq secara otomatis dijadikan sebagai atlet IPSI membela Bumi Patriot dalam ajang Kejurprov Jawa Barat.

Pelatih Keluarga Silat Nasional (Kelatnas) Perisai Diri, Rony Samudra mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi yang diraih oleh anaknya.

Dia menyebutkan, bahwa anaknya mempunyai tekad kuat dan terus berlatih demi mendapatkan hasil terbaik.

"Bangga dengan capaiannya saat ini. Tidak ada yang tidak mungkin, yang jelas tidak ada usaha yang mengkhianati hasil," kata Rony Samudera.

Ia berharap Barreq  bisa mempertahankan prestasinya serta tidak berpuas diri untuk terus mengikuti Kejuaraan pencak silat lainnya.

Menurut sang ayah, ini bukan kali pertama anaknya mengukir prestasi di bidang pencak silat. Torehan prestasi sudah banyak diperoleh baik berlaga di tingkat nasional maupun internasional.

Disebutkan, prestasi yang berhasil diperolehnya merupakan hasil dari ketekunan dalam mengasah bakatnya. Fase latihan intensif pun telah dilalui Barreq.

Dengan usia yang cukup muda, masa depan Barreq dalam mengembangkan bakat minatnya masih terbuka lebar yang sebelumnya banyak prestasi yang telah diraih.

Berikut sederet prestasinya di dunia persilatan yang telah dicapai diantaranya Mendali Emas dalam Kejuaraan Nasional Pencak Silat IPSI Palembang OPEN 2021, mendali Emas Kelas D Praremaja Putra The 7th Open Tournament Pencak Silat International Singapore, juara 1 Kejuaraan Pencak Silat Tingkat Nasional IPSI CUP Regional Sumatra  2021, juara 1 Kejuaaraan Pencak Silat Pekanbaru Championship  2019, juara 1 Kejuaraan Pencak Silat Jakarta Championship 11 tahun 2019,

juara 1 Kejuaraan Pencak Silat Yogyakarta Championship 6 tahun 2019, juara 2 Internasional Singapura Open Pencak Silat Championship 7 tahun 2019, juara 2 Internasional Singapura Open Pencak Silat Championship 6 tahun 2018, juara 1 Pencak Silat Championship Menpora Cup 2018, juara 1 Kejuaraan Pencak Silat Bupati Cup 1 Kepulauan Meranti 2017 dan juara 2 Kejuaraan Pencak Silat Bupati Cup 2 Kepulauan Meranti 2018.

Saat ini pula Barreq juga tengah melakukan persiapan Pertandingan Internasional Kelatnas Perisai diri 2022 di Bali. (***)



Sumber : kabarpesisirnews.com

Bagikan berita ini

Disqus comments