Wabup Bengkalis Dr. H. Bagus Santoso Pimpin Upacara PGRI Ke-78 dan HGN 2023 - TARGET RIAU

Kamis, 30 November 2023

Wabup Bengkalis Dr. H. Bagus Santoso Pimpin Upacara PGRI Ke-78 dan HGN 2023


BENGKALIS - Wakil Bupati Bengkalis Dr. H. Bagus Santoso memimpin upacara PGRI ke-78 dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2023, Kamis (30/11/2023) bertempat di Lapangan Tugu Bengkalis.

Dalam sambutan tertulis menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Bagus mengatakan sebagai nakhoda tidak mau membalikkan lagi arah dari kapal merdeka belajar. Saya optimis bahwa semua pendidik di seluruh indonesia masih akan terus bergerak mewujudkan merdeka belajar. Keyakinan ini tumbuh dari hal-hal yang berhasil kita capai bersama dalam empat tahun terakhir. 

Selain itu, sambung Bagus, sebagai guru harus mampu kita menerapkan asesmen nasional agar kita semua berfokus menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan menyenangkan. Lingkungan belajar yang menumbuhkan kemampuan literasi dan numerasi sefta karakter murid.

Saat ini, pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kompetensi dan kualifikasi guru. Salah satu upaya tersebut adalah melalui program guru penggerak, ujar Bagus.


Jika asesmen nasional mengukur tujuan perubahan, kurikulum merdeka memberikan petunjuk jalan mencapai tujuan itu. Kurikulum merdeka adalah kurikulum yang ditunggu-tunggu para guru, karena tidak hanya meringankan beban murid berkat pengurangan pada jumlah materi, dan penekanan pada pemahaman yang mendalam, tetapi juga memerdekakan guru untuk mengolah kreativitasnya dan berinovasi dalam mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan sesuai kebutuhan murid,” jelas Bagus.

Tidak hanya itu kata Bagus, terobosan besar kita hadirkan dengan meluncurkan pendidikan guru penggerak. Program ini berbeda dari pelatihan guru yang sudah ada sebelumnya, karena tujuannya untuk mendorong lahirnya generasi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah yang mampu memimpin perubahan nyata.

Mari kita rayakan hari guru ini dengan semangat untuk terus melaju ke depan, dengan derap langkah serentak melanjutkan gerakan merdeka belajar," ajak Bagus.

Terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya  atas jasa para guru yang telah mengabdikan dirinya dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa, ucap Bagus


Melalui peringatan HUT ke-78 PGRI dan HGN Tahun 2023 ini dapat menumbuhkan semangat perjuangan dan komitmen dari seluruh stakeholder terkait dalam mencerdaskan anak bangsa melalui dunia Pendidikan,” harap Bagus.

Makna peringatan ini harus dapat menumbuhkan semangat atau spirit perjuangan kita semua untuk mencerdaskan anak didik kita sebagai generasi emas dan memajukan dunia pendidikan di Negeri Junjungan, pungkasnya.

Turut hadir Kasdim 0303/Bengkalis, Mayor Arh. Sudiyono, Wakapolres Bengkalis Kompol Faris Nur Sanjaya, Sekretaris PN Bengkalis, Jumari, Wakil Ketua Pengadilan Agama Bengkalis Mumu Mu'min Muktasidin, Kepala Kemenag Bengkalis, H. Khaidir, Jaksa Fungsional Steven Jefferson Mallasak, Danposal POS Bengkalis, diwakili Pelda Mar Reza Helvetio Sekretaris Dinas Pendidikan Bengkalis, Muthu Saily, Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bengkalis, Sufandi, Kepala Dinas Perikanan Kab. Bengkalis, Hj. Kholijah, Sekretaris Camat Bengkalis M. Jepri, Ketua MUI Bengkalis H. Amrizal, Ketua Baszas Bengkalis  Ismail serta Pejabat Administrator, Pengawas dan Fungsional Dilingkungan Pemkab Bengkalis. (Syopian)

Bagikan berita ini

Disqus comments