Banjir Rob Makin Tinggi di Kota Dumai, Ketinggian Mencapai Lutut Orang Dewasa - TARGET RIAU

Selasa, 05 September 2023

Banjir Rob Makin Tinggi di Kota Dumai, Ketinggian Mencapai Lutut Orang Dewasa


DUMAI - Seperti sudah langganan, banjir rob kembali melanda Kota Dumai. Tak tanggung-tanggung, kali ini genangan air hingga selutut orang dewasa.

Agaknya, banjir rob akan terus menjadi momok bagi masyarakat Dumai. Khususnya di wilayah Kecamatan Dumai Kota dan Dumai Barat. Setiap banjir rob naik, alhasil dua kecamatan ini menjadi yang terparah terkena dampak.

Pada Kecamatan Dumai Barat, kelurahan yang rentan disapu banjir rob yakni Pangkalan Sesai dan sebagian Kelurahan STDI. Sementara, di Kecamatan Dumai Kota terdapat Kelurahan Laksamana, Rimba Sekampung, Bintan, Buluhkasap dan lainnya.

Pantauan Senin (04/09/23) petang, banjir rob naik semakin besar dan menggenangi sejumlah pemukiman masyarakat yang berada di Jalan Cempedak, Jalan Jeruk, Jalan Nangka, Jalan Belimbing, Jalan Apel dan sejumlah pemukiman masyarakat. Selain itu, banjir juga menggenangi Jalan Pangeran Diponegoro dekat Pasar Pulau Payung.

Banjir yang menggenangi hingga lutut orang dewasa ini sudah berlangsung dalam empat hari belakangan. Terjadi dua kali sehari, yakni pagi dan malam hari.

Adam, salah seorang warga Jalan Ombak ujung, saat dikonfirmasi mengatakan, banjir hari ini sangat tinggi dibandingkan sebelumnya, dan berlangsung dua kali dalam sehari yakni siang dan malam. “Sudah empat hari belakangan banjir. Kondisi ini memang sudah sangat meresahkan,” ujarnya.

Meski Pemko Dumai katanya sudah membangun sejumlah pintu air dan memperbaiki sejumlah drainase, namun pemukiman warga dan jalan serta gang tetap digenangi banjir.

Sebelumnya, memasuki musim banjir rob dan curah hujan tinggi yang mengguyur Kota Dumai, Pemko Dumai meninjau pintu air serta rumah pompa di area Sungai Dumai. Hal tersebut untuk mengetahui sejauhmana progres dalam menanggulangi banjir air rob, Jumat (31/08).  

Walikota Dumai H Paisal menginginkan kepada pihak PUPR Kota Dumai terutama Bidang Sumber Daya Air, agar memaksimalkan pintu air yang saat ini sedang beroperasi dengan melihat jadwal pasang surut air laut yang terjadi setiap dua kali perhari.

Paisal turut berpesan, agar titik yang menjadi saluran masuk air laut ke daratan ketika pasang rob tiba dapat menjadi catatan dan dievaluasi. Tahun ini, Pemerintah Kota Dumai turut memfokuskan penanggulangan banjir sebagai salah satu program utama pembangunan. Hal itu guna memberi rasa nyaman pada warga.

“Kami terus melaksanakan pembangunan pintu air, rumah pompa serta normalisasi drainase di beberapa titik Kota Dumai. Agar banjir rob bisa dicegah, serta banjir akibat hujan secepatnya dialirkan. Kami turut mengimbau masyarakat tidak membuang sampah sembarangan pada titik titik drainase” imbaunya.

Merujuk pada data yang ada, di 2022 saja Pemko Dumai telah membangun 18 pintu air, 15 rumah pompa dan menormalisasikan 35 drainase di beberapa titik Kota Dumai. (Syopian)

Bagikan berita ini

Disqus comments