Jalin Kerja Sama Urusan Pemerintahan, Muhammad Adil Temui Ganjar Pranowo - TARGETRIAU

Selasa, 25 Oktober 2022

Jalin Kerja Sama Urusan Pemerintahan, Muhammad Adil Temui Ganjar Pranowo


SEMARANG - Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, SH, MM, menggelar pertemuan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, SH, M.IP,  di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur Jawa Tengah, Kota Semarang, Selasa, (25/10/2022).

Pertemuan dimaksud dalam rangka menjalin kerja sama urusan pemerintahan dan membangun sinergitas antara Pemkab Kepulauan Meranti dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam rangka mengintegrasikan dan mengoptimalkan pengelolaan sumber daya daerah, guna meningkatkan kemampuan dan kinerja dalam mencapai sasaran pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Tahap awal, pertemuan ini berkonsentrasi pada pengembangan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kepulauan Meranti, dimana dengan keberhasilan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah di bidang UMKM, dinilai dapat dijadikan rujukan pembinaan dan pengembangan UMKM dimaksud.

Di samping itu, juga dibahas potensi kerja sama daerah urusan pemerintahan bidang perindustrian, perdagangan, pertanian, perkebunan, informatika dan teknologi, pariwisata, kesehatan, serta urusan lainnya yang menjadi kewenangan masing-masing daerah.

Bupati Adil, dalam diskusi bersama Ganjar dan Pemprov Jateng menyampaikan beberapa hal terkait pengelolaan UMKM Kepulauan Meranti. Mulai dari proses produksi, pemasaran maupun sisi pembinaan yang dilakukan pemerintah bagi penggiat UMKM di Meranti.


Beberapa produk unggulan UMKM khas Meranti juga ikut ditampilkan dalam pertemuan ini. Diantaranya beberapa produk olahan sagu kemasan, kopi liberika kemasan, olahan udang kemasan dan produk lokal lainnya.

Bupati berharap, potensi kerjasama pengembangan UMKM ini dapat segera terlaksana.

"Harapan kita bersama Pak Gubernur, kerja sama ini memberikan keuntungan dan kemajuan bagi kedua belah pihak serta mampu membawa dampak positif dalam segi pelayanan publik, perekonomian dan pembangunan di Kabupaten Kepulauan Meranti dan Provinsi Jawa Tengah. Kami juga berharap kesepakatan bisa ditindaklanjuti dengan kerjasama yang bermanfaat bagi kedua daerah," harap Adil.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, memuji perkembangan UMKM Kepulauan Meranti setelah melihat secara langsung produk olahan yang ditampilkan.

"Pak Bupati, saya lihat disini ada mie sagu, brownies cookies sagu, abon sagu, kopi liberika meranti, olahan udang dan ikan, ini sudah sangat luar biasa, sudah dikemas sebagus ini, saya pikir Meranti sudah jago soal UMKM," sebut Ganjar.

Ganjar menyebutkan, potensi UMKM di Jawa Tengah sangat tinggi. Hal itu dilihat dari beberapa UMKM di daerah-daerah yang tetap bertahan di masa pandemi. Ia menambahkan, Kekuatan kebangkitan ekonomi salah satunya dengan menghidupkan dan mengembangkan UMKM. 


“Tantangan saat ini adalah membangkitkan kembali ekonomi dengan mencari momentum pijakan. Kekuatan saat ini apa, ya UMKM. Ini harus kita dorong dan mesti naik kelas. Keterampilan manajerial, pelatihan dan pengembangan harus terus dilakukan", ujar Ganjar Pranowo.

Orang nomor satu di Jawa Tengah ini juga memberikan akses kerja sama bagi Pemkab Kepulauan Meranti dan Pemprov Jateng dalam urusan pemerintahan daerah yang menjadi kewenangan masing-masing. Dia menginstruksikan perangkat daerah yang membidangi UMKM untuk melakukan pendampingan di lapangan ke beberapa outlet UMKM terbaik di Semarang.

"Nanti silahkan langsung bertukar nomor handphone, langsung berkoordinasi di lapangan, mudah-mudahan bermanfaat," harap Ganjar.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, dan Tenaga Kerja Kabupaten Kepulauan Meranti, Tengku Arifin S.Sos menyebutkan bahwa pertemuan ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dalam meningkatkan dan mengembangkan UMKM yang ada di Meranti. 

"Pada prinsipnya untuk tahap awal fokus kita adalah mengembangkan UMKM Meranti. Pak Bupati berkeinginan produk lokal kita mendapat tempat secara nasional maupun internasional. Kita menilai salah satu daerah dengan pengelolaan UMKM terbaik adalah Provinsi Jawa Tengah, untuk itu kedepan kita agendakan kerja sama ini," ungkap Tengku Arifin.

Turut Hadir dari Pemkab Meranti, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Marwan, Kepala Dinas Penanaman Modal PTSP Sutardi, Kepala Dinas Pertanian Ifwandi, Kepala Dinas Perikanan Eldi, Plt. Kepala Dinas Kominfotik Amat Safi'i, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Fahri, Plt. Kepala BPKAD Fitria Nengsih, Plt. Kabag Hukum Rahmawati, Kabid Perkebunan Hasbul Munzir, serta jajaran Pejabat Eselon II dan III dilingkungan Pemprov Jateng. [Diskominfotik]

Bagikan berita ini

Disqus comments