Ponpes Darul Fikri Selatpanjang Adakan Tasyakuran Memperingati Milad yang Ke-3 - TARGET RIAU

Minggu, 25 September 2022

Ponpes Darul Fikri Selatpanjang Adakan Tasyakuran Memperingati Milad yang Ke-3


SELATPANJANG - Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Fikri Selatpanjang memperingati milad ke-3, peringatan hari lahir (harlah) ponpes yang beralamat di Jalan Sei Niur, Desa Banglas Barat, Kecamatan Tebingtinggi itu dilaksanakan tepat pada Kamis (22/9/2022) malam. Pukul 20.30 Wib. 

Tasyakur binni’mah dalam rangka memperingati tiga tahun berdirinya pondok pesantren yang akan mencetak ribuan penghafal Al-Qur’an itu berlangsung khidmat, kegiatan dilaksanakan dengan persiapan yang luar biasa dan antusias dari seluruh peserta yang hadir pada malam itu.

Tasyakuran bini'mah pada Milad yang ke-3 kali ini diisi dengan acara tabligh Akbar bersama ustadz Robithoh Alamhadi Faisal, S.HI, M.H yang beliau merupakan (Pimpinan Ponpes Jabal Nur Kandis). Selain dihadiri para pengasuh seperti K. H Ahmad Fauzi, S. Ag, Kepala Sekolah SMAIT Darul Fikri boarding school Ustadz Amrul Fahmi Hasibuan, S. Pd, kepala sekolah SMPIT Darul Fikri boarding school ustadzah Fatmi Hayati, S. Ag, M. Pd.I., para guru dan seluruh karyawan, serta wali santri. Juga tampak hadir Asisten I Setdaprov Riau Drs. H. Masrul Kasmy, Msi yang mewakili bapak gubernur yang berhalangan hadir, Bapak bupati atau yang mewakili Drs. Muhammad Mahdi (Staff Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM) Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau, anggota DPRD serta pimpinan OPD.

Hadir juga , Wakapolres Kep. Meranti Kompol Robert Alizar SSos, Ketua LPTQ Kab. Kep. Meranti, Perwakilan IDI Riau dr. Diana Tabrani, Drs.M.Zairi; Ketua MKPS Kep. Meranti, Danramil Kep. Meranti, Dinas Pendidikan, Camat Tebing Tinggi serta Lurah Desa Banglas Barat, Ketua JPRMI Kab. Kep. Meranti dan pihak lainnya.

Kegiatan semakin semarak ketika para santri mendendangkan musik hadroh dengan mengalunkan bermacam lagu shalawat. 

Selanjutnya dilakukan pemotongan Tumpeng bersama sebagai bentuk tanda syukur. Oleh pengasuh pondok pesantren, Tumpeng merupakan akronim dari kalimat Jawa yakni ‘yen meTu kudu meMPENG’ yang jika diartikan ‘ketika keluar harus sungguh-sungguh semangat’. Begitu juga diharapkan kepada para santri yang harus bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu.

Dalam kesempatan itu, Asisten I Setdaprov Riau Drs. H. Masrul Kasmy, Msi yang mewakili bapak gubernur provinsi Riau dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pondok ini makin berkah dan besar. Di Meranti ini InsyaAllah akan banyak lahir hafiz-hafizah, alim-alimah yang nanti akan memperjuangkan agama Allah. Apa yang dilakukan oleh Ponpes Darul Fikri ini sudah tepat, kita dukung sama-sama, mudah-mudahan InsyaAllah Ponpes ini makin lama makin makmur, makin banyak fasilitas yang bisa dilakukan. Tetapi juga hal yang paling penting selain bangunannya adalah kualitas. Nanti juga berbagai keilmuan yang kita lihat begitu banyak lulusan-lulusan itu terbukti menjawab tantangan hari ini dan masa depan. " Ucapnya dengan rasa bangga. 

Sebelumnya, Pimpinan dan Pengasuh Pondok Pesantren Darul Fikri Selatpanjang, KH Ahmad Fauzi S.Ag., dalam sambutannya mengatakan kepada wali santri yang menitipkan anaknya di pondok hendaknya totalitas dalam arti menginginkan anaknya menjadi generasi hebat yang tumbuh dalam menegakkan kebenaran yang berlandaskan Al-Qur’an dan hadits.

