Tingkatkan Mutu Pelayanan Publik, Pemkab Kepulauan Meranti Tanda Tangan Kerja Sama Dengan BSSN - TARGET RIAU

Jumat, 22 Juli 2022

Tingkatkan Mutu Pelayanan Publik, Pemkab Kepulauan Meranti Tanda Tangan Kerja Sama Dengan BSSN


MERANTI- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti melalui Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfotik) menandatangani kerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). 

Penandatanganan yang dilaksanakan secara virtual itu dilakukan oleh Sekda Kepulauan Meranti, Bambang Suprianto SE MM, bertempat di ruang kerja Sekda, Kamis (21/7/2022). 

Usai melakukan penandatanganan, Sekda Kepulauan Meranti Bambang Suprianto, mengungkapkan bahwa pada era yang sudah serba digital ini autentikasi data dan integritas data menjadi kebutuhan krusial dalam pengelolaan administrasi dan pelayanan publik pemerintah.

"Kita baru saja melakukan penandatanganan kerja sama dengan BSSN dimana tujuan dari kerja sama ini adalah untuk mewujudkan penerapan sistem elektronik yang aman di lingkungan pemerintah daerah dan juga untuk pelayanan prima terhadap ASN dan masyarakat," ujarnya. 

Kemudian kata Bambang, tujuannya juga untuk meningkatkan mutu profesioanlisme, penunjang pelayanan publik baik ASN maupun masyarakat efektif secara efektif dan akuntabel, elektronik karena memang diamanatkan dengan peraturan presiden tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik jadi Amanat Presiden Nomor 95 tahun 2018 kemudian dijabarkan lagi peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 11 Tahun 2018 tentang penyelenggaraan sertifikasi elektronik. 

"Jadi kewajiban pemerintah daerah untuk tataran kebijakan pelayanan publik  maka diwajibkan kita melakukan kerja sama ini untuk mempermudah, memperlancar, aparatur pemerintahan melakukan pelayanan publik dengan menggunakan pola digital," ujarnya lagi. 

Dijelaskan Bambang, kerja sama dengan BSSN ini dilakukan agar BSSN memberi kewenangan kepada pemerintah daerah untuk bisa melakukan penandatanganan secara elektronik tanpa, cukup dengan penggunaan perangkat digital maka dokumen yang ditanda tangani secara elektronik sudah sah secara hukum. 


Diungkapkan Bambang pula bahwa memimpin sebuah pemerintahan di era digital seperti saat ini memberikan tantangan sekaligus peluang bagi Kepala Daerah, untuk menciptakan penyelenggaraan pemerintahan yang efektif dan efisien. Serta memberikan pelayanan publik yang prima, mudah dan cepat kepada masyarakat.

"Ini juga tentunya sejalan dengan program Bupati yang mulai menyusun kebutuhan dasar dalam upaya mewujudkan visi Meranti Maju dengan konsep Smart City," ungkapnya. 

Sementara itu, Kepala Diskominfotik Kepulauan Meranti Muhlisin, S.kom mengatakan penandatanganan perjanjian kerja sama ini merupakan tahapan yang paling ditunggu, karna dimasa era digital ini sangat penting dalam pengelolaan administrasi dan pelayanan publik. 

"Alhamdulillah hari ini kita sudah melalukan Penandatanganan perjanjian kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dengan Badan Siber dan Sandi Negara(BSSN) telah ditanda tangani secara elektronik oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti, tahapan ini merupakan yang paling kita tunggu untuk dapat menerapkan sertifikat Digital di Kabupaten Kepulauan Meranti. Sekarang adalah era digital, autentikasi dan integritas data menjadi sangat penting dalam pengelolaan administrasi dan pelayanan publik pemerintah"ucapnya.

Muhlisin juga menjelaskan Sertifikat Elektronik sebagai Tanda Tangan Elektronik dapat lebih meningkatkan pelayanan publik di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti akan menerapkan penggunaan Tanda Tangan Elektronik(TTE) baik layanan terhadap ASN itu sendiri maupun layanan kepada masyarakat.

Penggunaan Sertifikat Elektronik dapat mempermudah dan mempercepat penandatanganan dokumen karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, bukan hanya dari sisi keamanan dokumen saja, tetapi juga dari sisi legalitas dokumen juga terjamin. 

"Yang paling penting adalah penggunaan sertifikat online ini akan mempermudah dan mempercepat penandatanganan dokumen dan dalam melayani dokumen masyarakat, Diskominfotik Kabupaten Kepulauan Meranti terus berupaya untuk lebih meningkatkan sarana dan prasarana pelayanan publik dibidang digital terhadap masyarakat, hal ini juga untuk mendukung Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kabupaten Kepulauan Meranti", pungkasnya. (Diskominfotik)

Bagikan berita ini

Disqus comments