Didampingi H. Asmar, Ini Rangkaian Kegiatan Gubri Syamsuar di Meranti - TARGET RIAU

Sabtu, 15 April 2023

Didampingi H. Asmar, Ini Rangkaian Kegiatan Gubri Syamsuar di Meranti


MERANTI - Pelaksana tugas (Plt) Bupati AKBP (Purn) H. Asmar mendampingi Gubernur Riau (Gubri) Drs. H. Syamsuar, M.Si pada acara Safari Ramadan 1444 H di Kepulauan Meranti.

Tiba di Desa Pelantai Kecamatan Merbau, Gubri Syamsuar beserta rombongan langsung disambut oleh Plt. Bupati H. Asmar, pimpinan OPD, Camat Merbau dan unsur pimpinan Kecamatan lainnya.

Mengawali safari di Masjid Syuhada Desa Pelantai, Gubri menyerahkan bantuan program kemitraan Bank Riau Kepri Syariah untuk masjid dan musala sebesar Rp 25 juta serta sejumlah bantuan lainnya.

Kemudian rombongan berangkat menuju Desa Tenggayun Raya Kecamatan Rangsang Pesisir untuk acara peletakan batu pertama Pondok Pesantren (Ponpes) Al Hidayah.

Selain itu juga dilakukan penyerahan bantuan Baznas Provinsi Riau lewat Program Seribu Paket Santunan Idul Fitri (SPSI) dan Program Kado Dai Riau (KADIR) oleh gubernur kepada penerima.

Ketua Baznas Provinsi Riau H. Masriadi, Lc, M.Sha menyampaikan terkait arahan Gubernur Riau, bahwa daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) harus dibangun Ponpes.


Maka dari itu Baznas Provinsi Riau telah melakukan survei dan menetapkan lokasi yang strategis di Desa Tenggayun Raya. Dengan luas lebih kurang 2,4 hektar yang diwakafkan oleh Kepala Desa Tenggayun Raya.

"Semoga Ponpes ini bisa memberikan pendidikan yang baik di Kabupaten Kepulauan Meranti, khususnya Kecamatan Rangsang pesisir," ujarnya.

Gubernur Syamsuar mengatakan pembangunan Ponpes tersebut merupakan kerjasama antara Pemerintah Provinsi Riau dan Baznas. Baik untuk urusan syariat juga peningkatan ekonomi umat.

"Ramadan ini, kita juga akan menyantuni 1000 kaum duafa dengan besaran Rp 500 ribu per orang yang diberikan kepada fakir miskin di Kepulauan Meranti," ungkapnya.

Selanjutnya, dia juga berpesan dalam menghadapi musim kemarau kering saat ini diharapkan masyarakat untuk tidak membakar. Dengan begitu, Provinsi Riau, khususnya Kabupaten Kepulauan Meranti terjaga dan terhindar dari asap akibat kebakaran lahan dan hutan.

Dihari yang sama, setelah berbuka puasa bersama di Rumah Dinas Plt. Bupati Kepulauan Meranti, Gubri melanjutkan safarinya ke Masjid Al-Muhtadin Desa Banglas Barat Kecamatan Tebingtinggi.


Di sini Syamsuar melaksanakan salat isya dan tarawih berjamaah. Setelahnya dilakukan penyerahan bantuan Corporate Social Responbility (CSR) Bank Riau Kepri Syariah dan bantuan program Baznas Provinsi Riau kepada masyarakat yang layak menerima.

Adapun bantuan yang diberikan berupa program pengentasan kemiskinan ekstrem kepada 1000 kaum duafa sebesar Rp 500 juta, 40 orang penerima program SPSI sebesar Rp 20 juta, dan 10 orang program KADIR sebesar Rp 10 juta.

Plt. Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar mengucapkan terima kasih atas kunjungan safari ramadan Pemerintah Provinsi Riau di Kepulauan Meranti. Hal ini merupakan upaya untuk memupuk jalinan silaturahmi antara pemerintah, ulama dengan masyarakat.

"Secara substansi kegiatan ini juga merupakan wadah penyampaian informasi terkait pembangunan baik dari pemerintah kepada masyarakat," ujar Asmar.

Kemudian, Plt Bupati H. Asmar juga mohon doa dan dukungan agar bisa menjalankan roda pemerintahan dengan baik.

"Mohon juga didoakan agar program-program strategis yang disusun dapat berjalan dengan sukses sehingga berdampak berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat di Kepulauan Meranti," harap Plt. Bupati Meranti itu. (Adv)

Bagikan berita ini

Disqus comments