Selain Indomie Rasa Ayam Bawang, Ini Daftar Produk Mi Instan RI Ditarik dari Peredaran di Luar Negeri - TARGET RIAU

Jumat, 28 April 2023

Selain Indomie Rasa Ayam Bawang, Ini Daftar Produk Mi Instan RI Ditarik dari Peredaran di Luar Negeri


PRODUK mi instan asal Indonesia kembali ditarik dari peredaran di luar negeri. Kali ini, masalah terjadi di Taiwan dan menimpa produk Indomie rasa ayam bawang karena dikabarkan mengandung zat pemicu kanker.

Adapun kasus penarikan produk mi instan asal RI bukan kali pertama terjadi. Sebelum kasus Indomie rasa ayam bawang di Taiwan itu, beberapa produk mi instan Indonesia juga ditemukan mengandung zat berbahaya sehingga harus ditarik dari peredaran.

Berikut sederet produk mi instan RI yang ditarik dari peredaran di luar negeri:

1. Indomie Rasa Ayam Spesial
Departemen Kesehatan Taipei mengatakan bahwa produk Indomie rasa ayam spesial tersebut mengandung etilen oksida, senyawa kimia yang terkait dengan limfoma dan leukemia. Berdasarkan hasil pengujian, etilen oksida itu terdeteksi di paket bumbu mi instan Indonesia tersebut.

Sebagai tindak lanjut atas temuan tersebut, Departemen Kesehatan Taipei meminta para pengecer untuk menarik kedua produk tersebut. Tidak hanya itu, para importir produk akan dikenakan denda NT$ 60 ribu sampai 200 juta, atau setara Rp 29 juta sampai 98 miliar (kurs Rp 490).

2. Mie Sedaap Korean Spicy Soup dan Korean Spicy Chicken
Pada 6 Oktober 2022 lalu, Badan Pangan Singapura (SFA) menarik dua varian Mie Sedaap dari peredaran. Penarikan produk dilakukan pada Kamis (6/10/2022), karena terindikasi mengandung pestisida jenis etilen oksida.

SFA memerintahkan Sheng Sheng F&B Industries untuk menarik dua varian Mie Sedaap, yatu Korean Spicy Soup dan Korean Spicy Chicken. Produk Mie Sedaap Korean Spicy Soup yang ditarik adalah produk dengan masa kadaluwarsa 17 Maret 2023. Sementara Mie Sedaap Korean Spicy Chicken yang ditarik berlaku untuk yang masa kadaluwarsanya 21 Mei 2023.

Wings Group pun membantah temuan dari SFA. Head of Corporate Communications & CSR WINGS Group Indonesia, Sheila Kansilmemastikan tidak ada penggunaan etilen oksida (EtO) dan telah memenuhi standar keamanan pangan sehingga aman untuk dikonsumsi.

Tidak hanya di Singapura, di bulan September lalu Center for Foods Safety (CFS) Hong Kong mengumumkan bahwa mereka menemukan pestisida, etilen oksida pada produk mi instan asal Indonesia yakni Mie Sedaap goreng rasa Korean Spicy Chicken.

Produk itu didistribusikan oleh agen tunggal Golden Long Food Trading Ltd dan PARKnSHOP (HK) Limited sebagai pengecer.

CFS mengumpulkan sampel produk dari supermarket di Lok Fu untuk pengujian secara rutin di bawah Program Pengawasan Makanan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sampel mi, paket bumbu dan bubuk cabai produk mengandung pestisida, etilen oksida.

3. Mie Sedaap Rasa Soto dan Kari Ayam
Pada 8 Oktober 2022, untuk kedua kalinya SFA melaporkan untuk menarik dua varian rasa Mie Sedaap, yaitu rasa soto dan kari ayam dengan tanggal kedaluwarsa masing-masing 11 Desember 2022 dan 22 Februari 2023.

Menarik produk Mie Sedaap asal Indonesia karena adanya etilen oksida. SFA meminta Arklife Distributors Pte Ltd menarik kembali Mie Sedaap rasa soto dan kari ayam.

4. Mie Sedaap Cup Rasa Kari dan Mie Sedaap Korean Spicy Chicken
Masih di Singapura, untuk ketiga kalinya SFA mengumumkan lagi soal penarikan varian produk Mie Sedaap. Pengumuman penarikan ini hanya disampaikan pada 11 Oktober 2022 atau selang 3 hari dari penarikan sebelumnya.

Adapun kala itu terdapat dua varian yang diperintahkan untuk ditarik, Mie Sedaap cup rasa kari dan Mie Sedaap Korean Spicy Chicken.

SFA mengidentifikasi bubuk cabai yang terkontaminasi etilen oksida. PT Wings Surya bekerja sama dengan importir untuk menarik produk Mie Sedaap tersebut dengan bubuk cabai untuk ditarik dari pasar ritel dan akan memformulasi ulang produk untuk memperbaiki penyebab kandungan etilen oksida. (***)

Bagikan berita ini

Disqus comments