Di Ponpes Darul Fikri ini telah terdapat 110 orang karyawan, dari guru hingga tukang masak, laundry dan kebersihan. Sedangkan untuk amal usaha kami tidak ada. Akan tetapi pada malam hari ini kami belajar amal usaha dengan adinda kami yakni dengan cara membuka bazar. Yang mana anak-anak belajar ber-enterpreneur, mulai dengan bercocok tanam, hingga mereka juga bisa mengolah suatu karya dari bahan bekas. Tuturnya. 

Kemudian K. H Ahmad Fauzi melanjutkan bahwasannya "Alhamdulillah untuk air minum juga kami tidak beli, karena hari ini alhamdulillah masyarakat menyumbangkan 7 kolam, itulah sumber air yang kami gali dan olah. Karena Selatpanjang ini air bornya tak bisa dipakai. 

" Tahun 2020, 2021, 2022 Alhamdulillah selama berdiri pondok ini tak ada lagi namanya kemarau panjang, Selatpanjang mudah-mudahan berkah barangkalai melalui wasilah berdirinya Ponpes Darul Fikri ini, Aamiin. 

Dikatakan memasuki usia tiga tahun, perkembangan Pondok Pesantren Darul Fikri sangat pesat hal itu tidak terlepas dari dukungan yang diberikan masyarakat dan pemerintah daerah.

Ponpes Darul Fikri ini memang sudah berusia tiga tahun, namun sudah bagaikan Lailatul Qadar yang berlari sangat kencang. Ada saja jalan dari Allah untuk orang menyumbang pembangunan, kontribusi masyarakat dan dukungan pemerintah membuat para pengurus pondok pesantren sangat bersemangat sampai saat ini. 

Saat ini sebanyak 110 orang guru dan karyawan yang diberdayakan di pondok pesantren dan sudah banyak pula prestasi yang telah diraih. MasyaAllah walhamdulillah. Bebernya lagi. 

Diceritakan Ustadz Ahmad Fauzi, pembangunan pondok pesantren ini berawal dari donasi dari beberapa donatur dan masyarakat Kepulauan Meranti yang telah berpartisipasi menyumbangkan sebagian rezekinya untuk membangun Pesantren Darul Fikri. Selain itu, saat ini juga sedang berjalan proses pembangunan mesjid dan tempat makan santri bantuan dari pemerintah daerah Kepulauan Meranti. Saat ini sudah habis 100 juta untuk pembangunan mat'am atau tempat makan santri, karena selama ini santri makan di depan teras asrama, belum ada tempat khusus, dan dana masih dibutuhkan sekitar 500 juta, dan kami berharap para donatur dan masyarakat siap untuk membantu proses pembangunan Ponpes Darul Fikri ini. " Jelasnya lagi. 

Terakhir kata sambutan yang disampaikan oleh bapak Drs Muhammad Mahdi (Staff Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM) kabupaten Kepulauan Meranti provinsi Riau yang mewakili bapak Bupati kabupaten Kepulauan Meranti memberikan beberapa pesan untuk Ponpes Darul Fikri Selatpanjang " Terus tingkatkan sumber daya manusia yang berkualitas serta semakin banyak juga untuk mencetak generasi penghafal Al-Qur'an di daerah kabupaten Kepulauan Meranti ini." Ujarnya. 

Sesuai dengan tema Milad Ponpes Darul Fikri pada malam hari ini adalah "Berakhlak, Berilmu, Bermartabat, Bersinergi Bersama Ummat" Kami berharap Ponpes Darul Fikri ini tidak hanya menciptakan generasi yang cerdas secara intelektual. Akan tetapi kami dan pemerintah kabupaten Kepulauan Meranti akan terus berupaya melaksanakan program pemerintah dengan memperhatikan aspek kehidupan yang berbasis keagamaan. Harapnya. 

Kemudian akhir acara dilanjutkan dengan Tabligh Akbar sekaligus do'a oleh ustadz Robithoh Alamhadi Faisal, S.HI, M.H yang merupakan Pimpinan Ponpes Jabal Nur Kandis. (Red)

Bagikan berita ini

Disqus comments