Buka Pelatihan Simulasi dan Pra-UKW, Bupati Harap Lahirkan Wartawan Berkualitas dan Paham Kode Etik Jurnalistik - TARGETRIAU

Rabu, 16 November 2022

Buka Pelatihan Simulasi dan Pra-UKW, Bupati Harap Lahirkan Wartawan Berkualitas dan Paham Kode Etik Jurnalistik


MERANTI - Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, SH, MM menghadiri sekaligus membuka Pelatihan Simulasi dan Pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW) seluruh Wartawan Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2022 di Ballroom Afifa Selatpanjang, Rabu (16/11/2022).

Ketua Pelaksana yang juga Sekretaris DPC Media Online Indonesia (MOI) Kepulauan Meranti Edi Hs, mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu road show untuk pelaksanaan UKW yang akan dilaksanakan pada tanggal 23-24 November mendatang guna mewujudkan wartawan yang bermartabat sesuai visi dan misi bupati menjadi masyarakat Meranti maju, cerdas dan bermartabat.

"Saat ini sudah ada 48 peserta yang sudah terdaftar. Kita berharap agar seluruh wartawan yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti yang belum terdaftar dapat mengikutinya," ujar Edi.

Field GPA Officer PT. Imbang Tata Alam (ITA) Iswardi mengucapkan selamat atas terlaksananya kegiatan tersebut. Sekaligus dia juga memohon doa dan restu dari pemerintah daerah dan rekan wartawan, agar operasional PT. ITA berhasil dengan baik dalam pengeboran minyak maupun dalam produksinya.

"Sehingga diharapkan bagi hasilnya bisa menambah APBD Kepulauan Meranti, " terangnya.

Direktur Pekanbaru Journalist Center yang Drs. Wahyudi El Panggabean, MH, yang juga pemateri dalam kegiatan itu mengatakan program pemerintah melalui dewan pers ini diharapkan dapat memberikan perahu UKW untuk menjadikan wartawan yang benar-benar berkompeten yang dapat menyampaikan informasi yang benar demi mendukung pembangunan di Kepulauan Meranti.

"Terima kasih pak Bupati dan PT. ITA yang telah memberikan dukungan moril dan materil kepada sahabat-sahabat saya yang saat ini masih memilih profesi dan pekerjaan sebagai seorang serdadu pena," ucapnya.


Bupati H.M Adil mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada panitia pelaksana. Dia berharap dengan terlaksananya kegiatan tersebut akan memberikan pengaruh positif bagi para jurnalis, khususnya para wartawan di Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Tentu saya juga menyambut baik dan memberi dukungan penuh atas terselenggaranya acara ini," ucap Adil.

Pelatihan Simulasi dan Pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan ini, kata bupati, merupakan bekal ilmu serta persiapan para wartawan untuk mengikuti UKW nantinya. 

"Karena sejatinya, pelatihan simulasi dan Pra UKW ini merupakan hal yang cukup bermanfaat bagi para wartawan untuk melanjutkan ke jenjang UKW," sebutnya.
 
Lebih lanjut, Adil menjelaskan standarisasi wartawan melalui UKW adalah sebuah kesadaran dari insan pers sendiri. Karena pentingnya wartawan yang berkualitas, dan berkualifikasi akan mampu memberikan pencerahan kepada masyarakat melalui tulisan-tulisan yang berkualitas pula.

"Untuk itu, kepada para peserta dapat menggunakan waktu dan kesempatan ini dalam mengikuti pelatihan dengan sebaik-baiknya. Ambil ilmu yang bernas dari narasumber kita pada hari ini, jadikan pelatihan ini guna untuk menghasilkan wartawan yang berkualitas dan yang terpenting mampu memahami kode etik jurnalistik," tambah Bupati.

Adil berharap pelatihan tersebut dapat menambah wawasan serta pengetahuan kepada para insan pers, dimana arus informasi mengalir begitu deras dan banyak masyarakat yang terlibat aktif menyebarkan informasi melalui media sosial.

"Karena itu kehadiran wartawan yang menguasai kode etik jurnalistik sangat penting, guna mengimbangi banjirnya informasi di media sosial," tutup Adil.

Hadir dalam pembukaan tersebut, Pimpinan OPD, Ketua DPC Media Online Indonesia (MOI) Kepulauan Meranti, Perwakilan PT. Imbang Tata Alam (ITA), para ketua organisasi wartawan, para peserta, dan tamu undangan lainnya. (Prokopim)

Bagikan berita ini

Disqus comments