Dua Paket Pekerjaan Desa Kelemantan Diduga Dijadikan Ajang Korupsi - TARGET RIAU

Kamis, 11 Juli 2024

Dua Paket Pekerjaan Desa Kelemantan Diduga Dijadikan Ajang Korupsi


Bengkalis- Pemerintah pusat dan daerah setiap Tahunnya menggelontorkan  anggaran dana desa untuk pembangunan desa agar tepat sasaran demi terciptanya suatu Desa  jadi maju dan  berkembang 

Namun tidak Demikian yang dilakukan oleh  pemerintah Desa kelemantan kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis  tidak  melakukan sesuai program pemerintah pusat maupun Daerah, pasalnya setiap pembangunan   anggaran desa di duga ada kesengajaan untuk di jadikan ajang korupsi oleh oknum desa yang tidak sesuai dengan Perkerjaan nya dilapangan adanya penggelembungan Anggaran di setiap perkerjaan melalui dana desa.

Dari pantauan Wartawan ini dilapangan hari Jumat yang lalu Ada 2 ( Dua) perkerjaan yang sudah  selesai dikerjakan Tahun 2023  proyek penggalian Bodi jalan dengan Anggaran 61 juta Rupiah Dengan Volume perkerjaan 1040 M Bersumber Dana Bermasa APBD Kabupaten Bengkalis Tahun 2023 diduga adanya penggelembungan Anggaran Dan perkerjaan Baru tahun 2024  jenis perkerjaan Penggalian pembersihan Tali Air gunakan Alat Berat Excavator dengan Anggaran 60 juta rupiah  Dengan Volume perkerjaan 1.100 M Bersumber Dana Desa Tahun 2024. Juga diduga Adanya penggelembungan Anggaran untuk Dijadikan ajang korupsi oleh Tim pelaksana kegiatan agar mendapatkan keuntungan yang lebih Besar.

Kendati dilapangan terlihat Perkerjaan pembuatan Bodi jalan Dan Penggalian Normalisasi tersebut tepat nya jalan H.Ibrahim itu tidak sesuai dengan Standarisasi pasaran harga yang dilakukan oleh Pemerintah Desa kelemantan pasalnya dengan anggaran yang terpasang dipapan plang kegiatan tidak sesuai dengan perkerjaan fisiknya dilapangan.


Ketika wartawan ini  mencoba konfirmasi kepada Tim pelaksana kegiatan (TPK)  terkait ada nya dugaan Penggelembungan Anggaran/Mark up Dana, Tim pelaksana kegiatan bersama Pelaksana kegiatan Anggaran beserta Pendamping Desa menjumpai wartawan ini di salah satu kedai kopi Ternama dibengkalis Sabtu 6 juli 2024 Sore untuk mengklarifikasi adanya dugaan Penggelembungan Anggaran pada perkerjaan tersebut, pendamping Desa Yaskur  mengatakan Perkerjaan kami ini  sudah sesuai dengan rencana yang disahkan melalui Musyawarah Desa , dan saya rasa tidak lagi  menjadi persolan dimasyarakat kami,  itu tidak Mark' up, dalihnya, seakan-akan perkerjaan itu  sudah benar untuk menutupi kesalahan yang dibuatnya.
 
Ketika ditanya Berapa Harga satuan permeternya dalam Rencana anggaran Biaya yang dibuat oleh Pendamping desa  saya tidak tahu , bukan saya yang membuat RAB, yang membuat RAB Adalah Pelaksanaan kegiatan Anggaran (PKA)  jawab nya, Dengan singkat seakan -akan melempar Bola  kepada PKA.

Kemudian Pendamping desa  Yaskur meminta dalam pertemuan ini agar tidak di beritakan kalau bisa selesai dikantor desa kami jumpai pejabat kades kami, karena saya tidak berani ucapan saya ini dijadikan bahan pemberitaan Nanti nya , sebab saya bukan utusan dari pj.kades. ujarnya kepada tim wartawan yang dampingi TPK dan PKA.

Diminta kepada instansi terkait Camat, inspektorat, Beserta Penegak hukum agar memanggil dan memeriksa atas dugaan Penggelembungan Dana yang dijadikan ajang korupsi oleh pelaksana kegiatan  pembangunan desa Terkait.(Tim/SPN)

Bagikan berita ini

Disqus comments